Comscore Tracker

Tak Sama, Ini 5 Beda Tortellini dan Tortelloni yang Wajib Diketahui

Gak cuma beda ukuran saja lho!

Pasta menjadi salah satu makanan populer dari Italia yang telah mendunia, termasuk di Indonesia. Ada banyak jenis pasta dengan beragam bentuk dan rasa. Salah satu pasta yang hampir mirip tapi berbeda yaitu tortellini dan tortelloni.

Buat kamu penggemar pasta perlu tahu perbedaan keduanya, supaya tidak salah ketika membeli maupun memasaknya, berikut ini lima perbedaan tortellini dan tortelloni yang perlu kamu tahu.

1. Bentuk serupa, ukuran berbeda

Tak Sama, Ini 5 Beda Tortellini dan Tortelloni yang Wajib Diketahuigratednutmeg.com

Tortellini dan tortelloni merupakan salah satu jenis pasta dengan bentuk seperti cincin atau pusar. Keduanya memiliki bentuk yang serupa, namun ukurannya berbeda. Tortellini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tortelloni.

Tortelloni juga sering di sebut sebagai versi besar dari tortellini. Ukurannya bisa dua kali lipat dari tortellini. Kedua pasta asli Bologna tersebut seringkali disajikan dalam hidangan yang sama, tapi tidak di tempat asalnya. 

2. Isian yang berbeda

Tak Sama, Ini 5 Beda Tortellini dan Tortelloni yang Wajib Diketahuiseriouseats.com

Ukuran yang berbeda tortellini dan tortelloni, karena isiannya juga berbeda. Tortellini merupakan pasta dengan isian daging atau keju. Sedangkan, tortelloni biasanya diberi isian berupa sayuran hijau, biskuit, keju ricotta, atau labu.

Buat kamu yang ingin makan pasta berisi sayur atau isi daging dan keju, jangan sampai tertukar ketika membeli. Kamu ingin makan pasta dengan isian daging? Bisa membeli tortellini.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!

3. Tortellini lebih beraroma daripada tortelloni

Tak Sama, Ini 5 Beda Tortellini dan Tortelloni yang Wajib Diketahuitherealitalianfood.com

Tortellini memang berukuran lebih kecil, tapi aromanya lebih kuat. Aroma daging yang menjadi isian makin sedap setelah diolah. Sedangkan tortelloni tidak terlalu beraroma, karena isiannya berupa sayur atau labu maupun keju. 

Kamu bisa menikmati tortelloni berisi keju yang lembut dengan beberapa gigitan. Kamu juga bisa menikmati lezatnya tortellini hanya dengan satu gigitan saja. 

4. Cara pembuatannya berbeda

Tak Sama, Ini 5 Beda Tortellini dan Tortelloni yang Wajib Diketahuipalachinkablog.com

Meski tortellini dan tortelloni memiliki bentuk yang mirip serta adonan serupa, namun cara membuatnya berbeda. Adonan tortellini dibentuk lingkaran yang kemudian diberi isian dan dilipat menjadi setengah lingkaran. 

Sedangkan adonan tortelloni dibentuk segi empat. Setelah diberi isian, dilipat menjadi segitiga. Kemudian dilingkarkan seperti cincin. 

5. Cara penyajiannya berbeda

Tak Sama, Ini 5 Beda Tortellini dan Tortelloni yang Wajib Diketahuibettycrocker.com

Tortellini biasanya disajikan dengan kaldu ayam atau sapi. Kamu juga bisa menyajikannya dengan saus bolognese. Selain itu, masyarakat Bologna biasa menjadikannya sebagai hidangan wajib saat Natal.

Tortelloni sering disajikan dengan mentega cari atau daun sage. Kamu juga bisa menyajikannya dengan saus tomat maupun mayones kemudian ditaburi irisan daun kemangi. 

Nah, itulah kelima perbedaan tortellini dan tortelloni. Kalau kamu suka yang mana?

Baca Juga: 10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You