Comscore Tracker

Resep Kue Jongkong Labu Kuning, Kudapan Manis yang Mudah Dibuat

Cocok jadi pendamping minum teh #LokalIDN

Jongkong menjadi salah satu kue tradisional Nusantara. Kerap kali dijadikan kudapan saat berbuka puasa atau sekadar pendamping kopi maupun teh, kue ini memiliki beragam variasi yang bisa kamu buat sendiri dengan bahan sederhana, lho.

Jika bosan dengan kue jongkong khas Bangka dengan warna hijau dan putih, kamu bisa mencoba kue jongkong hitam dan jongkong sela. Ada pula ke jongkong labu kuning yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Sekilas mirip kue mendut atau kue bugis, tapi tanpa isian parutan kelapa.

Ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Berikut ini resep untuk membuat kue jongkong labu kuning.

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Jongkong Labu Kuning, Kudapan Manis yang Mudah Dibuatlabu kuning (rawpixel.com/FrsPhoto)

Sebelum membuat kue jongkong labu kuning, berikut ini sejumlah bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • 500 gram labu kuning
  • 5 sdm tepung beras
  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 sendok santan kental (dapat menggunakan santan cair instan atau parutan kelapa)
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Air untuk mengukus

2. Campur semua bahan hingga merata

Resep Kue Jongkong Labu Kuning, Kudapan Manis yang Mudah Dibuatadonan kue jongkong labu kuning (youtube.com/RADEVA WISTARA)

Kupas dan cuci labu kuning hingga bersih. Kemudian, parut semua labu kuning yang telah disiapkan. Setelah itu, masukkan dalam baskom atau wadah.

Masukkan tepung beras, tepung  terigu, gula, dan garam ke dalam wadah. Aduk hingga merata tanpa menggunakan mixer. Setelah tercampur merata, tambahkan santan. Lalu, aduk kembali hingga merata.

Baca Juga: Resep Kue Jongkong, Kudapan Manis Khas Pesisir Pantai Selat Malaka

3. Bungkus menggunakan daun pisang

Resep Kue Jongkong Labu Kuning, Kudapan Manis yang Mudah Dibuatilustrasi membungkus dengan daun pisang (youtube.com/Cempaka Widya)

Siapkan dandang atau panci kukus, kemudian isi dengan air secukupnya. Sambil menunggu airnya panas dan siap untuk mengukus, kamu bisa membungkus adonan kue jongkong. Supaya makin sedap dengan aroma khas, kamu perlu menggunakan daun pisang untuk membungkus adonan.

Setelah semua bahan tercampur merata, ambil beberapa sendok adonan. Bungkus menyerupai limas segitiga atau mendut menggunakan daun pisang. Lakukan hingga semua adonan habis.

Buat kamu yang enggan ribet membungkusnya dengan daun pisang, bisa meletakkan adonan dalam loyang. Kemudian kukus seperti biasa dan potong menjadi beberapa bagian.

4. Hanya sekitar 10 menit untuk mengukus adonan jongkong

Resep Kue Jongkong Labu Kuning, Kudapan Manis yang Mudah DibuatIlustrasi mengukus kue jongkong labu kuning (instagram.com/avabruin)

Ketika air untuk mengukus sudah panas dan semua adonan sudah dibungkus, saatnya mengukus. Masukkan semua adonan yang telah dibungkus tersebut ke dalam dandang. Lalu biarkan sekitar 10 menit hingga matang dan empuk.

Memasak labu kuning tidak membutuhkan waktu lama saat direbus maupun dikukus. Apalagi ketika membuat jongkong sudah diparut terlebih dahulu. Setelah daun pisang berubah warna dan adonan matang, angkat lalu bisa disajikan.

5. Cocok sebagai pendamping minum teh

Resep Kue Jongkong Labu Kuning, Kudapan Manis yang Mudah Dibuatkue jongkong labu kuning (youtube.com/RADEVA WISTARA)

Sajikan jongkong labu kuning selagi masih hangat. Makin cocok jika dinikmati bersama teh atau kopi. Terlebih lagi saat musim penghujan, bikin tenggorokan dan perut makin hangat.

Tidak hanya untuk dinikmati bersama keluarga, kamu pun bisa menjadikannya sebagai kudapan saat hajatan. Bisa juga menjadi ladang bisnis buat kamu yang gemar memasak kue tradisional. Yuk, coba buat sendiri di rumah!

Baca Juga: Resep Bikin Bolu Labu Kuning Panggang yang Super Legit, Lembut Abis!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya