Comscore Tracker

Resep Mudah Membuat Elote, Jajanan Jagung Terfavorit di Meksiko

Perpaduan rasa manis dan pedasnya lezat!

Jagung seolah menjadi makanan pokok bagi orang Meksiko. Ada banyak olahan makanan khas Meksiko yang terbuat dari jagung. Salah satu jajanan favorit di Meksiko yakni elote.

Elote sekilas seperti jagung bakar atau rebus biasa, ada beragam topping dan bumbu khas Meksiko yang menjadikannya berbeda. Street food asal Meksiko ini mudah banget untuk dibuat. Kamu juga bisa membuatnya sebagai camilan dengan banyak varian.

Mau menjadikan elote sebagai camilan di rumah? Berikut ini resep elote yang bisa kamu sontek. 

1. Bahan yang perlu dipersiapkan 

Resep Mudah Membuat Elote, Jajanan Jagung Terfavorit di Meksikotasteofhome.com

Bahan utama yang perlu kamu siapkan sebelum membuat elote, yaitu:

  • 4 tongkol jagung
  • 1/4 cangkir mayonaise
  • 1/2 cangkir keju cotija parut. Bisa menggunakan keju feta atau parmesan sebagai pengganti
  • 1 buah jeruk nipis, potong jadi empat bagian
  • Bubuk cabai 
  • Saus pedas
  • Tusuk jagung

Kalau ingin varian lain, kamu bisa menggunakan mentega. Sedangkan untuk topping-nya kamu bisa menambahkan cheetos atau keripik beragam rasa yang telah dihaluskan. 

Biasanya orang-orang Meksiko akan menggunakan bubuk ancho chili, bubuk dari cabai murni yang dikeringkan tanpa campuran apapun. Biasanya cabai poblano kering yang sering digunakan dalam masakan khas Meksiko. Selain itu, daun bay juga dijadikan topping untuk menambah aroma makanan.

2. Bisa direbus, dikukus, atau dibakar

Resep Mudah Membuat Elote, Jajanan Jagung Terfavorit di Meksikothespruceeats.com

Pembuatan elote bisa dilakukan dengan merebus, mengukus, maupun membakar jagung. Kamu bisa memilih sesuai selera. Jika ingin merebusnya, tambahkan sedikit garam pada air rebusan. Kemudian rebus jagung hingga matang dan tusuk dengan bambu atau penusuk jagung lainnya.

Sedangkan untuk jagung yang dikukus, pastikan kamu sudah mengupas kulit dan membersihkan rambut jagung. Kalau kamu suka dengan jagung bakar, enggak ada salahnya membuat elote dari jagung bakar. Biarkan agak dingin sebelum diolesi mentega atau mayones.

Baca Juga: 6 Bangunan Tua di Veracruz, Meksiko yang Punya Arsitektur Khas Spanyol

3. Olesi dengan mayones dan beri perasan jeruk nipis

Resep Mudah Membuat Elote, Jajanan Jagung Terfavorit di Meksikodinneratthezoo.com

Setelah agak dingin, olesi setiap tongkol jagung dengan mayonaise atau mentega. Kalau kamu suka pedas, olesi lagi dengan saus pedas. Lebih baik menggunakan kuas supaya merata.

Peras irisan jeruk nipis di atas setiap tongkol jagung. Sudah terbayang rasa manis jagung, asamnya jeruk, dan pedasnya saus?

4. Taburi topping sesuai selera

Resep Mudah Membuat Elote, Jajanan Jagung Terfavorit di Meksikodiethood.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kamu bisa memilih topping sesuai selera. Tapi, keju dan bubuk cabai merupakan topping wajib pada pembuatan elote. Jika menggunakan keju cotija dan bubuk ancho chili, maka kamu akan menikmati elote dengan rasa asin yang kuat dan pedas yang autentik. 

Kalau selera kamu berbeda, bisa memilih keju lain dan taburan bubuk cabai yang disesuaikan dengan lidahmu. Kamu juga bisa menambahkan cheetos dan keripik yang sudah dihaluskan. Kemudian sajikan dan nikmati bersama keluarga. 

Nah, itulah tadi resep elote yang gampang banget untuk dibuat. Selain dalam bentuk jagung utuh, bisa juga menggunakan jagung serut. Tapi, orang-orang Meksiko justru lebih gemar dalam bentuk utuh.

Apakah kamu tertarik untuk membuat sendiri di rumah?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Jagung Popcorn Berdasarkan Warnanya, Unik Lho!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya