Comscore Tracker

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmu

Biar bersihnya merata dan awet

Setelah selesai memasak atau makan, biasanya kita akan langsung mencuci peralatan masak dan makan yang sudah dipakai. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan peralatan makandan masak.

Selain itu, mencuci peralatan masak dan makan ternyata dapat mencegah pencemaran atau kontaminasi dengan bakteri dan jamur yang terdapat pada perabotan kotor yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya kamu mengikuti langkah-langkah berikut saat mencuci agar peralatan masak dan makanmu bersih, sehat, dan aman tentunya.

1. Scraping

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmufuturity.org

Sebelum mencuci peralatan masak atau pun makan, ada baiknya jika kita memisahkan sisa-sisa makanan dan kotoran lainnya yang terdapat pada peralatan yang akan dicuci. Hal ini akan memudahkan kamu saat proses mencuci dan mempersingkat waktu mencuci peralatan masak dan makan.

2. Flushing & soaking

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmushutterstock.com

Setelah selesai melakukan scraping, selanjutnya guyur permukaan peralatan masak dan makan menggunakan air hingga tidak ada lagi kotoran yang terlihat di peralatan masak dan makan.

Jika terdapat kotoran yang menempel atau mengeras, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu agar memudahkan kamu dalam membersihkan peralatan masak. Biasanya, proses soaking menghabiskan waktu sebanyak 30-60 menit, tergantung dari tebal dan kerasnya noda yang menempel. Agar proses soaking lebih cepat, kamu bisa merendam peralatan masak menggunakan air panas.

Baca Juga: Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayu

3. Washing

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmuthepioneerwoman.com

Selanjutnya cuci peralatan dengan cara menggosok seluruh permukaan peralatan dengan menggunakan spons yang sudah terlebih dahulu dicelupkan ke dalam larutan sabun pencuci piring.

Proses pembersihan sisa lemak pada peralatan yang tidak sempurna dapat menyebabkan bau tidak sedap pada peralatan. Maka dari itu tambahkan irisan jeruk nipis pada larutan sabun cuci piring agar lemak pada peralatan hilang dengan sempurna.

Membersihkan bagian-bagian yang bersentuhan langsung dengan tubuh kita seperti bibir gelas dan ujung sendok juga harus dilakukan dengan cermat. Maka dari itu, hotel dan restoran memisahkan proses pencucian antara peralatan makan dan peralatan masak.

4. Rinsing

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmupexels.com/Burst

Langkah berikutnya adalah membilas peralatan yang sudah dicuci menggunakan air bersih yang mengalir. Gosok-gosok seluruh permukaan peralatan hingga terasa kesat di kulit atau pun sarung tangan karet. Itu tandanya sudah tidak ada sisa sabun pencuci piring yang tersisa pada peralatan.

Proses pembilasan sebaiknya dilakukan dengan air bertekanan cukup tinggi sehingga dapat menyingkirkan sisa noda maupun sisa sabun pencuci piring dengan maksimal. Tekanan air yang dianjurkan dengan tekanan 15 psi (pound persquare inches) atau sama dengan 1,2 kg/cm2.

5. Sanitizing

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmupexels.com/WendelinJacober

Dengan melakukan sanitizing, peralatan akan terbebas dari mikroba yang masih menempel pada peralatan.

Ada berbagai macam cara desinfeksi yang umum dilakukan di dapur besar:

  • Merendam dalam air panas bersuhu 100 derajat Celcius selama 2 menit.
  • Steam pada mesin pencuci piring atau dishwasher machine.
  • Dijemur di bawan sinar ultra violet menggunakan alat khusus.

6. Toweling

Kitchen 101: Begini 6 Langkah Tepat Mencuci Peralatan Dapurmurobofunny.com

Langkah terakhir adalah mengeringkan peralatan menggunakan kain atau handuk. Toweling atau yang juga dikenal dengan istilah polishing ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa noda yang mungkin masih menempel.

Lap yang digunakan pun merupakan sekali pakai. Jadi, setelah proses towelling selesai, biasanya lap atau handuk yang digunakan akan langsung dikirim ke departemen laundry untuk dicuci.

Sekarang udah tahu kan gimana cara mencuci peralatan masak dan makan yang baik dan benar? Jangan lupa untuk mempraktikkannya, ya!

Baca Juga: Cara Memotong Bawang Bombay Selama Ini Salah, Ini yang Benar!

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You