Comscore Tracker

Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahit

Dijamin empuk, gak pahit, dan tidak bau. Enak buat sayur!

Daun singkong adalah salah satu sayuran yang memiliki perlakuan khusus saat mengolahnya. Jika salah, daun singkong akan menjadi liat, pahit, mengeluarkan aroma khas yang tidak sedap, dan warnanya menjadi gelap.

Karena proses pengolahannya yang sedikit lebih rumit dari sayuran lainnya, daun singkong pun hanya memiliki sedikit peminat. Padahal, daun singkong dikenal kaya akan antioksidan yang ampuh mencegah kanker hingga asam amino esensial yang siap meregenerasi sel tubuh manusia. Keren banget kan khasiatnya?

Biar kamu gak ragu-ragu buat masak daun singkong, IDN Times kasih tahu cara memasak daun singkong yang baik dan benar agar empuk, tidak berbau, dan tidak pahit tentunya.

1. Pilih daun singkong yang masih muda

Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahiteyeem.com/u/pongsak14

Daun singkong yang masih muda tidak terlalu pahit dan cepat empuk. Sehingga proses perebusan yang dibutuhkan pun tidak terlalu lama dan warna dari daun singkong itu sendiri masih terlihat hijau segar.

2. Rebus dalam air mendidih

Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahitmic.com

Setelah daun singkong muda dipetik dari tangkainya dan dicuci bersih, selanjutnya rebus daun singkong. Sebelum kamu memasukkan daun singkong ke dalam panci, pastikan air rebusan benar-benar mendidih agar proses perebusan menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Cooking 101: Cara Aman Menggoreng Cimol Biar Gak Kecipratan Minyak

3. Tambahkan sedikit garam

Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahitpexels.com/Kaboompics.com

Untuk penambahan garam sendiri kamu bisa menambahkannya saat menunggu air mendidih atau sesaat setelah daun singkong masuk ke dalam panci. Jangan banyak-banyak, cukup 1 sdt untuk 1-2 ikat daun singkong. Fungsi garam pada proses perebusan daun singkong adalah untuk menetralkan rasa pahit yang terkandung dalam daun singkong.

4. Jangan tutup panci selama proses perebusan

Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahitpexels.com/Lum3n.com

Biarkan tutup panci terbuka agar daun singkong tidak berubah warna menjadi gelap dan kecokelatan. Sehingga uap dari dalam panci dapat keluar dengan lancar dan tidak tercampur ke dalam rebusan.

5. Peras air rebusan

Cara Mengolah Daun Singkong Agar Empuk dan Tidak Pahitcookpad.com

Setelah daun singkong berubah menjadi layu, empuk, dan warnanya tidak berubah terlalu signifikan, segera tiriskan kemudian peras. Ini adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa pahit dari daun singkong. Setelah diperas, daun singkong siap untuk diolah sesuai dengan selera kamu.

Caranya mudah dan tidak serumit yang kamu bayangkan, kan? Buruan deh dipraktekin di rumah!  

Baca Juga: Cooking 101: Ini 5 Tips Membuat Kue Bagi Kamu yang Masih Pemula

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina

Just For You