Comscore Tracker

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemula

#PANJATPOIN Sering digunakan dalam masakan sehari-hari

Buat kamu yang baru belajar masak, pasti kamu mempelajari banyak sekali hal. Mulai dari nama-nama peralatan, bahan-bahan, bumbu dan rempah, sampai potongan sayuran. Saking banyaknya, kamu sering terbalik menyebutkan jenis potongan sayuran dengan istilah masakan yang lain.

Biar kamu gak terus-terusan salah, ini nih 7 jenis potongan sayuran yang wajib diketahui. Selain mudah kita temui di olahan masakan sehari-hari, mudah juga untuk di ingat.

1. Jardiniere

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemulathecookful.com

Kamu pasti familiar dengan potongan yang satu ini. Jardiniere adalah potongan sayuran berbentuk balok dengan ukuran 3 cm x 1 cm x 1 cm. Panjang ukuran potongan ini bisa disesuaikan dengan keinginan kamu.

Biasanya potongan ini digunakan untuk sayuran akar seperti kentang, wortel, lobak, ubi, dan lain-lain. Jardiniere juga digunakan untuk olahan makanan seperti nugget dan masih banyak lagi.

2. Julienne

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemulatheculinaryexchange.com

Julienne adalah potongan sayuran yang berbentuk seperti batang korek api dengan ukuran 3 cm x 1 mm x 1mm. Sama halnya dengan potongan jardiniere, panjang potongan sayurannya bisa disesuaikan dengan selera kamu, kok.

Potongan ini sering kita jumpai dalam olahan makanan seperti salad, bihun goreng, bahkan bakwan. Nyum-nyum!

3. Brunoise

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui PemulaYummy.ph

Brunoise adalah potongan sayuran berbentuk kubus kecil dengan ukuran 1 x 1 x 1 mm. Potongan ini sering digunakan untuk sayuran seperti kentang, wortel, lobak, dan sayuran akar lainnya.

Dengan mudah kamu bisa menjumpai potongan sayuran ini dalam isian risoles dan gorengan-gorengan lainnya.

4. Dice

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemulalifehacker.com

Dice adalah potongan sayuran berbentuk kubus. Pada umumnya potongan sayuran ini memiliki ukuran 1 cm x 1 cm x 1cm. Tapi tidak sedikit juga makanan yang menggunakan potongan dice dengan ukuran yang jauh lebih besar atau lebih kecil dari ukuran tersebut.

Potongan ini sering sekali digunakan dalam banyak olahan makanan seperti sup, salad, bahkan kolak.

Baca Juga: Ini 5 Cara Terbaik untuk Memasak Sayuran Bagi Para Pemula

5. Chiffonade

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemulafoodnetwork.com

Chiffonade adalah jenis potongan sayuran yang di iris tipis dan memiliki ketebalan 1-2 mm. Potongan ini sering digunakan untuk sayuran seperti kol, daun selada, sawi putih, kailan, seledri, dan yang lainnya.

Kamu biasa menggunakan potongan sayuran yang satu ini saat akan membuat bakwan, soto, bahkan salad.

6. Chopped

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemulaleaf.tv

Chopped artinya cincang. Chopped sendiri tidak mempunyai bentuk yang pasti. Biasanya chopped berupa cincangan halus dan cincangan kasar, tergantung makanan yang akan kamu olah.

Kamu sering melihat atau bahkan menggunakan potongan chopped dalam masakan sehari-hari. Mulai dari nasi goreng sampai taburan kacang di atas es krim favorit kamu.

7. Minced

Ini 7 Jenis Potongan Sayuran yang Wajib Diketahui Pemulafoodnetwork.com

Minced lebih halus dari chopped. Jika dilihat sekilas, minced hampir mirip seperti bumbu halus. Biasanya minced digunakan untuk memotong bumbu dapur seperti bawang putih, jahe, bawang bombay, bawang merah, dan masih banyak lagi.

Potongan minced biasanya dipakai dalam olahan makanan western, seperti pelengkap saus pasta, pelengkap saus steak atau olahan daging lainnya, dan lain-lain.

Gimana? Udah ingat nama-namanya, kan?

Baca Juga: Ternyata, Ini Beda 7 Teknik Memasak dalam Bahasa Inggris yang Sering Kita Dengar!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya