Comscore Tracker

Cara Membuat Es Teh Chamomile, Langsung Plong Diminum Saat Udara Panas

Bikinnya gak lama, hanya 30 menit!

Saat udara panas dan tenggorokan terasa kering, minum es terasa menggiurkan. Bahkan, sekedar segelas es teh pun bisa terasa nikmat.

Nah, sekarang cobain deh bikin es teh chamomile! Lumayan banget nih diteguk karena sensasinya plong dan bikin adem pikiran!

1. Bahan yang diperlukan

Cara Membuat Es Teh Chamomile, Langsung Plong Diminum Saat Udara PanasIlustrasi chamomile (Pexels.com/🇹🇷)

Karena kamu akan membuat es teh chamonile, maka pastikan kamu menyediakan teh chamomile sebagai bahan utamanya. Selain itu, berikut rincian bahan yang diperlukan lainnya:

  • 1 sendok makan teh chamomile kering
  • 1 buah lemon
  • 15 gram daun mint dengan tangkainya
  • 1 buah apel fuji
  • 1 liter air

2. Siapkan pula bahan untuk membuat sirup gula

Cara Membuat Es Teh Chamomile, Langsung Plong Diminum Saat Udara PanasIlustrasi gula pasir (Pexels.com/Ehioma Osih)

Di saat udara panas, tidak lengkap rasanya minum teh tanpa rasa manis. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sirup gula sebagai campuran es teh chamomile. 

Berikut rincian bahan-bahan untuk membuat sirup gula:

  • 300 gram gula pasir
  • 300 ml air

Baca Juga: 5 Ragam Khasiat Teh Chamomile bagi KesehatanTubuh, Wajib Dicoba!

3. Sekarang, buatlah sirup gula dengan cara seperti ini

Cara Membuat Es Teh Chamomile, Langsung Plong Diminum Saat Udara PanasIlustrasi memasak sirup pandan (Pexels.com/Alex Green)

Sebelum membuat tehnya, kamu bisa membuat lebih dulu sirup gulanya. Caranya, panaskan air yang sudah kamu siapkan tadi hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, masukkan gula pasir dan aduk hingga gulanya larut. Aduk-aduk, lalu dinginkan. Sembari menunggu dingin, selanjutnya kamu akan membuat tehnya.

4. Jika sirupnya sudah jadi, sekarang buat teh chamomile

Cara Membuat Es Teh Chamomile, Langsung Plong Diminum Saat Udara PanasIlustrasi menyimpan teh dalam kulkas (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Campurkan teh chamomile kering tadi dengan 1 liter air. Lalu, simpan dalam kulkas selama 24 jam. Lanjutkan dengan menyiapkan lemon dan apel fuji. Potong semuanya sesuai selera.

Kembali lagi ke teh. Jika sudah 24 jam, kamu bisa mengambilnya dan menyaringnya ke dalam wadah saji. Tambahkan 100 ml sirup gula yang sudah kamu buat. Berikan potongan lemon, apel, dan daun mint.

5. Sudah jadi, resep ini bisa dinikmati hingga 4 orang

Cara Membuat Es Teh Chamomile, Langsung Plong Diminum Saat Udara PanasIlustrasi minum teh (Pexels.com/cottonbro)

Kini, es teh chamomile kamu sudah jadi. Kamu bisa meminumnya saat udara sedang panas-panasnya. Tenggorokan pasti terasa plong.

Resep ini bisa dinikmati untuk 3-4 orang. Estimasi pembuatan sejak es teh didinginkan selama 24 jam, juga gak lama. Hanya 30 menit. 

Nah, selamat menikmati es teh chamomile milikmu ya! Kalau biasanya minum es teh biasa, sekarang asyik kan rasanya minum es teh jenis lain?

Baca Juga: 9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus 

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya