Comscore Tracker

Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!

Bubur kacang hijau bisa jadi menu sarapan, selain nasi atau roti

Sarapan menjadi momen paling penting dalam keseharian. Tanpa sarapan, kamu bakal sulit untuk bisa fokus melakukan kegiatan seharian. Menu untuk sarapan pun beragam dan bisa disesuaikan dengan favoritmu, mulai dari nasi, roti, hingga bubur kacang hijau.

Selain bubur ayam, kamu bisa menyantap bubur kacang hijau sebagai menu sarapan, lho. Bubur lembut dengan rasa gurih dan manis ini makin enak dinikmati selagi hangat.

Cocok dijadikan menu sarapan keluarga, membuat bubur kacang hijau gak sulit, kok. Buktikan sendiri melalui resep bubur kacang hijau berikut ini.

1. Bahan membuat bubur kacang hijau

Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!ilustrasi kacang hijau (unsplash.com/david_gabriel)

Bahan utama:

  • 150 gram kacang hijau,
  • 100 gram gula merah,
  • 100 ml air,
  • 200 ml santan,
  • 2 lembar daun pandan,
  • 1 ruas jahe yang dimemarkan,
  • 2 sdm gula pasir, dan
  • 1/2 sdt garam.

Bahan saus santan:

  • 100 ml santan kental,
  • 1 lembar daun pandan, dan
  • sejumput garam.

2. Masak saus santan terlebih dahulu

Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!ilustrasi merebus santan (lifefamilyjoy.com)

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang santan perlahan-lahan ke dalamnya. Nyalakan api sedang cenderung kecil dan biarkan sebentar. Aduk sesekali santan hingga ke bagian dasar agar tidak gosong.

Setelah itu, masukkan selembar daun pandan yang sudah diikat ke dalam rebusan santan. Aduk kembali secara perlahan sampai tercampur rata. Tambahkan sejumput garam, lalu aduk. Pastikan santan gak sampai pecah, ya. Jika sudah, matikan api dan biarkan dingin.

Baca Juga: 5 Bubur Goreng di Jabodetabek yang Dijamin Nikmat! 

3. Rebus gula merah bersama air hingga larut

Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!ilustrasi memasak gula merah (thespruceeats.com)

Letakkan talenan di atas meja, lalu siapkan gula merah balok di atasnya. Sebelum direbus dan dilarutkan, pastikan kamu menyisir atau memotong gula merah hingga menjadi bagian kecil. Hal ini bertujuan agar gula merah dapat larut bersama air hingga merata.

Setelah gula merah disisir halus, sisihkan sebentar. Siapkan panci berisi air di atas kompor, lalu didihkan. Jika sudah, masukkan sisiran gula merah ke dalamnya dan langsung aduk merata. Kemudian, segera angkat dan saring gula yang sudah mencair agar tak ada bagian ampas yang ikut termasak.

4. Rebus kacang hijau sampai mekar dan lunak

Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!ilustrasi merebus kacang hijau (asianfoodnetwork.com)

Letakkan kembali panci di atas kompor, lalu tuang air secukupnya. Panaskan hingga airnya mendidih. Kemudian, masukkan jahe yang sudah dimemarkan bersama daun pandan ke dalam rebusan air. Aduk sampai tercampur rata dan mengeluarkan aroma khas rempah.

Selanjutnya, masukkan kacang hijau yang sebelumnya sudah direndam air. Jangka waktu merendam kacang hijau dalam air adalah selama 3 jam atau semalaman. Biarkan kacang hijau terebus hingga mekar dan lunak. Aduk pula rebusan kacang sesekali.

5. Sajikan bubur kacang hijau dengan siraman santan

Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!bubur kacang hijau (instagram.com/novijanuarsi)

Masukkan gula cair, gula pasir, garam, dan santan ke dalam rebusan kacang hijau. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian, biarkan kacang termasak hingga mendidih dan sedikit mengental. Tunggu pula hingga santan meresap ke dalam kacang hijau.

Ketika bubur kacang hijau sudah jadi, matikan kompor dan ambil beberapa sendok makan untuk disajikan dalam mangkuk. Sajikan bubur kacang hijau dengan siraman saus santan secukupnya. Bubur kacang hijau ini semakin nikmat dimakan selagi hangat, lho.

Nyatanya, membuat bubur kacang hijau bukanlah hal rumit. Dengan bahan sederhana dan mudah ditemukan, kamu sudah bisa menyajikan bubur kacang hijau untuk menu sarapan enak. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Bubur Pedas Khas Sambas, Nikmatnya Sungguh Nyaman di Perut

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya