Comscore Tracker

Resep Donat Kentang Empuk, Hasilnya Mengembang Sempurna

Terasa lembut dan empuk dalam sekali gigitan

Dari sekian banyak jajanan basah, donat menjadi salah satu yang paling digemari. Kue dengan lubang di tengah ini terasa empuk dan lembut ketika digigit. Spesialnya lagi, donat gak hanya terbuat dari tepung terigu, ragi, dan telur, lho.

Kamu pasti sudah tahu kalau donat juga enak dikombinasikan dengan kentang. Yap, donat kentang terasa lebih mengenyangkan, tapi tetap lembut di mulut. Gak bikin perut begah meski memakannya.

Meski sudah banyak toko kue yang jual, donat kentang buatanmu tentu lebih enak. Bisa diberi topping sesuai selera, kini saatnya kamu membuat donat kentang empuk di rumah.

1. Bahan membuat donat kentang yang empuk

Resep Donat Kentang Empuk, Hasilnya Mengembang Sempurnailustrasi tepung terigu (unsplash.com/macroman)

Bahan utama:

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi,
  • 150 gram kentang yang dihaluskan,
  • 35 gram gula pasir,
  • 30 gram margarin,
  • 15 gram susu bubuk,
  • 10 gram ragi instan,
  • 1 butir telur,
  • 75 ml air es,
  • sejumput garam, dan
  • minyak goreng secukupnya.

Bahan topping:

  • dark chocolate leleh secukupnya,
  • meses cokelat secukupnya, dan
  • gula halus secukupnya.

2. Campur adonan tepung dengan kentang

Resep Donat Kentang Empuk, Hasilnya Mengembang Sempurnailustrasi adonan donat (unsplash.com/kiboka)

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk ke dalamnya. Aduk dengan whisk sampai semua bahan kering itu tercampur rata. Kalau mau lebih halus, kamu bisa mengayaknya terlebih dahulu.

Setelah itu, haluskan kentang yang sudah direbus hingga lembut. Pastikan gak ada potongan kentang yang masih berbentuk. Kemudian, masukkan kentang ke dalam adonan tepung dan aduk merata.

Baca Juga: 5 Toko Donat Bomboloni Terlezat di Singapura, Bikin Ketagihan! 

3. Uleni adonan donat hingga kalis

Resep Donat Kentang Empuk, Hasilnya Mengembang Sempurnailustrasi memipihkan adonan (unsplash.com/ambermaxwellboydell)

Tuangkan air es sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung dan kentang tadi sambil tetap diaduk. Tambahkan pula sebutir telur dan terus aduk menggunakan spatula hingga adonan terasa kalis.

Selanjutnya, tambahkan margarin dan sejumput garam ke dalam adonan donat. Kali ini, kamu bisa menguleninya di atas meja beralaskan plastik atau ditaburi tepung. Uleni adonan donat hingga elastis. Jika sudah, diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang.

4. Pipihkan adonan dan bentuk menjadi donat

Resep Donat Kentang Empuk, Hasilnya Mengembang Sempurnailustrasi membentuk donat (theflavourbender.com)

Kempiskan adonan yang mengembang hingga tak ada udara di dalamnya. Kemudian, bagi adonan menjadi beberapa bagian masing-masing 30 gram dan bulatkan. Tata di dalam loyang, lalu diamkan adonan tersebut selama 10 menit agar mengembang maksimal.

Ketika sudah mengembang, ambil satu bulatan dan pipihkan adonan. Lubangi bagian tengahnya dan letakkan adonan donat di loyang. Lakukan sampai habis dan diamkan adonan donat selama kurang lebih 45 menit hingga mengembang.

5. Goreng donat dengan minyak panas hingga mengambang

Resep Donat Kentang Empuk, Hasilnya Mengembang Sempurnadonat kentang (instagram.com/indhigo)

Ketika sudah mendekati waktu menggoreng, letakkan wajan cekung di atas kompor. Tuang cukup banyak minyak ke dalamnya. Panaskan hingga mendidih dengan api sedang saja.

Selanjutnya, goreng donat satu per satu hingga matang dan mengambang. Bolak-balik donat agar kedua sisinya berwarna keemasan.

Jika sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Sajikan donat kentang dengan topping favoritmu, bisa dicelup ke lelehan cokelat atau hanya dengan taburan gula halus.

Donat kentang yang empuk seperti buatan toko roti ini gak bakal gagal. Dijamin donat akan mengembang maksimal, kok. Camilan ini bisa banget jadi inspirasi kudapan spesial saat kumpul keluarga. Yuk, bikin donat kentang empuk sekarang!

Baca Juga: Resep Donat Siram Kekinian, Topping Melimpah dan Empuk Berhari-hari

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya