Comscore Tracker

Resep Kue Jempol yang Manis untuk Lebaran, Begini Caranya!

Kue ini lebih dikenal dengan nama thumbprint cookies

Lebaran identik dengan banyaknya sajian nikmat. Salah satunya adalah kue kering. Biasanya kue kering seperti nastar, kastengel, dan putri salju selalu jadi andalan. Padahal ada kue kering lainya yang bisa dipilih, seperti kue jempol.

Meski gak sepopuler kue kering lainnya, kue jempol atau yang disebut thumbprint cookie ini juga nikmat. Di bagian tengah kue dilubangi dan diisi dengan selai stroberi yang legit.

Bisa banget kamu jadikan suguhan saat Lebaran, kue jempol mudah dibuat, kok. Kamu tinggal mengikuti resep dan langkah membuatnya dengan saksama.

1. Bahan membuat kue jempol

Resep Kue Jempol yang Manis untuk Lebaran, Begini Caranya!ilustrasi selai stroberi (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 175 gram gula pasir
  • 100 gram butter
  • 3 butir kuning telur
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • selai stroberi secukupnya

2. Ayak tepung dan kocok mentega

Resep Kue Jempol yang Manis untuk Lebaran, Begini Caranya!ilustrasi mengayak tepung (tasteofhome.com)

Siapkan wadah di atas meja, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder ke dalamnya. Aduk menggunakan whisk sampai tercampur. Jika sudah, ayak campuran tepung tersebut sampai benar-benar halus. Buang bagian yang masih kasar.

Selanjutnya, dalam wadah yang berbeda, kocok mentega dengan gula pasir dengan mikser. Tunggu sampai lembut dan mengembang sempurna. Kemudian, masukkan campuran tepung tadi ke dalam adonan mentega sembari diaduk merata.

Baca Juga: Resep Membuat Kue Jempol yang Gurih, Cocok buat Perayaan Natal

3. Bagi adonan dan bentuk bulat kecil

Resep Kue Jempol yang Manis untuk Lebaran, Begini Caranya!ilustrasi membagi adonan (pexels.com/Felicity Tai)

Masukkan tiga butir kuning telur ke dalam adonan sambil tetap dikocok dengan mikser. Lakukan sampai adonan bisa dibentuk dan cukup padat. Pastikan pula gak ada tepung yang masih menggumpal.

Setelah itu, ambil loyang dan alasi dengan baking paper. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sama rata. Kemudian, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan letakkan di atas loyang.

4. Panggang kue jempol dengan diberi selai

Resep Kue Jempol yang Manis untuk Lebaran, Begini Caranya!Kue jempol (instagram.com/lalaskitchentable)

Tekan bagian tengah adonan hingga membentuk cekungan. Lakukan pada semua adonan yang ada di loyang. Jika sudah, kamu bisa memberinya selai stroberi di bagian tengahnya. Jangan terlalu banyak, secukupnya.

Kalau semua adonan sudah siap, panggang kue jempol selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 180 derajat celsius. Jika sudah matang, segera angkat dan keluarkan dari loyang. Biarkan dingin, lalu masukkan kue jempol ke dalam stoples.

5. Tips membuat kue jempol antigagal

Resep Kue Jempol yang Manis untuk Lebaran, Begini Caranya!kue jempol (instagram.com/twopeasandpod)

Supaya kue jempol buatanmu makin nikmat, tak ada salahnya menerapkan beberapa tips berikut ini, lho:

  1. Saat membuat cekungan pada adonan yang sudah dibentuk, pastikan kamu menekannya perlahan. Jangan sampai membuat adonan berlubang dan putus, ya.
  2. Berikan selai stroberi secukupnya. Kalau terlalu banyak, selai bakal meluber saat dipanggang. Namun, jika terlalu sedikit, tentu rasanya kurang enak.
  3. Kamu bisa menambahkan parutan keju di atas selai stroberi untuk memberikan rasa gurih. Dijamin gak kalah enak, kok.

Kue jempol memang gak setenar kue kering lainnya saat Lebaran. Namun, bukan berarti gak layak untuk kamu sajikan, lho. Cobalah membuat kue manis ini di rumah, lalu suguhkan saat Lebaran. Wah, bakal jadi rebutan keluarga, deh!

Baca Juga: 10 Minuman Ekstrem di Dunia, Ada yang Pakai Jempol Kaki Busuk!

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya