Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer, Cara Bikinnya Gak Ribet!

Jajanan jadul kesukaan semua orang

Jajanan tradisional berbentuk bundar berwarna kuning ini memang tak lekang oleh waktu. Meski sudah banyak makanan kekinian yang bermunculan, kue lumpur selalu dipilih untuk menemani waktu santai. Bahkan, kini sudah banyak kue lumpur dengan topping kekinian.

Meski begitu, kue lumpur yang terbuat dari kentang masih jadi kesukaan banyak orang. Teksturnya yang lembut dan lumer di mulut sukses bikin ketagihan. Biasanya, terdapat topping klasik berupa kismis atau keju di atasnya.

Kue lumpur kentang yang enak bisa banget kamu bikin sendiri di rumah. Kamu cukup melakukan langkah-langkahnya berdasarkan resep berikut ini.

1. Bahan membuat kue lumpur kentang

Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer, Cara Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi kentang (unsplash.com/AndreyMetelev)

Bahan-bahan:

  • 250 gram kentang,
  • 250 gram tepung terigu,
  • 200 gram gula pasir,
  • 65 gram mentega yang dilelehkan,
  • 500 ml santan,
  • 1 butir kuning telur,
  • 1 butir telur utuh,
  • 2 lembar daun pandan,
  • 100 ml susu kental manis,
  • 1/4 sdt garam,
  • 1/4 sdt pasta vanila,
  • kismis secukupnya, dan
  • keju parut secukupnya.

2. Rebus dan haluskan kentang dengan garpu

Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer, Cara Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi merebus kentang (thespruceeats.com)

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang cukup banyak air ke dalamnya. Panaskan panci berisi air tersebut hingga mendidih dengan api sedang. Kalau sudah berbuih, masukkan kentang satu per satu dan rebus hingga empuk.

Setelah matang dan empuk, angkat dan tiriskan kentang. Kupas kulitnya terlebih dahulu, lalu masukkan kentang ke dalam wadah. Ketika masih hangat, segera haluskan menggunakan masher atau garpu. Lakukan sampai benar-benar lembut, lalu biarkan dingin.

Baca Juga: Resep Kue Brudel, Bolu Khas Manado yang Empuk dan Lembut

3. Kocok telur bersama gula hingga larut

Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer, Cara Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi mengocok telur (readerdigest.ca)

Tuang santan ke dalam panci yang tadi digunakan untuk merebus kentang. Nyalakan api kompor cukup berukuran sedang saja, lalu masukkan pula daun pandan yang sudah diikat. Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih. Kalau sudah, segera angkat dan hangatkan.

Dalam wadah berbeda, masukkan telur dan gula pasir. Kocok kedua bahan tersebut menggunakan mikser hingga mengembang. Pastikan kamu mengocoknya dengan kecepatan sedang saja agar mendapatkan tekstur sempurna.

4. Campur adonan dengan kentang yang sudah halus

Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer, Cara Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi membuat adonan (thekitchn.com)

Masukkan kentang yang sudah dihaluskan tadi ke dalam adonan telur. Tambahkan pula tepung terigu, susu kental manis, garam, dan vanili. Kocok kembali menggunakan mikser berkecepatan rendah.

Selanjutnya, tuang santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sembari diaduk. Kemudian, tuangkan pula mentega yang sudah dicairkan. Aduk kembali adonan kue lumpur, tapi kali ini cukup menggunakan spatula atau whisk hingga merata.

5. Masak kue lumpur kentang di wajan

Resep Kue Lumpur Kentang yang Lumer, Cara Bikinnya Gak Ribet!kue lumpur kentang (instagram.com/chy_food)

Sembari mengistirahatkan adonan, letakkan wajan cetakan di atas kompor. Panaskan wajan dengan api kecil, lalu oleskan mentega atau margarin secukupnya saja asal merata. Kalau sudah dirasa panas, tuang adonan kue ke masing-masing cetakan, jangan sampai penuh.

Setelah itu, tutup cetakan dan biarkan kue lumpur kentang termasak hingga setengah matang. Ketika sudah hampir setengah matang, buka tutup wajan dan berikan topping kesukaanmu, seperti kismis atau keju. Kemudian, tutup kembali.

Ketika sudah matang dan pinggirannya terlihat kecokelatan, segera matikan kompor. Angkat dan keluarkan kue lumpur kentang dari cetakan. Sajikan kue lumpur kentang selagi hangat untuk teman santai sore.

Kue lumpur kentang ini bisa banget jadi inspirasi camilan untuk santai bersama orang tersayang. Teksturnya yang lembut bikin kamu ketagihan, deh. Tunggu apalagi? Yuk, bergegas ke dapur dan mulai mempraktikkannya!

Baca Juga: Resep Kue Nopia Khas Banyumas, Kue Tradisional yang Rasanya Lezat

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya