Resep Oseng Tempe Cabai Hijau, Menu Sederhana yang Terasa Istimewa

Olahan tempe yang simpel banget, nih!

Tempe menjadi salah satu protein yang paling mudah didapatkan selain tahu. Bahan pangan yang terbuat dari kedelai ini cukup praktis diolah jadi menu masakan sehari-hari.

Salah satu menu yang sering dibuat adalah oseng tempe cabai hijau. Hidangan tumis ini memadukan potongan tempe dan cabai hijau dengan bumbu yang nikmat.

Untuk menemukan menu ini pun mudah, kamu tinggal mampir ke warteg dan pasti akan menemukannya. Namun, tentu saja akan terasa lebih puas kalau memasak sendiri.

Cocok dijadikan menu andalan setiap hari, begini resep membuat oseng tempe cabai hijau yang nikmat.

1. Bahan membuat oseng tempe cabai hijau

Resep Oseng Tempe Cabai Hijau, Menu Sederhana yang Terasa Istimewailustrasi tempe (myrecipes.com)

Bahan-bahan:

  • 300 gram tempe
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai hijau besar
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sdm kecap manis
  • garam secukupnya

2. Potong dan goreng tempe setengah kering

Resep Oseng Tempe Cabai Hijau, Menu Sederhana yang Terasa Istimewailustrasi tempe goreng (thegluttonlife.com)

Siapkan talenan di atas meja, lalu siapkan tempe yang akan digunakan. Potong-potong tempe menjadi berbentuk dadu kecil hingga habis. Pastikan ukuran memotongnya seragam agar pada saat digoreng tingkat kematangannya merata. Sisihkan semua potongan tempe ke dalam wadah.

Selanjutnya, letakkan wajan cekung di atas kompor. Tuang minyak cukup banyak, lalu nyalakan api dan biarkan sampai mendidih. Kemudian, goreng semua potongan tempe hingga setengah kering saja. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan.

Baca Juga: Resep Sambal Tempe Kemangi ala Rumahan yang Pedasnya Bikin Nagih

3. Tumis bawang bersama daun salam dan lengkuas

Resep Oseng Tempe Cabai Hijau, Menu Sederhana yang Terasa Istimewailustrasi menumis bumbu (cookingclassy.com)

Kupas bawang merah dan bawang putih yang akan digunakan hingga bersih. Iris-iris keduanya secara tipis saja, lalu sisihkan. Kemudian, panaskan sedikit minyak pada teflon dengan api kecil.

Jika sudah panas, segera masukkan irisan bawang merah dan bawang putih ke dalamnya. Tumis kedua bawang tersebut bersama lengkuas dan daun salam. Aduk terus hingga harum dan merata. Kemudian, masukkan pula cabai hijau yang sudah dipotong menyerong.

4. Masukkan potongan tempe ke dalam tumisan bumbu

Resep Oseng Tempe Cabai Hijau, Menu Sederhana yang Terasa Istimewailustrasi menumis tempe (instagram.com/dapur_momandme)

Ketika tumisan bumbu sudah harum, segera masukkan tempe yang sudah digoreng setengah kering tadi ke dalam teflon. Langsung aduk sampai tercampur merata dengan bumbunya Tambahkan kecap manis secukupnya, lalu aduk kembali sampai tumisan berwarna kecokelatan.

Setelah itu, bumbui masakan dengan garam dan gula pasir secukupnya. Masak hingga bumbunya meresap sempurna. Jika dirasa sudah sesuai, segera angkat dan sajikan oseng tempe cabai hijau dengan nasi hangat.

5. Tips memilih tempe yang berkualitas

Resep Oseng Tempe Cabai Hijau, Menu Sederhana yang Terasa Istimewailustrasi tempe (mashed.com)

Membuat masakan ini perlu menggunakan tempe berkualitas baik. Dengan begitu, kamu harus tahu tips memilih tempe ketika berbelanja seperti berikut ini.

  1. Perhatikan warna kedelai dan jamurnya ketika memilih. Pastikan warna kedelai tampak kuning dengan jamur berwarna putih mengelilinginya.
  2. Tekan tempe sesekali. Tempe yang berkualitas terasa padat dengan kedelai yang rapat. Permukaannya pun terasa halus saat dipegang.
  3. Hindari memilih tempe yang beraroma menyengat. Hal itu menandakan usia tempe sudah lebih dari 5 hari. Perlu diketahui, kesegaran tempe hanya bertahan selama 3-5 hari, lho.

Oseng tempe cabai hijau ini bisa banget kamu praktikkan untuk menu makan malam hari ini. Caranya mudah dan gak butuh waktu lama untuk memasaknya. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan, ya!

Baca Juga: 5 Tips agar Tempe Goreng Tepung Renyah, Dijamin Favorit Keluarga 

Fernanda Saputra Photo Verified Writer Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya