Comscore Tracker

Resep Cumi Asin Cabai Hijau, Hidangan Sedap yang Bikin Kalap

Rasa cumi yang asin gurih kawin banget dengan cabai hijau

Cumi asin sering dijadikan sebagai stok makanan banyak orang, karena umurnya yang lumayan tahan lama. Gak melulu digoreng dan dicocol sambal, kamu bisa mengolah cumi asin dengan sesuatu yang berbeda. Salah satunya diolah menjadi cumi asin cabai hijau.

Rasa pedas cabai hijau yang khas dijamin kawin banget dengan cumi asin yang gurih. Yuk, langsung coba resep cumi asin cabai hijau di bawah ini! Sekeluarga pasti lahap, deh!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Cumi Asin Cabai Hijau, Hidangan Sedap yang Bikin Kalapilustrasi cumi asin (instagram.com/lauk.ku.cilegon)

Bahan-bahan:

  • 400 gram cumi asin, cuci bersih, iris tebal
  • 100 gram daun melinjo, siangi daunnya
  • 100 ml air
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula pasir

Bumbu halus:

  • 10 buah cabai hijau keriting, goreng
  • 4 buah cabai hijau besar, goreng
  • 12 butir bawang merah, goreng

2. Tumis bumbu halus hingga wangi

Resep Cumi Asin Cabai Hijau, Hidangan Sedap yang Bikin Kalapilustrasi memanaskan minyak (upgood.com)

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga aromanya harum. 

3. Masukkan cumi asin

Resep Cumi Asin Cabai Hijau, Hidangan Sedap yang Bikin Kalapilustrasi memasak cumi (epicurious.com)

Langkah berikutnya, masukkan cumi asin dan daun melinjo ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga merata.

Baca Juga: Resep Cumi Hitam Sederhana, Anak Kos Juga Bisa Membuatnya

4. Tambahkan air, gula, dan perasan jeruk nipis

Resep Cumi Asin Cabai Hijau, Hidangan Sedap yang Bikin Kalapilustrasi menuang air (thetimes.co.uk)

Selanjutnya, tuangkan air dan tambahkan gula pasir. Aduk dan masak hingga matang dan airnya menyusut. Matikan api, lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Aduk kembali. Kalau sudah, angkat.

5. Sajikan cumi asin cabai hijau

Resep Cumi Asin Cabai Hijau, Hidangan Sedap yang Bikin Kalapilustrasi cumi asin cabai hijau (instagram.com/madamedelima)

Kalau rasanya sudah pas, sajikan cumi asin di atas piring. Oh iya, kamu juga bisa mengkreasikan menu ini sesukamu, lho. Kamu bisa menambahkan pete jika suka. Cumi asin cabai hijau buatanmu siap dinikmati.

Itulah resep cumi asin cabai hijau yang menggugah selera. Gimana, jadi ngiler gak liatnya? Selamat memasak!

Baca Juga: Resep Cumi Goreng Tepung, Lauk Makan Simpel yang Krispi Abis

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya