Comscore Tracker

Resep Sederhana Roti Canai Rumahan, Camilan Favorit untuk Keluarga

Bisa diberi topping manis atau gurih, kok

Roti canai khas India ini rasanya gurih dan teksturnya renyah-garing. Rasanya dominan mentega, itulah mengapa banyak orang menjadikan roti ini sebagai makanan favorit.

Roti canai pun cocok diolah jadi camilan yang manis atau gurih asin. Meski terlihat rumit, ternyata kamu bisa coba membuat roti canai sendiri di rumah, lho.

Gak percaya? Coba praktikkan resep roti canai ala rumahan di bawah ini, deh! Dijamin sekeluarga bakal suka, sih. 

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Sederhana Roti Canai Rumahan, Camilan Favorit untuk Keluargailustrasi tepung (gettyimages.com/Annabelle Breakey)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 100 ml air
  • 8 sendok makan mentega cair
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • minyak secukupnya, untuk olesan

2. Campurkan bahan dan uleni hingga kalis

Resep Sederhana Roti Canai Rumahan, Camilan Favorit untuk Keluargailustrasi mencampur tepung (videoblocks.com)

Siapkan baskom, masukkan tepung telur, garam, dan mentega. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan. Uleni hingga adonan menjadi lembut dan kalis.

3. Bulatkan adonan dan diamkan sebentar

Resep Sederhana Roti Canai Rumahan, Camilan Favorit untuk Keluargailustrasi membentuk adonan (youtube.com/Zeynepçe Tarifler)

Kalau adonan sudah kalis, diamkan adonan selama 30 menit dan tutup dengan lap bersih. Bagi adonan menjadi delapan bagian, lalu bulatkan.

Olesi adonan dengan minyak, bisa juga dicelupkan ke dalam minyak sebentar. Diamkan kembali selama dua jam sambil ditutup dengan lap bersih.

Baca Juga: Resep Puding Roti Tawar Pelangi, Dessert Manis Pembangkit Mood

4. Pipihkan adonan dan olesi dengan mentega cair

Resep Sederhana Roti Canai Rumahan, Camilan Favorit untuk Keluargailustrasi memipihkan adonan (freepik.com)

Langkah selanjutnya, ambil satu bagian adonan dan pipihkan. Olesi bagian dalamnya dengan mentega cair, kerat adonan dengan pisau dan gulung. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. 

5. Panggang roti canai, sajikan dengan topping

Resep Sederhana Roti Canai Rumahan, Camilan Favorit untuk Keluargaroti canai (instagram.com/kadecoffee)

Jika adonan sudah dipipihkan, panggang roti canai dengan mentega. Jangan lupa dibolak-balik agar roti matang sempurna. Kamu bisa menikmati roti canai dengan kari atau selai manis kesukaanmu.

Gimana, ternyata mudah, kan bikin roti canai dengan resep di atas? Bahan-bahannya sederhana banget, sehingga lebih memudahkanmu untuk membuatnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Roti Tawar Kukus Seenak Kafe Mahal, Bisa untuk Ide Jualan Nih!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya