Comscore Tracker

Resep Donat Isi Blueberry, Camilan Manis Favorit Keluarga!

Inspirasi menu camilan rumah yang lembut dan manis

Siapa yang tak mengenal olahan donat? Rasanya hampir semua orang pasti pernah mencoba menu donat yang lembut dengan beragam komposisi pelengkap yang digunakannya. Mungkin sebelumnya donat hanya dikenal dengan bentuknya yang bulat dan memiliki lubang di bagian tengah saja. Namun, kini donat memiliki revolusi dengan bentuknya yang mirip roti bantal, namun justru memiliki isian di dalamnya.

Salah satu menu donat andalan yang bisa dibuat dengan krim di dalamnya adalah sajian donat isi blueberry yang memanjakan lidah. Tidak hanya berisi saus blueberry, namun juga terdapat krim keju yang memanjakan lidah. Jika penasaran ingin membuatnya di rumah, maka resep berikut ini bisa dicoba.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Donat Isi Blueberry, Camilan Manis Favorit Keluarga!ilustrasi bahan-bahan donat (inthekitchenwithmatt.com)

Sebelum memulai proses pengolahan, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang berikut ini.

Bahan-bahan donat:

  • 286 gram tepung roti
  • 2 1/2 sendok makan gula granula
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/8 sendok teh bubuk pala
  • 2 1/2 sendok makan mentega unsalted
  • 1 butir telur
  • 120 ml susu
  • 1/2 sendok makan ragi aktif
  • Minyak goreng

Bahan-bahan untuk isian krim keju blueberry:

  • 1 1/2 wadah saus blueberry
  • 80 ml sirup maple
  • 227 gram krim keju

2. Membuat adonan donat dan menggorengnya hingga matang

Resep Donat Isi Blueberry, Camilan Manis Favorit Keluarga!ilustrasi donat isi blueberry (mynameisyeh.com)

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan mesin pembuatan roti, lalu tambahkan tepung roti, gula, garam, bubuk pala, mentega, telur, susu, dan ragi. Nantinya, mesin akan secara otomatis membuat adonannya. Langkah ini bisa dilakukan manual, namun mungkin akan sedikit memakan waktu.

Adonan yang sudah selesai dapat kamu ratakan, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Letakan pada wadah, tutup dengan plastik wrap,dan diamkan selama 30 menit hingga ukurannya mengembang. Selanjutnya, panaskan wajan berisi minyak untuk kemudian menggoreng donat sesuai selera, jangan terlalu besar sebab nantinya donat juga akan mengembang saat digoreng. Jika sudah, tiriskan dan letakkan donat pada gula bubuk setelah beberapa menit didinginkan.

Baca Juga: Resep Blueberry Cookies yang Renyah, Camilan Favorit di Rumah!

3. Membuat isian krim keju blueberry

Resep Donat Isi Blueberry, Camilan Manis Favorit Keluarga!ilustrasi krim keju blueberry (cheeseknees.com)

Proses pembuatan isian menu donat ini tidak kalah mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan wajan kecil, lalu masukkan blueberry yang telah halus dan juga sirup maple dengan suhu medium. Jika blueberry sudah sedikit meletup-letup, turunkan suhu dan diamkan selama 10-15 menit hingga konsistensinya berubah. Lalu, sisihkan.

Persiapkan wadah untuk kemudian diisi dengan krim keju terlebih dahulu, kemudian masukkan saus blueberry yang sebelumnya dibuat. Aduk hingga tercampur merata.

4. Masukan krim keju blueberry ke dalam donat

Resep Donat Isi Blueberry, Camilan Manis Favorit Keluarga!ilustrasi donat isi blueberry (honestcooking.com)

Kamu bisa mencampurkan donat dengan saus melalui cara-cara yang mudah untuk dicontoh. Langkah awal adalah dengan menggunakan sumpit atau pisau untuk melubangi ujung donat.

Kamu dapat memasukkan krim keju blueberry ke dalam donat dengan menggunakan pipping bag. Proses menambahkan isiannya juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

5. Sajikan selagi hangat

Resep Donat Isi Blueberry, Camilan Manis Favorit Keluarga!ilustrasi donat isi blueberry (dessertnowdinnerlater.com)

Donat yang selesai diisi dengan krim keju blueberry pun dapat langsung kamu sajikan selagi hangat. Teksturnya yang lembut tentu menjadi sajian lezat untuk dinikmati.

Taburan gula bubuk pada sisi donat menambah cita rasa manis pada menu ini. Isian blueberry yang segar dan krim keju yang gurih juga menjadi daya tarik pada menu ini.

Ternyata sangat mudah membuat menu donat yang lezat dan lembut. Proses pembuatannya juga tak jauh dari menu donat lainnya. Menggugah selera, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Pakai Selai Blueberry yang Terasa Istimewa

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya