Resep Es Timun Soda yang Menyegarkan, Ide Minuman untuk Berbuka Puasa

Opsi berbuka yang segar dengan menyajikan es timun soda

Selain membeli sajian pembuka sendiri di luar, beberapa orang juga ada yang membuat menu buka puasanya di rumah. Salah satunya adalah sajian es timun soda yang super simpel dan praktis untuk dibuat. Jika penasaran untuk membuatnya sendiri, maka kamu dapat mencoba resep minuman berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Es Timun Soda yang Menyegarkan, Ide Minuman untuk Berbuka Puasailustrasi timun (economictimes.com)

Sebelum prosss pengolahan, kamu bisa mempersiapkan beberapa bahan yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan penuh timun yang telah dipotong-potong kasar
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah jeruk nipis yang diambil perasannya
  • Sirup secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Soda secukupnya

2. Memotong timun dan mencampurkannya dengan garam

Resep Es Timun Soda yang Menyegarkan, Ide Minuman untuk Berbuka Puasailustrasi mengiris timun (newsweek.com)

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan timun yang akan diolah. Timun yang digunakan sebaiknya telah dipisahkan dari kulitnya sehingga mudah pada proses penghalusannya nanti.
Jika sudah, maka timun yang diolah dapat kamu potong-potong secara halus, namun masih bertekstur. Campurkan dengan sedikit garam dan aduklah hingga merata.

3. Tambahkan es batu, perasan jeruk nipis, dan sirup ke dalam gelas saji

Resep Es Timun Soda yang Menyegarkan, Ide Minuman untuk Berbuka Puasailustrasi gelas berisi air jeruk nipis (Youtube.com/wikiHow)

Persiapkan gelas saji yang akan kamu gunakan untuk menyajikan menu ini. Jangan memiliki gelas saji yang terlalu besar agar lebih mudah penyajiannya.

Kamu dapat meletakan beberapa jumlah es batu terlebih dahulu, lalu perasan jeruk nipis. Sebagai pelengkap, tambahkan pula sirup yang dapat kamu sesuaikan dengan selera manis masing-masing.

Baca Juga: Resep Acar Timun Telur Khas Minang, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Fresh

4. Letakan timun yang telah dipotong kasar dan tuangkan dengan soda

Resep Es Timun Soda yang Menyegarkan, Ide Minuman untuk Berbuka Puasailustrasi cucumber drink (goodto.com)

Timun yang telah kamu potong-potong selanjutnya dapat langsung diletakan ke dalam gelas saji. Banyaknya timun dapat kamu sesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, sebetulnya satu sendok penuh berisi potongan timun saja sudah cukup.

Kamu dapat selanjutnya menuangkan soda ke dalam gelas saji. Penuhi gelas saji tersebut dengan soda yang telah dipersiapkan.

5. Sajikan menu minuman ini selagi dingin

Resep Es Timun Soda yang Menyegarkan, Ide Minuman untuk Berbuka Puasailustrasi cucumber drink (chilledmagazine.com)

Menu es timun soda ini dapat kamu tutup dengan tambahan irisan timun dan jeruk nipis sebagai garnishnya. Es segar ini pun bisa langsung kamu sajikan selagi dingin.
Penyajian menu dengan bahan-bahan yang mudah ini tentunya hanya membutuhkan proses yang sebentar. Kamu bisa menyajikannya secara mudah untuk menu berbuka.

Tentunya dari sekian banyak inspirasi sajian es segar, kamu bisa memilih menu yang satu ini sebagai pilihan utama. Bahan-bahannya tak sulit dan proses yang cepat memang sangatlah praktis. Bikin penasaran, ya?

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya