Comscore Tracker

Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuh

Penyajian minuman hangat yang bisa untuk musim hujan

Hot buttered rum merupakan sajian hangat yang biasa dihidangkan pada saat cuaca dingin. Secara umum, minuman ini menggunakan bahan-bahan berupa rum, mentega, air panas, serta buah apel.

Minuman tradisional ini tentunya cocok diminum untuk menghangatkan tubuh. Namun, kandungan rum di dalamnya membuat tak semua orang dapat menikmati sajian ini dengan mudah. Jika kamu tertarik untuk membuat menu ini dengan versi yang halal tanpa menggunakan kandungan beralkohol sama sekali, maka resep berikut ini bisa dicoba.

Simak resepnya di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuhilustrasi mentega cair (today.com)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan brown sugar
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 100 ml sirup gula dengan ekstrak almond
  • 2 sendok makan unsalted butter yang dilelehkan
  • 2 stik kayu manis untuk disajikan

2. Mencampurkan gula, kayu manis, dan pala hingga merata

Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuhilustrasi merebus bahan-bahan (cookingtoentertain.com)

Untuk memulai proses pembuatan menu ini, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan wadah berukuran medium. Wadah tersebut akan digunakan untuk mencampurkan gula, kayu manis, dan pala.

Masukkan semua bahan, lalu aduk hingga tercampur merata. Ada pula beberapa orang yang menggunakan mixer elektrik agar lebih cepat dan campurannya jadi lebih merata.

Baca Juga: Resep Mocktail Gimlet Halal, Minuman yang Bikin Penasaran!

3. Tambahkan sirup gula dan mentega leleh

Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuhilustrasi campuran mentega (bakingamoment.com)

Penyajian menu ini secara original menggunakan rum. Namun, kamu dapat menggantinya dengan sirup gula. Penggunaan sirup gula juga dapat dijadikan sebagai pemanis pada menu kali ini.

Tuangkan sirup gula dan juga mentega yang telah dilelehkan sebelumnya. Aduklah semua bahan hingga merata di dalam wadah.

4. Mencampurkan bahan yang telah jadi dengan air panas pada gelas saji

Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuhilustrasi membuat hot buttered rum (cocktails.lovetoknow.com)

Kamu dapat mempersiapkan gelas saji terlebih dahulu untuk kemudian dituangi air panas secukupnya. Jika sudah, campuran mentega sebelumnya dapat kamu tambahkan ke dalam gelas saji.

Kedua bahan tersebut dapat kamu aduk terus hingga nantinya tercampur secara merata. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.

5. Sajikan selagi hangat dengan garnish

Resep Hot Buttered Rum Halal, Menu Minuman yang Cocok Hangatkan Tubuhilustrasi minuman hot buttered rum halal (godairyfree.org)

Penyajian menu minuman ini tentu dapat langsung dilakukan selagi hangat. Campuran mentega yang telah larut dalam air panas tentu memberikan cita rasanya tersendiri.

Untuk meningkatkan rasanya, cobalah untuk menmabahkan stik kayu manis sebagai garnish. Penambahan garnish dapat memberikan kesan menarik pada menu ini.

Membuat minuman lezat yang satu ini sangat mudah, bukan? Sajikan minuman ini selagi hangat agar cita rasanya tetap terasa lengkap, ya! Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Chocolate Martini Halal, Menu Minuman Segar Tanpa Alkohol

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya