Comscore Tracker

Resep Iga Bakar Lada Hitam, Ide Menu untuk Lebaran!

Penyajian iga sapi dengan bumbu yang meresap sempurna

Siapa yang tak mengenal olahan iga bakar? Rasanya menu olahan yang satu ini sudah sangat terkenal, apalagi iga dikenal sebagai salah satu bagian lezat dari hewan sapi. Meski demikian, proses pengolahan iga juga tidak bisa dilakukan sembarangan.

Salah satu menu yang bisa kamu buat dengan menggunakan bahan ini adalah iga sapi bakar dengan saus lada hitam. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidaklah banyak sehingga dapat kamu buat secara mudah di rumah. Catat resepnya berikut ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Iga Bakar Lada Hitam, Ide Menu untuk Lebaran!ilustrasi iga sapi (foodfirefriends.com)

Sebelum memulai proses pengolahan, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 2 potong iga sapi
  • Garam dan lada hitam secukupnya
  • Saus lada hitam secukupnya

2. Membumbui iga sapi dan menyimpannya di lemari pendingin

Resep Iga Bakar Lada Hitam, Ide Menu untuk Lebaran!ilustrasi membumbui iga (thespruceeats.com)

Langkah awal untuk memulai proses ini adalah dengan memastikan iga sapi telah bersih dari kotoran yang mungkin menempel. Jika sudah, maka mulailah baluri seluruh bagian iga sapi dengan campuran garam, bubuk lada hitam, dan juga bisa ditambah dengan rempah alami untuk menambah aroma harum.

Kamu dapat menyimpannya pada wadah khusus, kemudian letakkan pada lemari pendingin selama beberapa saat. Proses penyimpanan ini bisa memakan waktu sekitar 1 jam atau bahkan lebih dari 24 jam agar bumbu meresap sempurna.

Baca Juga: Resep Sup Iga Sapi yang Segar, Kuah Hangatnya Bikin Rileks

3. Panggang di oven menggunakan alumunium foil

Resep Iga Bakar Lada Hitam, Ide Menu untuk Lebaran!ilustrasi memanggang iga sapi (homeisakitchen.com)

Jika iga sapi telah selesai didinginkan, maka persiapkan loyang khusus sesuai dengan ukuran dari iga. Pastikan untuk melapisi seluruh bagian loyang dengan kertas alumunium foil untuk membantu proses pemanggangan.

Masukkan iga sapi ke dalam loyang yang telah dibalut alumunium foil. Lalu, mulailah proses pemanggangan. Proses ini akan memakan waktu selama 1 jam untuk tingkat kematangan merata. Jika sudah, sisihkan sejenak.

4. Panggang hingga berasap

Resep Iga Bakar Lada Hitam, Ide Menu untuk Lebaran!ilustrasi memanggang iga (dadcooksdinner.com)

Memanggang di dalam oven saja ternyata tak cukup untuk memastikan iga sapi matang sempurna. Untuk meratakan kematangannya, kamu dapat memulai proses pengolahan dengan memanggangnya kembali menggunakan alat panggang khusus.

Pastikan iga sapi telah dikeluarkan dari loyang berbalut alumunium foil, lalu letakkan di atas alat panggang. Panggang iga sapi selama beberapa saat hingga tingkat kematangannya pas serta aromanya mulai seperti daging asap. Jika sudah, sisihkan.

5. Sajikan dengan saus lada hitam

Resep Iga Bakar Lada Hitam, Ide Menu untuk Lebaran!ilustrasi iga sapi lada hitam (yummly.com)

Kamu dapat mulai menyajikan iga sapi dengan memotongnya perporsi dan menyajikannya selagi hangat. Tentu tak lengkap apabila proses penyajiannya ini tidak melibatkan saus lada hitam sebagai penambah cita rasa.

Penambahan saus lada hitam membuat olahan ini memberikan cita rasa yang penuh bumbu dan mampu meresap dengan sempurna. Hidangan yang satu ini sangat cocok untuk disajikan sebagai olahan menu bersama keluarga di rumah.

Proses pengolahan iga bakar ini memang tak membutuhkan banyak bahan. Namun, proses pemanggangannya cukup memakan waktu. Meski demikian, kamu tetap dapat menikmati olahan ini bersama keluarga di rumah sebagai inspirasi menu lebaran yang menggugah selera. Penasaran ingin membuatnya juga?

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Hati, Menu Nikmat dan Wajib saat Lebaran!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya