Comscore Tracker

Resep Lasagna Sosis yang Mudah Dibuat, Menu Favorit Semua Orang

Komposisi yang mudah dalam membuat lasagna

Lasagna salah satu pasta yang berbeda dari sajian lainnya. Hal ini karena lasagna memiliki tampilan yang lebar dengan beberapa lapisan. Biasanya, setiap lapisan memiliki isian yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan selera.

Bila secara umum lasagna menggunakan isian daging sapi, maka kali ini sedikit berbeda karena lasagna justru diisi dengan irisan sosis. Jika penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah, maka kamu bisa mencoba resep lasagna sosis berikut ini.

1. Bahan membuat lasagna sosis

Resep Lasagna Sosis yang Mudah Dibuat, Menu Favorit Semua Orangilustrasi bahan-bahan lasagna (thespruceeats.com)

Bahan-bahan:

  • 1 wadah sosis, iris
  • 1 bawang bombay, potong-potong
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 kaleng pasta tomat
  • 1 kaleng tomat yang telah dihaluskan
  • 1 kaleng saus tomat
  • 3 sdt basil kering
  • 3/4 sdt lada
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 1 wadah keju ricotta
  • 1 1/2 wadah keju parmesan parut
  • 12 lembar pasta lasagna
  • 4 wadah keju mozzarella parut

2. Masak saus tomat bersama bumbu lainnya

Resep Lasagna Sosis yang Mudah Dibuat, Menu Favorit Semua Orangilustrasi memasak saus tomat krim (seriouseats.com)

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat bumbu atau saus tomatnya terlebih dahulu. Tumis irisan sosis dengan bawang bombay hingga lembut dan harum selama 5-7 menit. Tambahkan bawang putih dan pasta tomat.

Kamu dapat mulai menambahkan tomat potong, saus tomat, basil, lada, dan garam. Biarkan semuanya dimasak sempurna hingga konsistensinya sedikit berubah selama 10-15 menit.

3. Siapkan lapisan lasagna dalam loyang

Resep Lasagna Sosis yang Mudah Dibuat, Menu Favorit Semua Orangilustrasi membuat lasagna sosis (thekitchn.com)

Sebelum menata lasagna dalam loyang, kamu dapat terlebih dahulu mempersiapkan mangkuk. Dalam mangkuk tersebut, campurkan telur, keju ricotta, keju parmesan parut, dan lada. Lapisi loyang dengan saus daging atau saus untuk pasta hingga merata.

Selanjutnya, kamu dapat mulai menata lasagna dan tuang saus tomat, sosis, keju ricotta, keju mozzarella, lalu tutup lagi dengan pasta yang baru. Terus ulangi langkah ini hingga selesai. Pada bagian atasnya, kamu bisa tuang lagi saus tomat dan taburi keju mozzarella.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dari Kulit Pangsit yang Serba Kukus, Ada Lasagna!

4. Panggang lasagna hingga matang

Resep Lasagna Sosis yang Mudah Dibuat, Menu Favorit Semua Orangilustrasi membuat lasagna (midwestfoodieblog.com)

Proses pemanggangan pun bisa langsung dilakukan dengan menutup loyang terlebih dahulu dengan kertas aluminium foil. Kamu dapat mulai melakukan proses pemanggangan selama kurang lebih 30 menit.

Proses pemanggangan dapat dianggap selesai ketika warna pada bagian atasnya sudah kecokelatan. Diamkan sejenak selama 15 menit sebelum akhirnya disajikan, ya.

5. Sajikan lasagna sosis selagi hangat dan lembut

Resep Lasagna Sosis yang Mudah Dibuat, Menu Favorit Semua Orangilustrasi sosis lasagna (thespruceeats.com)

Proses penyajiannya tentu tidak sulit, karena selesai didiamkan maka kamu sudah dapat menyajikan. Kamu dapat memotong lasagna dan menatanya pada piring saji.

Kamu dapat pula menambahkan keju apabila ingin sensasi rasa yang lebih cheesy. Tidak lupa untuk menyantapnya selagi hangat, sehingga teksturnya lebih lembut dan lelehan kejunya juga semakin terasa maksimal.

Proses membuat lasagna sosis ini tentunya sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Cita rasanya terasa lezat dan cheesy dengan penambahan bahan-bahan keju yang cukup banyak. Bikin ngiler maksimal, deh!

Baca Juga: Resep Lasagna Kentang Nikmat dengan Keju Berlimpah

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya