Resep Menu Tumis Kale yang Simpel, Sajian Sahur Andalan!

Jangan lupa menyantap olahan sayuran sebelum berpuasa

Pada bulan Ramadan ini, orang sering kali kebingungan dalam menentukan jenis makanan yang tepat untuk disantap. Hal ini terjadi karena orang merasa malas untuk memasak. Menu makanan pun terkesan monoton.

Tak sedikit orang bahkan tak acuh dalam memperhatikan menu makanannya, sehingga sangat jarang mencicipi olahan sayuran. Untuk membuat menu sahur lebih menyenangkan, maka kamu dapat mencoba membuat sajian tumis kale yang mudah dan praktis.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Menu Tumis Kale yang Simpel, Sajian Sahur Andalan!ilustrasi sayur kale (rte.ie)

Sebelum memulai, kamu bisa mempersiapkan beberapa bahan.

Bahan-bahan:

  • 1 wadah kale
  • 2 sendok teh minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih potong
  • Potongan lemon wedge
  • Garam dan lada hitam secukupnya

2. Potong kale dan bersihkan di bawah air mengalir

Resep Menu Tumis Kale yang Simpel, Sajian Sahur Andalan!ilustrasi sayur kale (goodhousekeeping.com)

Langkah awal untuk memulai proses pengolahan adalah dengan memotong kale terlebih dahulu. Kamu dapat menyesuaikan potongannya dengan selera masing-masing.

Kale yang telah dipotong-potong selanjutnya kamu cuci di bawah air mengalir hingga bersih. Jika sudah, sisihkan sejenak.

Baca Juga: Resep Jahe Kale Smoothie Praktis, Bisa Jadi Inspirasi Menu Sahur!

3. Menumis kale dengan bahan-bahan

Resep Menu Tumis Kale yang Simpel, Sajian Sahur Andalan!ilustrasi menumis kale (loveandlemons.com)

Jika sudah, persiapkan wajan untuk dituangkan minyak zaitun ke dalamnya. Tumislah bawang putih terlebih dahulu hingga aromanya menguar.

Kamu dapat langsung memasukan potongan daun kale ke dalam wajan dan tumislah hingga lembut. Tambahkan garam dan lada hitam secukupnya agar cita rasanya pas.

4. Peras jeruk lemon ke dalam tumisan kale dan aduk kembali

Resep Menu Tumis Kale yang Simpel, Sajian Sahur Andalan!ilustrasi menumis kale (jamiegeller.com)

Sambil terus menumis sayur kale, kamu dapat mempersiapkan buah lemon yang akan digunakan. Peraslah lemon ke dalam wadah, lalu tuangkan pada wajan berisi sayur kale.

Kamu juga sebenarnya dapat memeras langsung ke dalam wajan, tetapi khawatir akan sulit. Aduk semuanya hingga tercampur secara merata. Jangan menambahkan lemon terlalu banyak agar tak merusak cita rasa bumbunya.

5. Sajikan selagi hangat

Resep Menu Tumis Kale yang Simpel, Sajian Sahur Andalan!ilustrasi tumis kale (eatwellenjoylife.com)

Kamu dapat melakukan penyajian menu ini dengan menuangkan tumisan kale ke dalam piring atau mangkuk saji. Penyajian menu ini juga dapat dilakukan selagi hangat.

Sajian tumis kale cocok menjadi teman lauk untuk nasi panas. Cita rasanya segar dan terasa penuh sensasi bawang putih yang harum.

Membuat menu tumis kale ini sebenarnya mudah, bahkan bahan-bahannya juga tidak banyak. Kamu dapat membuat menu ini untuk sajian sahur, sebab durasi memasaknya tak memerlukan wakru lama. Tetap jaga konsumsi sayuran selama Ramadan, ya!

Baca Juga: 5 Resep Tumis Simpel untuk Sahur, Hemat Bahan dan Waktu

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya