Comscore Tracker

Resep Puding Cokelat Pear yang Lembut, Dessert Mudah dan Praktis!

Sajian dessert yang bisa jadi inspirasi di rumah

Menyajikan banyak olahan manis memang menjadi salah satu favorit banyak orang, apalagi jika menu yang diolah sangat mudah. Kebanyakan dessert memang banyak dipilih untuk disajikan sebagai olahan pencuci mulut setelah menu utama, sehingga tak heran bila memang banyak dipilih oleh orang-orang.

Di antara banyaknya menu dessert, salah satu yang paling populer adalah menu pudding cokelat pear yang mungkin belum banyak diketahui. Menu puding cokelat ini terasa berbeda sebab menggunakan pear sebagai salah satu komposisi di dalamnya. Proses pembuatan menu ini juga sangat mudah dan bila kamu tertarik membuatnya di rumah, maka resep berikut ini bisa dicoba.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Puding Cokelat Pear yang Lembut, Dessert Mudah dan Praktis!ilustrasi bahan-bahan puding (jocooks.com)

Sebelum memulai proses pengolahan, kamu dapat mempersiapkan beberapa bahan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 50 gram tepung terigu
  • 20 gram bubuk kokoa
  • 50 gram bubuk kacang almond
  • 4 buah pear
  • 15 gram kacang almond
  • Gula icing untuk penyajiannya

2. Memotong dan mengupas buah pear hingga bersih

Resep Puding Cokelat Pear yang Lembut, Dessert Mudah dan Praktis!ilustrasi mengupas buah pear (bestlifetips.net)

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengolah buah pear terlebih dahulu. Penggunaan buah pear akan secara otomatis memberikan cita rasa manis dan segar dalam olahan puding cokelat yang akan dibuat.

Sebelum mengolah pear, pastikan kamu memilih buah pear dengan kualitas baik sehingga cita rasanya juga tak mengecewakan. Kamu dapat membagi buah pear menjadi dua bagian secara vertikal, lalu pisahkan bagian tengah yang berisi bijinya. Kupas pula kulit luar dari buah bear dan cucilah hingga bersih di bawah air mengalir.

Baca Juga: Resep Vanilla Pear Drop Tanpa Alkohol, Minuman Favorit saat Terik

3. Mencampurkan bahan-bahan untuk puding

Resep Puding Cokelat Pear yang Lembut, Dessert Mudah dan Praktis!ilustrasi adonan cokelat puding (simplyrecipes.com)

Kamu dapat selanjutnya beralih pada proses membuat puding dengan mencampurkan bahan-bahannya. Persiapkan wadah khusus yang akan digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan dalam membuat puding.

Langkah ini dimulai dengan memecahkan telur terlebih dahulu, lalu tambahkan gula pasir, tepung terigu, bubuk kokoa, dan bubuk kacang almond. Tambahkan sedikit air atau susu, lalu aduklah dengan menggunakan mixer hingga tercampur sempurna. Pastikan takaran bahan-bahannya juga tepat sehingga cita rasanya juga lezat.

4. Menuangkan adonan pada loyang, letakkan buah pear, dan panggang hingga matang

Resep Puding Cokelat Pear yang Lembut, Dessert Mudah dan Praktis!ilustrasi memanggang puding (goodto.com)

Selanjutnya adalah dengan mempersiapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang. Loyang yang akan digunakan dapat terlebih dahulu dibaluri dengan mentega atau terigu, lalu tuangkan adonan puding pada loyang secara merata. Buah pear yang telah dikupas sebelumnya dapat kamu letakan pada bagian atas adonan.

Loyang berisi adonan dan buah pear ini pun dapat langsung kamu panggang hingga matang secara merata. Proses pemanggangannya dapat dilakukan selama 15-20 menit hingga kematangannya pas, lalu angkatlah loyang secara perlahan dan tiriskan sebentar agar tak terlalu panas.

5. Sajikan selagi hangat

Resep Puding Cokelat Pear yang Lembut, Dessert Mudah dan Praktis!ilustrasi puding cokelat pear (realfood.tesco.com)

Kamu bisa memisahkan antara puding cokelat pear dari loyang yang digunakan sebelumnya. Menu dapat langsung kamu pindahkan pada piring saji, namun sebelumnya taburkan gula icing atau pun gula bubuk ke atasnya. Tak lupa dengan melengkapinya dengan kacang almond.

Kamu memiliki banyak cara untuk menggunakan aneka bahan sebagai pelengkap menu dalam penyajiannya. Bahkan tambahan sirup manis dan buah-buahan segar lainnya juga akan membuat menu ini menjadi menarik.

Inspirasi sajian puding cokelat pear ini tentunya sangat menarik untuk dibuat sendiri di rumah. Teksturnya yang lembut dengan cita rasa manis dan segar dari buah pear menambah sensasi tersendiri dari menu olahan ini. Memanjakan lidah, deh!

Baca Juga: Resep Puding Pear Jahe yang Lembut, Bahan-bahannya Mudah Banget!

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya