Comscore Tracker

Resep Salmon Panggang Saus Madu, Cita Rasanya Meresap Sempurna!

Menu salmon satu ini punya rasa manis dan gurih

Penyajian menu salmon merupakan pilihan yang kerap dilakukan apabila ingin membuat sesuatu yang lezat. Ada banyak sekali pilihan menu yang menggunakan salmon sebagai bahannya, mulai dari sajian yang simpel hingga yang rumit sekalipun.

Salah satu rekomendasi menunya adalah salmon panggang dengan bumbu madu. Kamu bisa membuat menu ini secara mudah dengan resep berikut di rumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Salmon Panggang Saus Madu, Cita Rasanya Meresap Sempurna!ilustrasi salmon mentah (unsplash.com/@carolineattwood)

Bahan-bahan:

  • 1 sdm brown sugar
  • 1 sdm mentega leleh
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdm madu
  • 1 sdm soy sauce
  • 1 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 1 ikan salmon filet yang dipotong menjadi delapan bagian

2. Membersihkan ikan salmon

Resep Salmon Panggang Saus Madu, Cita Rasanya Meresap Sempurna!ilustrasi salmon mentah (unsplash.com/@colinczerwinski)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membersihkan ikan salmon terlebih dahulu. Proses pembersihan ikan salmon tidak perlu dilakukan apabila kamu telah membeli ikan yang sudah difillet sebelumnya.

Jika sudah terlanjur membeli ikan yang utuh, maka bersihkan terlebih dahulu dari duri dan kulitnya. Ikan dapat dipotong-potong menjadi delapan bagian agar nantinya memudahkan proses pengolahan.

Baca Juga: Resep Salmon Bumbu Garlic, Hidangan Rumah yang Mudah Dibuat

3. Memarinasi ikan salmon

Resep Salmon Panggang Saus Madu, Cita Rasanya Meresap Sempurna!ilustrasi marinisasi salmon (unsplash.com/@dbtownsend)

Selanjutnya adalah proses marinasi. Tentunya kamu perlu membuat bumbu marinasinya terlebih dahulu agar dapat digunakan secara mudah.

Caranya adalah dengan mencampurkan semua bahan terkecuali salmon ke dalam mangkuk kecil. Barulah kamu dapat menuangkan bumbu tersebut ke dalam wadah berisi salmon. Tutup rapat dan diamkan di lemari pendingin selama minimal 30 menit hingga 1 jam.

4. Memanggang salmon hingga matang

Resep Salmon Panggang Saus Madu, Cita Rasanya Meresap Sempurna!ilustrasi memanggang salmon (unsplash.com/@christine_siracusa)

Proses pemanggangan dapat langsung kamu lakukan dengan cara mempersiapkan ikan salmon yang telah selesai dimarinasi. Kamu dapat mempersiapkan wajan atau bahkan alat pemanggangan untuk melakukan proses selanjutnya.

Proses pemanggangan dapat dilakukan selama 10-20 menit dengan mengoleskan bumbu marinasi sekitar dua hingga tiga kali. Untuk mengecek tekstur salmon yang sudah matang kamu bisa menggunakan garpu. Jika sudah, maka kamu dapat menyisihkannya.

5. Menyajikan salmon panggang dengan tambahan saus madu jika diperlukan

Resep Salmon Panggang Saus Madu, Cita Rasanya Meresap Sempurna!ilustrasi salmon panggang (unsplash.com/@artevgen)

Sajian menu salmon panggang dengan bumbu madu ini pun bisa langsung kamu sajikan selagi hangat. Penyajiannya dapat dilakukan dengan meletakan salmon di atas piring saji.

Kamu dapat pula menambahkan saus madu untuk melengkapi menu lezatnya. Penyajian ini bisa disantap bersama mashed potato atau pelengkap lainnya.

Nyatanya tidak sulit membuat menu salmon panggang dengan bumbu madu ini. Cita rasanya pun tak kalah meresap dan menggugah selera. Sudah bikin perutmu keroncongan? Artinya, ini adalah saatnya kamu mempraktikkan resep di atas di dapur.

Baca Juga: Resep Salmon Panggang Saus Mentega, Ide Makan Malam

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya