Comscore Tracker

Resep Tom Collins Non Alkohol, Mocktail Klasik yang Menyegarkan!

Penyajian menu segar yang bisa jadi andalan semua orang

Tom collins merupakan salah satu minuman moktail yang mungkin namanya masih belum terlalu sering didengar. Meski demikian, tom collins dapat dikatakan sebagai minuman beralkohol yang menggunakan gin, jus lemon, gula, dan soda sebagai bahan-bahan utamanya.

Minuman ini cukup sering disajikan sebagai koktail yang menyegarkan. Kamu dapat membuat minuman ini sendiri dengan bahan-bahan yang tentunya halal dan tidak mengandung alkohol sama sekali, lho.

Langsung aja terapkan resep berikut ini di rumah, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tom Collins Non Alkohol, Mocktail Klasik yang Menyegarkan!ilustrasi perasan lemon (goodhousekeeping.com)

Persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 4 sendok makan jus apel
  • 1 1/2 - 2 sendok makan sirup maple
  • 2 sendok makan jus lemon
  • 1/2 cangkir soda
  • Es batu secukupnya
  • Ceri dan irisan lemon untuk garnish

2. Mengiris lemon dan ceri untuk garnish

Resep Tom Collins Non Alkohol, Mocktail Klasik yang Menyegarkan!ilustrasi mengiris buah lemon (thespruceeats.com)

Penggunaan lemon dan ceri memang dianggap sebagai bahan-bahan opsional tetapi cukup penting. Kedua buah ini bakal kita jadikan bahan dalam membuat garnish.

Caranya adalah dengan memotong ceri pada bagian bawahnya saja. Sementara pada bagian atasnya biarkan utuh. Hal ini untuk membuat ceri mudah saat ditempelkan pada mulut gelas. Sementara itu, lemon akan diolah dengan cara diiris dengan ketebalan yang tepat sehingga mudah saat dijadikan sebagai garnish.

Baca Juga: Resep Simpel Bikin Royal Tea, Koktail Halal yang Tak Kalah Segar!

3. Mencampur jus apel, sirup maple, jus lemon, dan es batu ke dalam shaker

Resep Tom Collins Non Alkohol, Mocktail Klasik yang Menyegarkan!ilustrasi memasukkan bahan-bahan pada shaker (content.kegworks.com)

Penggunaan shaker tentunya menjadi hal terpenting saat membuat menu ini. Shaker berfungsi untuk mencampurkan semua bahan secara merata.

Caranya adalah dengan memasukkan semua bahan. terkecuali soda, ke dalam shaker. Kocoklah hingga bagian gelas terasa lebih dingin.

4. Pindahkan pada gelas saji dan tuangkan soda

Resep Tom Collins Non Alkohol, Mocktail Klasik yang Menyegarkan!ilustrasi menuangkan minuman pada gelas saji (mensjournal.com)

Setelah selesai dengan shaker, maka persiapkan gelas saji. Kamu dapat mulai menuangkan campuran minuman ini pada gelas saji yang telah disediakan.

Setelah itu, tuangkan soda secukupnya di gelas saji. Penambahan soda tentunya makin melengkapi menu minuman yang satu ini.

5. Sajikan selagi dingin dengan garnish

Resep Tom Collins Non Alkohol, Mocktail Klasik yang Menyegarkan!ilustrasi minuman tom collins halal (inspiredtaste.net)

Tentu saja kamu langsung dapat menyajikan menu minuman ini selagi dingin. Sebelum itu, jangan lupa tambahkan garnish pada bagian mulut dari gelas saji.

Kamu bisa langsung menikmati minuman ini secara segar tanpa perlu dimasukan ke dalam lemari pendingin karena sudah menggunakan es batu. Sajian ini tentunya sangat menyegarkan. Apalagi jika dinikmati saat cuaca sedang terik.

Membuat menu minuman ini versi halal menggunakan bahan-bahan non alkohol ternyata tetap memberikan kesegaran yang sebanding, kok. Tunggu apalagi, segera coba bikin sendiri di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Chocolate Martini Halal, Menu Minuman Segar Tanpa Alkohol

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya