Comscore Tracker

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyah

Cocok jadi camilan saat musim hujan

Akhir tahun menandakan masuknya waktu musim hujan. Saat musim hujan rawan terjadi penurunan kekebalan tubuh. Supaya tidak mudah sakit, usahakan mengonsumsi makanan hangat atau bermanfaat meningkatkan imun.

Jahe menjadi salah satu rempah yang wajib dikonsumsi kala musim hujan tiba. Selain dibuat minuman, jahe juga bisa dikreasikan menjadi camilan nikmat, lho. Kamu bisa coba kreasi kue jahe nikmat asal Korea, yakni maejakgwa.

Maejakgwa punya lapisan sirup manis bertabur kacang pinus yang lezat. Selain itu, kuenya yang bertekstur renyah dijamin bikin mulut gak bisa berhenti ngunyah. Cara membuat kue jahe asal Korea Selatan ini gak sulit, kok.

1. Bahan membuat kue maejakgwa

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyahilustrasi bahan maejakgwa (unsplash.com/@ivvndiaz)

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1 ruas jahe
  • 1/2 sdt garam
  • 1 gelas air
  • 2 sdm kacang pinus
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • gula pasir secukupnya
  • minyak sayur untuk menggoreng

2. Uleni adonan kue dengan tangan

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyahilustrasi menguleni adonan (unsplash.com/@kiboka)

Cuci bersih jahe, lalu kupas kulitnya. Kemudian, parut dan peras sarinya dengan saringan. Sisihkan air perasan ke dalam wadah.

Setelah itu, siapkan wadah berukuran besar. Masukkan tepung terigu, garam, gula, air, dan air perasan jahe ke dalamnya. Campur semua sampai merata. 

Jika sudah tercampur, uleni adonan dengan tangan selama kurang lebih 20 menit. Apabila adonan sudah terulen, masukkan adonan kue ke dalam kantong plastik, lalu diamkan sekitar 30 menit. 

3. Ratakan adonan dengan rolling pin

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyahilustrasi meratakan adonan (unsplash.com/@ambermaxwellboydell)

Supaya tidak lengket, taburkan tepung di alas kerja dan rolling pin. Keluarkan adonan dari kantong plastik, lalu ratakan menggunakan rolling pin.

Bentuk adonan menjadi lembaran persegi panjang berukuran 50 cm x 40 cm dengan tebal sekitar 2 mm. Kemudian, potong lembaran adonan membentuk persegi panjang kecil. Sisihkan ke dalam wadah tanpa membuatnya lengket.

Baca Juga: Resep Milssam, Risoles Asal Korea yang Cocok untuk Camilan Keluarga

4. Bentuk dan goreng kue jahe hingga matang

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyahilustrasi bentuk maejakgwa (instagram.com/@na_paleczkach)

Maejakgwa punya bentuk kue yang unik. Untuk membentuknya, iris tiga celah di bagian tengah setiap adonan. Ambil salah satu ujung adonan, lalu puntir dan gulung ujungnya melalui bagian tengah celah. Bentuk menjadi pilinan pita.

Selanjutnya, letakkan wajan di atas kompor. Panaskan minyak sayur di dalamnya. Jika sudah panas, masukkan adonan ke dalam minyak dan goreng hingga matang. Jika kue sudah matang, segera angkat dan tiriskan.

5. Masak sirup untuk lapisan kue

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyahilustrasi memasak sirup gula (pexels.com/@cottonbro)

Lapisan sirup membuat tampilan dan rasa kue lebih enak. Cara membuatnya mudah, masukkan 1/2 cangkir air dan 1/2 cangkir gula pasir ke dalam panci. 

Masak selama sekitar 20 menit dengan api kecil. Biarkan mendidih hingga separuh airnya menguap. Jika sirup sudah mengental, matikan apinya dan tambahkan kayu manis bubuk. Aduk hingga rata.

6. Sajikan kue maejakgwa selagi hangat

Resep Maejakgwa, Kue Jahe Asal Korea yang Manis dan Renyahilustrasi sajian maejakgwa (instagram.com/@gamasot)

Ambil pisau, lalu cincang kasar kacang pinus. Kacang pinus berfungsi untuk menghias sekaligus menambah cita rasa kue. 

Masukkan kue ke dalam panci sirup. Supaya sirup terlapis merata, aduk perlahan kue dan sirup. Angkat dan letakkan kue di piring.

Taburkan kacang pinus cincang di atasnya Maejakgwa sudah jadi dan bisa kamu nikmati bersama secangkir teh hangat.

Resep maejakgwa, kue jahe khas Korea Selatan ini bisa kamu ikuti di rumah. Camilan sehat ini bakal bikin kamu gak berhenti mengunyah, deh. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Kue Jahe Khas Sukabumi, Renyah dan Kaya Rempah

Firda Widi Astuti Photo Verified Writer Firda Widi Astuti

Berusaha menjadi pribadi yang baik, dengan terus belajar, membaca, dan menulis. | IG: @firdaus_wa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya