Comscore Tracker

Resep Stik Bawang yang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Isi Stoples Lebaran

Bikin cemilan yang gampang dan anti ribet! 

Bagi banyak orang, cemilan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Teksturnya yang renyah berpadu dengan rasanya yang gurih menjadikannya disukai hampir semua kalangan.

Selain rasanya yang gurih, bentuknya juga sangat memungkinkan menjadi teman kala berkumpul. Itulah mengapa, stik bawang juga bisa jadi inspirasi untuk isian stoplesmu saat lebaran nanti.

Tertarik untuk membuat stik bawang yang satu ini? Yuk, simak resep lengkapnya di bawah ini.

1. Persiapkan bahan-bahannya 

Resep Stik Bawang yang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Isi Stoples LebaranIlustrasi bahan pembuat stik bawang (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 110 ml air
  • 3 sdm margarin
  • 1 batang daun bawang, potong cincang
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 3/4 sdt kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupya

2. Campurkan beberapa bahan 

Resep Stik Bawang yang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Isi Stoples LebaranIlustrasi mencampurkan bahan-bahan pembuat stik bawang (pexels.com/Nicole Michalou)

Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur.

Lelehkan margarin diatas wajan dan tumis bawang putih bersama margarin hingga wangi. Setelah wangi, masukkan ke campuran tepung tadi. Masukkan juga daun bawang.

Tambahkan air secara bertahap ke dalam adonan sambil diaduk. Setelah itu mulailah aduk menggunakan tangan hingga semuanya menyatu dan berbentuk adonan.

Baca Juga: Resep Keripik Tortilla, Camilan untuk Teman Ngumpul saat Lebaran!

3. Potong-potong adonan 

Resep Stik Bawang yang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Isi Stoples LebaranIlustrasi memotong adonan stik bawang (pexels.com/Katerina Holmes)

Potong adonan menjadi empat bagian. Ambil satu bagian kemudian gilas dengan rolling pin sampai tipis. Potong-potong adonan yang tipis hingga menghasilkan potongan adonan kecil-kecil berbentuk stik. Lakukan hal yang sama untuk bagian adonan lainnya hingga habis.

4. Goreng potongan adonan 

Resep Stik Bawang yang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Isi Stoples LebaranIlustrasi menggoreng adonan stik bawang (pandurul.ro)

Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng. Setelah minyak panas, masukkan potongan adonan kedalam minyak. Goreng hingga mulai terlihat kekuningan. Angkat jika sudah mulai tidak terlihat buih.

5. Stik bawang siap disajikan 

Resep Stik Bawang yang Renyah dan Gurih, Bisa Jadi Isi Stoples LebaranStik bawang yang sudah jadi (instagram.com/riezyoungi)

Dinginkan stik bawang yang sudah digoreng. Setelah itu sajikan di piring. Bisa juga kamu masukkan ke toples. Kamu bisa menjadikannya sebagai cemilan teman bersantai ataupun cemilan kala lebaran nanti.

Mudah bukan cara membuat stik bawang satu ini? Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kacang Bawang Empuk untuk Camilan Lebaran, Begini Caranya!

Maman JR Photo Writer Maman JR

Love what you do and do what you love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya