Resep Pudding Tart, Dessert Khas Jerman yang Lumer Banget!

Rasanya begitu memanjakan lidah

Yang suka jajan pasti gak asing sama egg tart alias pie custard. Rasanya yang creamy benar-benar bikin ketagihan. Salah satu jenis egg tart paling terkenal adalah yang berasal dari Hong Kong. Namun, tahukah kamu kalau juga ada yang dari Jerman?

Namanya adalah german pudding tart. Ukurannya lebih besar dengan kulit pai lebih tebal. Semisal kamu pengin bikin sendiri di rumah, ikuti resep membuatnya di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan membuat german pudding tart

Resep Pudding Tart, Dessert Khas Jerman yang Lumer Banget!ilustrasi bahan-bahan (unsplash.com/LAUREN GRAY)

Bahan kulit pai:

  • 210 gram tepung serbaguna,
  • 80 gram gula halus,
  • 70 gram mentega tawar,
  • 50 gram telur kocok,
  • 1 sdm susu bubuk, dan
  • 1/4 sdt garam.

Bahan isian:

  • 125 gram heavy cream,
  • 100 gram susu segar,
  • 2 butir kuning telur,
  • 1 sdm gula pasir, dan
  • 1 sdm susu bubuk.

Bahan lainnya:

  • saus cokelat secukupnya dan
  • bubuk cokelat secukupnya.

2. Campur bahan kulit pai hingga jadi adonan

Resep Pudding Tart, Dessert Khas Jerman yang Lumer Banget!ilustrasi menambahkan tepung ke adonan (unsplash.com/Ben McLeod)

Terlebih dahulu, panaskan oven hingga suhunya mencapai 170 derajat Celsius. Di waktu yang bersamaan, kocok gula bubuk dan mentega menggunakan mikser hingga lembut.

Selanjutnya, ayak tepung dan garam. Kemudian, masukkan ke campuran mentega bersamaan dengan telur kocok dan susu bubuk. Aduk dengan spatula hingga terbentuk adonan.

3. Bagi adonan kulit pai, lalu tekan hingga menutupi permukaan cetakan

Resep Pudding Tart, Dessert Khas Jerman yang Lumer Banget!ilustrasi adonan yang telah dibagi-bagi (pixabay.com/Skitterphoto)

Setelah adonan kulit pai german pudding tart terbentuk, bagi menjadi potongan-potongan seberat kurang lebih 40 gram. Bentuk adonan menjadi bundar.

Berikutnya, siapkan loyang atau cetakan pai mini. Lapisi dengan mentega atau cooking spray supaya pudding tart mudah dikeluarkan. Kemudian, tekan adonan kulit pai hingga seluruh permukaan loyang atau cetakan tertutupi.

Baca Juga: Resep Hong Kong Egg Tart, Sensasi Lembut Renyah Si Telur Emas

4. Buat isian german pudding tart

Resep Pudding Tart, Dessert Khas Jerman yang Lumer Banget!ilustrasi mengocok adonan (freefoodphotos.com)

Di dalam wadah, kocok kuning telur, susu, heavy cream, gula pasir, dan susu bubuk dengan whisk. Pastikan semua bahan larut dan tercampur dengan sempurna.

Untuk memastikan tidak ada gumpalan, saring isian german pudding tart. Setelah itu, tuang isian ke setiap adonan pada loyang atau cetakan tadi.

5. Panggang german pudding tart, lalu beri saus dan bubuk cokelat

Resep Pudding Tart, Dessert Khas Jerman yang Lumer Banget!ilustrasi memanggang (pixabay.com/Gaertringen)

Langkah berikutnya adalah memanggang pudding tart. Panggang adonan selama kurang lebih 20–25 menit atau sampai kulit pai serta isiannya matang dan berubah kecokelatan.

Setelah matang, tuang saus cokelat di bagian isian. Jangan lupa beri taburan bubuk cokelat di atasnya sebagai sentuhan terakhir. German pudding tart pun sudah siap kamu santap!

Gak perlu jauh-jauh pergi ke Jerman untuk menyantap german pudding tart karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau kamu sudah mencoba resep di atas, jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Serba-serbi Cheese Tart, Bikin Penggemar Keju Makin Kalap!

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya