Comscore Tracker

Resep Roti Tawar Tanpa Susu, Telur, dan Mentega, Lembut Banget!

Tanpa ketiga bahan tersebut, roti tetap enak

Di saat buru-buru berangkat kerja atau sekolah, roti tawar memang paling pas untuk mengganjal perut. Supaya rasanya makin nikmat, kamu tinggal mengoleskan selai stroberi atau srikaya di atasnya. Namun, kalau persediaan roti di rumah habis, gimana, dong?

Gak perlu bingung, kamu bisa membuatnya roti tawar sendiri. Bahkan, resep roti tawar di bawah ini gak mengharuskanmu menambahkan susu, telur, maupun mentega, lho. Tenang, rasa dan teksturnya tetap cocok di lidahmu.

1. Siapkan bahan-bahannya, yuk!

Resep Roti Tawar Tanpa Susu, Telur, dan Mentega, Lembut Banget!ilustrasi tepung (pixabay.com/hewq)

Bahan-bahan:

  • 375 gram tepung serbaguna atau tepung terigu protein tinggi
  • 250 ml air hangat
  • 60 ml minyak
  • 50 gram gula
  • 2 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam

2. Campurkan semua bahan hingga jadi adonan

Resep Roti Tawar Tanpa Susu, Telur, dan Mentega, Lembut Banget!ilustrasi mencampur bahan (pixabay.com/hewq)

Campurkan air dan ragi instan di dalam wadah. Masukkan gula, garam, dan minyak, lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan pula tepung secara perlahan.

Dengan menggunakan spatula, aduk kembali hingga terbentuk adonan. Kalau sudah, tutup wadah dengan kain atau plastic wrap dan diamkan selama 15 menit hingga mengembang.

3. Uleni adonan sampai kalis elastis

Resep Roti Tawar Tanpa Susu, Telur, dan Mentega, Lembut Banget!ilustrasi mengulen adonan (pixabay.com/MorningbirdPhoto)

Setelah didiamkan, pindahkan adonan ke atas meja bersih yang telah ditaburi tepung. Uleni selama kurang lebih 7 menit dengan cara melipat dan membanting hingga adonannya terasa lembut dan kalis.

Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bulat dan tempatkan di wadah yang sudah dilumuri minyak. Istirahatkan adonan sampai mengembang selama 1 jam.

Baca Juga: Resep Roti Tawar Pandan Kukus, Aromanya Wangi dan Teksturnya Lembut

4. Pipihkan adonan, lalu bentuk seperti balok

Resep Roti Tawar Tanpa Susu, Telur, dan Mentega, Lembut Banget!ilustrasi menggiling adonan (pixabay.com/webandi)

Taburkan tepung di atas adonan yang telah mengembang, lalu uleni supaya gas di dalamnya. Kemudian, letakkan kembali ke meja. Supaya tidak lengket, berikan tepung.

Selanjutnya, tekan dan tarik adonan sampai memanjang. Ambil rolling pin dan giling adonan sampai memanjang. Kemudian, gulung menyerupai balok kayu.

5. Panggang roti selama 35–40 menit

Resep Roti Tawar Tanpa Susu, Telur, dan Mentega, Lembut Banget!ilustrasi memanggang (freepik.com/ArthurHidden)

Panaskan oven hingga mencapai suhu 180 derajat Celcius terlebih dahulu. Di waktu yang bersamaan, lumuri loyang roti tawar berukuran 20x10x10 cm dengan minyak atau mentega.Kemudian, masukkan adonan ke dalamnya.

Sebelum dipanggang, diamkan kembali adonan selama 45–55 menit. Apabila ukuran adonan sudah menjadi dua kali lebih besar, panggang dalam kisaran waktu 35–40 menit. Setelah matang, biarkan roti tawar dingin sejenak.

Kalau sudah dingin, kamu bisa langsung memakannya atau menyantapnya bersama topping kesukaanmu. Lembutnya bikin nagih, deh.

Baca Juga: Resep Pizza Roti Tawar, Menu Sarapan Pagi yang Praktis

E И C E K ꓵ B I И Ɐ Photo Verified Writer E И C E K ꓵ B I И Ɐ

Wɑn cɑʁᴉ ĸԍʁᒉɑ λɑuმ pᴉƨɑ ʁԍpɑμɑu ϝԍʁnƨ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya