Comscore Tracker

Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!

Memangnya bisa?

Bagi kamu yang menderita GERD atau asam lambung, biasanya kamu mengonsumsi antasida atau obat maag untuk meredakannya. Namun ternyata, obat tersebut juga bisa kamu sulap menjadi kue, lho!

Sulit dipercaya, tapi kanal YouTube emmymade telah membuktikan kalau kamu memang bisa membuat kue dengan obat maag. Tenang, hasilnya gak bantat dan rasanya cukup lezat. Kira-kira, gimana cara masaknya? Langsung saja, check this out!

1. Sedikit informasi tentang obat maag ENO

Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!kemasan ENO antacid (flickr.com/Matthew Paul Argall)

Merk obat maag yang dipakai dalam resep tersebut adalah ENO. Juga dikenal sebagai fruit salt atau 'garam buah', obat antasida yang satu ini dikonsumsi untuk meredakan gangguan pencernaan, maag, hingga asam lambung. Jadi, penggunaannya kurang lebih sama dengan promag, mylanta, dan obat maag lainnya.

Adapun alasan penggunaan ENO dalam memasak kue karena kandungannya yang mirip dengan baking powder. Sebagai perbandingan, ENO mengandung natrium bikarbonat, natrium karbonat, dan asam sitrat anhidrat, sedangkan kandungan baking powder berupa natrium bikarbonat, asam tartarat, dan maizena.

Kehadiran zat asam dan basa tersebutlah yang memungkinkan kue mengembang. Nah, itu sebabnya ENO dapat digunakan sebagai bahan pengembang pengganti baking powder.

Hanya saja, penulis tidak yakin dengan obat maag merk lain karena kandungannya berbeda. Sebagai contoh, promag mengandung magnesium hidroksida, simethicone, dan hydrotalcite. Jadi, kalau pengen membuat kue ini, lebih baik pakai ENO saja.

2. Siapkan bahan-bahannya dulu, yuk!

Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!ilustrasi biskuit oreo (pixabay.com/StockSnap)

Bahan-bahan utama:

  • 250 gram biskuit bourbon (bisa beli Roma Chocolate Sandwich) atau oreo yang dihaluskan,
  • 237 ml susu,
  • 1 sdt obat maag ENO, dan
  • chocolate chip atau kacang pecan secukupnya (opsional).

Bahan-bahan untuk membuat ENO di rumah:

  • bubuk asam sitrat,
  • baking soda, dan
  • garam.

Baca Juga: Resep Kue Kamir Pandan, Kue Manis Khas Pemalang Mirip Pancake!

3. Haluskan biskuit, lalu campur dengan susu dan obat maag

Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!ilustrasi adonan (unsplash.com/Joanna Rae Lopez)

Terlebih dahulu, hancurkan biskuit dengan menggunakan food processor sampai halus seperti tepung. Tempatkan biskuit yang dihaluskan ke dalam wadah, lalu tuang setengah susu ke dalamnya.

Dengan spatula, aduk hingga taburan biskuitnya bercampur dengan susu. Setelah itu, tuang sisa susunya dan aduk kembali. Jangan lupa tambahkan satu sendok teh obat maag ENO-nya, lalu aduk sekali lagi supaya tercampur merata. Pastikan adonan tidak menggumpal.

4. Kukus atau panggang adonan kue obat maag-nya

Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!ilustrasi memanggang adonan (unsplash.com/Gabriel Tovar)

Siapkan loyang bundar berdiameter 12 cm. Minyaki loyang tersebut, lalu tuang adonan ke dalamnya. Supaya semakin nikmat, beri taburan kacang pecan atau chocolate chip. Sedikit tips, lumuri chocolate chip dengan tepung agar nantinya tidak tenggelam di dasar roti.

Adonan kuenya bisa kamu masak dengan dua cara. Pertama, kukus adonan selama kurang lebih 25 menit dengan api kecil. Kedua, panggang dalam oven dengan api 177 derajat Celsius selama 25–30 menit.

Cara lain untuk melihat kematangan kue adalah dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Apabila masih ada adonan yang menempel, kue belum matang dan kamu masih perlu memasaknya beberapa saat lagi.

5. Biarkan kue dingin sepenuhnya sebelum disantap

Resep Simpel Membuat Kue dari Obat Maag, Cuma Butuh 4 Bahan!tampilan kue obat maag berbahan oreo yang sudang matang (dok. YouTube/emmymade)

Setelah matang, kamu masih perlu membiarkan kuenya dingin terlebih dahulu. Hal ini karena, berdasarkan pengalaman Emmy, cita rasa kue lebih terasa setelah didinginkan sepenuhnya.

Jangan takut kuenya gak enak karena untuk olahan berbahan biskuit dan obat maag, makanan yang satu ini cukup nikmat di lidah. Teksturnya lembut dan gak bantat. Jadi, pastinya gak bakalan ngecewain, deh. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Kue Koyabu, Olahan Kue Kelapa Khas Manado

E И C E K ꓵ B I И Ɐ Photo Verified Writer E И C E K ꓵ B I И Ɐ

Wɑn cɑʁᴉ ĸԍʁᒉɑ λɑuმ pᴉƨɑ ʁԍpɑμɑu ϝԍʁnƨ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya