Comscore Tracker

Resep Tumis Tahu Jamur Bumbu Kuning, Sedapnya Nagih!

Cocok banget dimakan dengan nasi

Jamur adalah salah satu bahan masakan yang kerap diolah menjadi berbagai macam masakan. Mulai dari menjadi gorengan hingga sup. Namun, jamur juga bisa diolah bersama tahu yang menjadikan makanan ini tinggi protein.

Salah satunya melalui resep tumis tahu jamur bumbu kuning. Resep jamur dengan perpaduan tahu ini cocok dijadikan lauk teman makan nasi. Cobain, yuk!

1. Bahan yang dibutuhkan

Resep Tumis Tahu Jamur Bumbu Kuning, Sedapnya Nagih!ilustrasi bahan-bahan masakan (pixabay.com/benniaotang)

Bahan utama:

  • 5 buah tahu kuning
  • 50 gram jamur merang
  • 1 buah tomat
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 buah cabai merah, iris halus
  • 1 buah cabai hijau, iris halus
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 250 ml air
  • 2 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bahan bumbu halus:

  • 4 butir bawang merah 
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit

2. Bersihkan, potong-potong tahu dan jamur merang, lalu goreng tahunya

Resep Tumis Tahu Jamur Bumbu Kuning, Sedapnya Nagih!ilustrasi memotong jamur (youtube.com/@resepbundaayu)

Pertama-tama langkah yang kamu lakukan adalah bersihkan tahu dan jamur menggunakan air. Saat membersihkan tahu perlahan ya, agar tahu tidak hancur.

Nah, setelah keduanya dibersihkan kamu bisa potong tahu menjadi kotak-kotak dadu. Kemudian potong jamur merang menjadi dua bagian. Setelah kamu kamu potong menjadi dua bagian kamu bisa rendam jamur merangnya dengan air panas.

Kemudian, langkah selanjutnya kamu siapkan wajan, lalu tambahkan minyak goreng. Nyalakan kompor dan tunggu hingga minyak menjadi panas. Setelah minyak sudah panas kamu bisa masukkan potongan tahu, lalu goreng semua tahunya hingga setengah matang.

3. Haluskan bahan bumbu, lalu tumis bumbunya

Resep Tumis Tahu Jamur Bumbu Kuning, Sedapnya Nagih!menumis bumbu (youtube.com/@crcook)

Langkah selanjutnya kamu bisa buat bumbu kuningnya. Pertama kamu bisa siapkan blender terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan semua bahan bumbu ke dalam blender, dan haluskan hingga benar-benar halus. Jika tidak memiliki blender, kamu bisa menggunakan cobek. Namun, kamu harus menghaluskannya hingga benar-benar halus.

Setelah itu kamu bisa siapkan wajan untuk menumis bumbu. Kemudian letakkan 2 sdm minyak goreng dan tunggu hingga wajan panas. Setelah itu, masukkan bumbu yang sudah kamu haluskan tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk bumbu hingga harum. Kemudian masukkan daun salam, lengkuas, cabai merah, dan cabai hijau. Aduk-aduk lagi.

Baca Juga: Resep Jamur Cabai Garam, Camilan Pedas yang Enak dan Bikin Nagih

4. Masukkan jamur merang, tahu, dan bahan lainnya

Resep Tumis Tahu Jamur Bumbu Kuning, Sedapnya Nagih!memasukkan tahu (youtube.com/@dapurmama)

Nah, setelah bahan yang tadi kamu masukkan sudah berubah warna dan menyatu dengan bumbu, sekarang kamu bisa masukkan jamur merang dan tomat yang sudah kamu potong-potong tadi. Aduk-aduk hingga tomat layu dan jamur menciut ukurannnya. 

Kemudian langkah selanjutnya kamu bisa masukkan tahu kuning yang sudah kamu potong-potong dan goreng tadi. Setelah itu kamu aduk-aduk lagi hingga semuanya tercampur rata.

5. Masukkan air, garam, gula pasir, dan tunggu hingga matang, lalu sajikan

Resep Tumis Tahu Jamur Bumbu Kuning, Sedapnya Nagih!menu yang sudah disajikan (instagram.com/@wayan_rika_pratiwi

Langkah terakhir adalah masukkan 250 ml air. Kemudian kamu aduk hingga tercampur dengan bumbu. Setelah itu kamu bisa masukkan garam, dan gula pasir. Lalu aduk-aduk lagi hingga tercampur semua. Sekarang kamu tinggal tunggu hingga hingga kuahnya menyusut. Jika kuah sudah menyusut kamu bisa matikan kompor dan angkat masakannya.

Nah, sekarang kamu tinggal sajikan tumisan yang sudah kamu buat tadi. Dan kamu bisa tambahkan irisan daun bawang agar lebih sedap rasanya. Dengan begitu tumis tahu jamur bumbu kuning yang kamu buat tadi sudah bisa kamu santap bersama keluarga atau orang terdekat kamu.

Gimana, mudah dan simpel bukan cara membuat resep tumis tahu jamur bumbu kuning di atas? Untuk itu, sekarang kamu bisa langsung saja coba buat resep tumis tahu jamur merang bumbu kuningnya sendiri di rumah.

Baca Juga: 6 Fakta Jamur Tudung Pengantin, Jamur Eksotis Berbau Bangkai

Fitran Briliano Photo Verified Writer Fitran Briliano

Just a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya