Comscore Tracker

5 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan Praktis

Lebih enak dan creamy di mulut

Yoghurt adalah susu yang dibuat dengan cara fermentasi, dan salah satu minuman yang banyak digunakan sebagai menu wajib dalam menjalani pola hidup sehat. Sebab, yoghurt memiliki sejuta manfaat di dalam kandungannya seperti tinggi protein, kalsium dan lemak sehat yang sangat baik untuk tubuh.

Meski diolah secara fermentasi, tapi yoghurt menghasilkan bakteri baik, oleh sebab itu minuman ini sering dianggap sehat untuk meningkatkan nutrisi dalam tubuh. Kita pun bisa, lho membuat yoghurt sendiri di rumah, begini cara mudah dalam membuatnya lebih sehat dan praktis.

1. Bahan-bahan yoghurt 

5 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan PraktisIlustrasi susu (pexels.com/cottonbro studio)

Bahan:

  • 1 liter susu segar
  • 2 sdm plain yoghurt, dengan kandungan bakteri probiotik

2. Cara mudah membuat yoghurt 

5 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan PraktisIlustrasi memasak susu (pexels.com/furkanfdemir)

Cara membuat yoghurt adalah menyiapkan dua bahan terlebih dahulu yaitu susu cair dan plain yoghurt secukupnya. Jika sudah dipersiapkan, barulah kita membuatnya yaitu langkah pertama adalah menuangkan satu liter susu segar ke dalam panci, lalu panaskan di atas api kecil, masak sambil diaduk pelan-pelan.

Dalam membuat proses ini berfungsi untuk mengubah struktur protein pada susu supaya dapat berubah jadi padat. Untuk memanaskan susu, pastikan jangan sampai panas mendidih, ya untuk menghindari hangus di bagian bawah.

Baca Juga: 6 Perbedaan Greek Yoghurt dan Yoghurt Biasa, Gak Hanya Beda Kandungan

3. Campurkan susu dengan plain yoghurt 

5 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan PraktisIlustrasi susu (pexels.com/Jill Wellington)

Jika susu sudah lumayan panas, segera angkat dan letakkan ke dalam wadah yang telah diisi air, hal ini untuk mendinginkan susu terlebih dahulu. Setelah panci berisi susu tersebut masuk ke dalam baskom isi air, aduklah susu pelan-pelan sampai suhu susu mendingin.

Jika sudah cukup dingin, masukkan plain yoghurt ke dalam susu tersebut, aduk-aduk perlahan hingga tercampur rata. Setelah rata keseluruhannya, siap-siap untuk dipindahkan ke dalam stoples bersih.

4. Diamkan dalam wadah untuk proses inkubasi 

5 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan PraktisIlustrasi susu dalam stoples (pexels.com/Burst)

Bila sudah diaduk rata, tuangkan campuran susu tersebut ke dalam stoples bersih, kemudian tutup rapat sampai tidak ada udara yang masuk ke dalamnya, hal ini supaya proses inkubasinya dapat berjalan dengan lancar.

Jika terjadi proses inkubasi, diamkan saja agar bakterinya tumbuh dan berkembang. Proses ini memerlukan waktu sekitar 7 jam lamanya, bila semakin lama didiamkan maka tingkat keasamannya akan semakin tinggi serta terksturnya jadi lebih kental.

5. Masukkan yoghurt ke dalam lemari pendingin, dan nikmati 

5 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan PraktisIlustrasi yoghurt (pexels.com/Any Lane)

Setelah selesai menjalani proses tersebut selama kurang lebih tujuh jam, kini masukkan yoghurt ke dalam lemari es atau kulkas hingga beberapa jam sebelum dikonsumsi. Supaya yoghurt lebih awet atau bisa memperpanjang waktu sebelum tanggal kadaluarsanya tiba, kurang lebih hingga satu atau dua minggu kedepan.

Saatnya kamu bisa menikmati yoghurt buatan sendiri. Dijamin rasanya seenak minuman yoghurt asli karena dibuat secara alami dan tentunya lebih sehat dan praktis. Oh ya, nanti kamu bisa menambahkan rasa favorit pada yoghurt dengan buah-buahan, pasti lebih mantap dan menyehatkan.

Baca Juga: 5 Minuman Berbasis Yoghurt dengan Buah-buahan, Segarnya Double!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya