Comscore Tracker

5 Tips Membuat Mi Instan Lebih Kenyal dan Senikmat Warkop

Solusi bikin mi makin lezat!

Hampir semua orang suka mi instan karena praktis dan juga enak. Cara membuatnya pun mudah, dari membuka bungkusnya, mengolahnya hingga menyajikannya, dan hasilnya tentu sangat menggoda selera.

Itulah hal biasa yang kita lakukan ketika memasak mi. Akan tetapi, sebenarnya ada cara yang lebih tepat lagi dalam memasak mi supaya hasilnya lebih kenyal dan lebih enak. Mau tahu gimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Siram menggunakan air panas

5 Tips Membuat Mi Instan Lebih Kenyal dan Senikmat WarkopIlustrasi mi disiram air panas (mashed.com)

Biasanya orang akan memasukkan mi saat air mendidih, tapi hal itu justru membuat hasil mi terasa lembek dan tidak kenyal, lho. Sebelum dimasak, sebaiknya mi disiram air panas terlebih dahulu.

Hal itu sangat baik untuk dilakukan supaya dapat menjaga kebersihan dan membuat lapisan tepung mi terlepas. Proses itulah membuat tekstur mi menjadi lebih kenyal dan lembut saat diolah. 

2. Seduh dan direndam

5 Tips Membuat Mi Instan Lebih Kenyal dan Senikmat WarkopIlustrasi mi direndam air panas (wokandkin.com)

Ada beberapa jenis mi seperti mi basah atau mi telur, sebaiknya diseduh dan direndam air panas terlebih dahulu. Proses tersebut menjadikan tekstur mi agak lemas tapi tidak lunak.

Gunakan air panas bersuhu 70 derajat Celcius, sementara untuk waktu merendamnya cukup sekitar 15-20 menit. Namun ingat ya, jangan pakai air mendidih tapi air panas agar tidak terlalu lembek hasilnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Nugget Berbahan Dasar Mi Instan, Enak Banget!

3. Cara merebus mi yang tepat

5 Tips Membuat Mi Instan Lebih Kenyal dan Senikmat WarkopIlustrasi merebus mi (eatbook.sg)

Untuk cara merebus mi, ada yang harus diperhatikan dulu, nih biar hasilnya lebih enak. Caranya mudah, kok yaitu kuncinya ada pada durasi waktu merebusnya. Waktu merebus mi yang tepat adalah cukup 5 menit saja, atau sesuai petunjuk yang ada di bungkusnya.

Setelah itu, segera angkat dan tiriskan mi, lalu siram mi menggunakan air mengalir hingga mi agak dingin. Metode tersebut supaya proses pematangannya berhenti. Lalu, tiriskan kembali sebelum mi diolah bersama bumbu lainnya.

4. Berikan tambahan minyak goreng

5 Tips Membuat Mi Instan Lebih Kenyal dan Senikmat WarkopIlustrasi bihun dikasih minyak sedikit (carlsbadcravings.com)

Mi telur dan mi bihun merupakan jenis mi yang biasanya mudah lengket ketika diolah. Tapi tenang, ada solusinya nih untuk mencegah hasil mi hancur akibat kelengketan tersebut.

Solusinya adalah berikan tambahan sedikit minyak goreng di air rebusan atau rendaman.
Lalu, diaduk perlahan agar mi tidak saling menempel dan tidak lengket di dasar panci, dan tidak menjadi gosong.

5. Cara menggoreng mi yang tepat

5 Tips Membuat Mi Instan Lebih Kenyal dan Senikmat WarkopIlustrasi menggoreng mi (thewoksoflife.com)

Suka pernah kejadian gak ketika menggoreng mi namun hasilnya jadi kurang sempurna? Contohnya, mi malah banyak yang lengket di wajan, atau bentuk mi jadi gak sempurna alias lembek seakan tidak nikmat dipandang.

Mungkin ada yang perlu dikoreksi, yaitu cara menggorengnya sudah tepat atau belum.
Karena, dikutip dari buku Resep Mi & Pasta Favorit karya Ide Masak, menyebutkan bahwa ada 2 cara tepat menggoreng mi supaya hasilnya lebih maksimal yaitu dengan banyak minyak (deep frying) atau dengan sedikit minyak (tumis).

Untuk menggoreng mi, gunakan minyak agak banyak dengan api sedang supaya teksturya kering dan matang sempurna. Sedangkan untuk menumis mi, gunakan sedikit minyak yang sudah panas dengan api sedang, dan masak menggunakan wajan anti lengket agar mi tidak gosong dan tidak lengket.

 

Setelah menyimak kelima tips tadi, sekarang lebih paham tentang cara membuat mi agar lebih enak dan sempurna, kan? Semoga 5 tips tadi bisa diterapkan ketika ingin masak mi, ya biar hasilnya lebih mantap dan senikmat di warung kopi.

Baca Juga: 5 Resep Mi Instan yang Enak dan Gak Biasa, Dijamin Nagih!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya