Comscore Tracker

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!

Cita rasa manis dan gurihnya menggugah selera!

Buah alpukat memang digadang-gadang jadi buah paling hits tahun ini. Kalau biasanya alpukat hanya sering diolah menjadi jus, sekarang banyak varian lain olahan alpukat yang tersedia. Contohnya saja sekarang lagi hits banget, brownies alpukat dan alpukat kocok.

Mumpung lagi hits, kenapa kamu gak sekalian mencoba varian lain dari olahan alpukat di mancanegara. Gak cuma rasa manis, juga ada olahan alpukat yang menawarkan kombinasi rasa manis dan gurih lho. Penasaran? Berikut 6 olahan alpukat khas mancanegara yang harus kamu coba.

1. Crème de Abacate - Brazil

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!paulabollinger.com

Crème de Abacate atau krim alpukat yang ini merupakan makanan penutup khas dari Brazil. Krim alpukat ini menawarkan rasa manis alpukat yang dicampur dengan rasa asam nan segar dari buah lemon.

Jika kamu ingin mencoba membuatnya di rumah, kamu cukup menyediakan buah alpukat yang telah ranum, susu, gula halus dan air perasan lemon atau jeruk nipis. Pisahkan daging alpukat dengan bijinya, lalu haluskan dengan menambahkan susu, gula halus dan air perasan lemon. Setelah teksturnya berubah menyerupai krim, kamu bisa lansung menikmati Crème de Abacate khas Brazil ini.

2. Causa Limeña - Peru

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!sortedfood.com

Makanan khas Peru yang terdiri dari beberapa lapisan atau layer ini dikenal dengan nama Causa Limeña. Selain alpukat, kentang juga menjadi bahan utama dari hidangan ini. Nah, untuk bahan biasanya kamu butuh kentang, alpukat, mayones, pasta cabai, telur, tomat, daun ketumbar, cabai rawit, buah zaitun, dan daging kepiting atau udang.

Untuk lapisan pertama, kentang yang telah direbus, dilumatkan dan dicampur dengan air perasan jeruk nipis, pasta cabai, dan bumbu penyedap rasa. Untuk lapisan kedua, tomat yang telah dicincang halus dicampur dengan mayones, daging kepiting atau udang, dan cabai rawit. Jang lupa tambahkan sedikit garam, agar cita rasanya semakin kentara.

Setelah adonan untuk masing - masing lapisan selesai, bulatkan adonan, pipihkan dan tumpuk seperti gambar diatas. Sebagai topping-nya, tambahkan irisan daging alpukat, buah zaitun, irisan telur dan daun ketumbar. Causa Limeña pun siap kamu santap.

3. Avocado Ritz - Afrika Selatan

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!withablast.net

Beralih dari rasa manis alpukat, kamu harus mencoba variasi rasa baru hasil kombinasi antara alpukat dan udang. Alpukat yang telah ranum dipotong menjadi dua bagian dan permukaannya nanti akan dijadikan sebagai tempat meletakkan olahan udang.

Nah, untuk mengolah udangnya kamu butuh mayones, yoghurt, air perasan lemon, lada, saus tomat dan garam. Campur semua bahan-bahan tersebut dan jangan lupa masukkan udang yang telah dibersihkan dan dikeringkan. Setelah semua tercampur rata, taruh adonannya pada permukaan daging alpukat. Avocado Ritz pun siap kamu santap!

Baca Juga: 10 Ukiran Unik Alpukat yang Kece Badai, Gak Tega Mau Dibikin Jus

4. Guacamole - Meksiko

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!iheartnaptime.net

Alpukat memang menjadi salah satu ciri identitas dari negara Meksiko. Nah, salah satu olahan alpukat yang paling digemari adalah Guacamole. Salad alpukat ini selain bisa langsung dinikmati, juga sering disajikan sebagai saus pelengkap saat menikmati tortilla chips.

Bahan dan cara membuat Guacamole pun sangat sederhana, kamu hanya butuh mencampur rata alpukat, air perasan lemon dan garam. Tapi kalau kamu ingin merasakan lebih banyak variasi rasa, bisa kamu tambah dengan bawang putih dan bawang bombai yang dihaluskan, potongan tomat, lada, dan taburan daun ketumbar.

5. Crema de Aguacate - Kolombia

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!recetin.com

Jika krim alpukat dari Brazil memiliki cita rasa yang cenderung manis, krim alpukat dari Kolombia ini malah lebih mengarah ke rasa gurih. Hal ini disebabkan karena Crema de Aguacate dibuat dengan menggunakan tambahan kaldu ayam.

Untuk membuatnya di rumah, kamu butuh menyediakan alpukat, krim, margarin, jintan putih, daun ketumbar segar, bawang bombai, bubuk cengkeh, air perasan lemon, lada, garam, dan air kaldu ayam. Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan margarin lalu tambahkan air kaldu ayam, air perasan lemon dan alpukat yang telah dihaluskan. Setelah mendidih tambahkan dengan krim, jintan putih, bubuk cengkeh, garam dan lada.

Sebelum disajikan, percantik tampilan Crema de Aguacate dengan potongan daun ketumbar di permukaannya.Santap olahan alpukat ini selagi hangat.

6. Avocado Ice Cream - Filipina

Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!washingtonpost.com

Saat panas begitu terik, es krim menjadi pilihan yang sangat menggiurkan. Daripada terus membeli, kamu bisa buat sendiri es krim di rumah, sekalian mencobakan resep es krim alpukat khas Filipina ini. Kamu hanya butuh 4 bahan saja, buah alpukat, air perasan lemon, susu kental manis, dan krim.

Campurkan daging alpukat dengan air perasan lemon dan susu kental manis, kemudian haluskan sampai tercampur rata. Setelahnya, baru tambahkan dengan krim. Aduk dengan menggunakan mixer, hingga adonan es menjadi benar-benar mengental. Setelah didinginkan dalam freezer selama kurang lebih 6 jam, es krim alpukat pun siap untuk dinikmati. 

Itulah beberapa olahan buah alpukat, ada yang punya cita rasa manis hingga gurih. Masing-masing olahan pun ada yang pas dinikmati saat cuaca dingin maupun panas. Kalau kamu sendiri, mau coba olahan alpukat dari negara mana dulu nih? 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Olahan Alpukat untuk Sarapan yang Bikin Lidah Bergoyang!

Gusti Hafsari Photo Verified Writer Gusti Hafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya