Comscore Tracker

Resep Mie Kalguksu Kerang Khas Korsel yang Muncul di BTS In The Soop

Yuk, coba buat sendiri di rumah!

Boy group asal Korea Selatan, BTS, saat ini tengah membintangi salah satu variety show yang bertemakan liburan dengan konsep beristirahat atau healing, yaitu BTS In The Soop musim kedua. Setelah kesuksesan musim pertamanya, kini dengan format yang sedikit berbeda BTS melakukan kegiatan bersantai di sebuah mansion mewah yang khusus dibangun untuk variety show ini. 

Salah satu hal yang banyak menarik perhatian penonton adalah berbagai menu masakan yang mereka masak sendiri pada acara ini. Salah satu menu masakan yang mereka buat pada episode ketiga yang tayang di tanggal 29 Oktober 2021 adalah mie kalguksu kerang.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep berikut, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Mie Kalguksu Kerang Khas Korsel yang Muncul di BTS In The Soopilustrasi bahan mie kalguksu kerang (dok. youtube.com/Aeri's Kitchen)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kalian sudah memiliki sederet bahan-bahan berikut ini, ya!

Bahan utama: 

  • 225 gram mi kalguksu instan
  • 1/2 cup zuccini
  • 1/2 cup bawang bombay
  • 1/4 cup wortel
  • 1/4 cup daun bawang
  • 1/2 sdm bawang putih cincang
  • 3/4 sdt garam

Bahan kaldu:

  • 5 gelas air
  • 450 gram kerang
  • 1 bungkus teri korea kering
  • 4 buah rumput laut kering

2. Siapkan bahan-bahan

Resep Mie Kalguksu Kerang Khas Korsel yang Muncul di BTS In The Soopilustrasi persiapan bahan-bahan (dok. youtube.com/Aeri's Kitchen)

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan. Kerang terlebih dahulu dicuci dan direndam dalam air garam hingga semua kotoran terangkat.

Kemudian potong bahan-bahan lain seperti zuccini, wortel, bawang bombay, dan daun bawang.

Baca Juga: Resep Mie Goreng Mamak, Hidangan Khas Malaysia yang Mantap Bumbunya!

3. Buat kuah kalguksu

Resep Mie Kalguksu Kerang Khas Korsel yang Muncul di BTS In The Soopilustrasi pembuatan kuah kaldu kalguksu (dok. youtube.com/Aeri's Kitchen)

Masukkan 5 cup air ke dalam panci. Kemudian tambahkan teri kering korea dan rumput laut kering ke dalamnya. Tunggu hingga mendidih, setelah mendidih tunggu hingga 5 menit.

Setelah 5 menit, angkat rumput laut kering dari panci dan tunggu 5 menit lagi. Setelah 5 menit selanjutnya, angkat teri korea kering dari panci.

Setelah itu masukkan kerang yang sudah direndam dalam air garam tadi. Tunggu selama kurang lebih 8 menit. Gunakan api sedang dan jangan lupa gunakan penutup panci.

4. Masak mie pada panci lain

Resep Mie Kalguksu Kerang Khas Korsel yang Muncul di BTS In The Soopilustrasi memasak mie untuk kalguksu (dok. youtube.com/Aeri's Kitchen)

Masak mie kalguksu instan pada panci lain. Masaklah mie tersebut selama 4-5 menit hingga tingkat kematangan yang kamu inginkan. Setelah itu, saring mie dan buang air hasil memasak tadi.

Kamu juga bisa mencuci mie yang telah direbus tadi agar mendapatkan warna kuah mie yang lebih bening nantinya. 

5. Campurkan mie dan kuah kalguksu

Resep Mie Kalguksu Kerang Khas Korsel yang Muncul di BTS In The Soopilustrasi mie dan kaldu yang telah dicampur (dok. youtube.com/Aeri's Kitchen)

Setelah kerang dimasak selama 8 menit pada kuah kaldu sebelumnya, angkatlah kerang tersebut dari panci. Masukkan zuccini, wortel, bawang bombay, dan daun bawang yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam kuah kaldu.

Setelah itu, masukkan mie yang sudah dimasak sebelumnya. Tambahkan juga garam dan bawang putih cincang ke dalamnya. Masukkan kerang yang sudah dimasak tadi, lalu tunggu hingga beberapa saat. Terakhir, tambahkan lada hitam dan minyak wijen sesuai selera. 

Mie kalguksu kerang buatan kamu pun kini sudah siap dinikmati. Ayo, siapa yang tertarik untuk mencoba sendiri di rumah?

Baca Juga: Resep Membuat Mie Goreng Terasi, Aromanya Bikin Perut Keroncongan

Gita Photo Verified Writer Gita

Full-time teacher, part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya