Comscore Tracker

Resep Kuah Bakso Wangi dan Gurih, Anti Gagal

Mudah dipraktekkan di rumah

Siapa disini penggemar bakso? Kuliner satu ini masih menjadi salah satu kuliner yang paling diminati oleh masyarakat. Sehingga, kuliner satu ini banyak menjadi ide usaha yang cukup menjanjikan.

Namun, pernahkah kamu menyadari jika bakso yang dijual di abang-abang, kedai bakso atau di mall terasa lebih nikmat daripada buatan sendiri dirumah? Ternyata, ada resep rahasia yang menjadi kunci utama membuat kuah bakso ini menjadi lebih wangi dan gurih, lho. Penasaran? Kali ini penulis akan membagikan resep rahasia kuah bakso yang tentunya anti gagal. Dijamin, rasanya gurih dan aromanya wangi. Yuk, kita simak!

1. Bahan membuat kuah bakso

Resep Kuah Bakso Wangi dan Gurih, Anti Gagaltulang sumsum sapi (pixabay.com/RitaE)

Bahan utama:

  • 1 buah tulang sumsum ukuran sedang
  • 250 gram tetelan
  • 1 bungkus pentol ayam atau sapi sesuai selera

Bumbu halus:

  • 3 potong jahe masing-masing 2 cm
  • 6 buah kemiri sangrai
  • 8 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sendok teh lada
  • 3 sendok makan minyak goreng 

Bumbu pelengkap:

  • kaldu bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • MSG sesuai selera
  • bihun atau mie kuning
  • irisan seledri
  • bawang goreng

2. Siapkan panci, dan rebus tulang sumsum hingga matang

Resep Kuah Bakso Wangi dan Gurih, Anti Gagalilustrasi menyiapkan panci (pexels.com/Teona Swift)

Siapkan panci, isi dengan air. Nyalakan api, tunggu hingga mendidih. Setelah air mendidih, kecilkan api, gunakan api sedang dan masukkan tulang kaki sumsum. Sesekali, bersihkan kotoran yang terangkat ketika tulang direbus. Jika sudah, tiriskan tulang, ganti dengan panci baru dan lanjut ke proses kedua.

Proses kedua, siapkan kembali panci dan didihkan air untuk merebus tulang kedua kalinya. Pastikan, kali ini merebus tulang hingga sumsumnya lunak dan mengeluarkan kuah kaldu yang bening. Kandungan sumsum pada tulang ini akan menjadi salah satu bahan yang memperkuat cita rasa kuah bakso.

Baca Juga: Pencinta Bakso Merapat, 5 Kreasi Olahan Bakso Lezat Kekinian

3. Haluskan bumbu dan tumis hingga harum

Resep Kuah Bakso Wangi dan Gurih, Anti Gagalilustrasi menghaluskan bumbu (pexels.com/DapurMelodi)

Sembari menunggu tulang sumsumnya lunak dan mengeluarkan kuah kaldu, kamu bisa menyiapkan bumbu halusnya terlebih dahulu. Haluskan delapan siung bawang putih, enam siung bawang merah, satu sendok teh lada, tiga potong jahe ukuran masing-masing 2 cm dan enam buah kemiri sangrai. Kamu bisa menggunakan ulekan ataupun blender untuk menghaluskannya.

Setelah itu, sisihkan bumbu dan siapkan penggorengan. Panaskan tiga sendok makan minyak goreng, dan tumis bumbu hingga harum. Lanjut ke proses pembuatan.

4. Masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam kuah kaldu

Resep Kuah Bakso Wangi dan Gurih, Anti Gagalilustrasi memasukan bumbu (youtube.com/W N Cooking)

Setelah kaldu bening dari sumsum tulangnya sudah siap, masukkan bumbu yang telah ditumis beserta minyaknya kedalam panci, tunggu hingga mendidih. 

Jika sudah mendidih, masukkan pentol dan tetelan. Tambahkan pula, irisan seledri, garam, kaldu bubuk, dan MSG secukupnya dan sesuai selera. Disini, kamu bisa mulai mencium aroma khas kuah bakso yang wangi dan menggugah selera. Tunggu hingga bakso matang.

5. Bakso dengan kuah yang wangi dan gurih siap dinikmati

Resep Kuah Bakso Wangi dan Gurih, Anti Gagalilustrasi bakso siap disajikan (youtube.com/resep erlita)

Jika bakso sudah matang, matikan api  dan siap disajikan. Hidangkan dengan menambahkan bihun atau mie kuning sebagai pelengkap. Jangan lupa taburkan bawang goreng diatasnya agar semakin sedap.

Nah, dari penjelasan resep diatas, bisa disimpulkan jika kombinasi jahe, kemiri, tetelan, dan kuah kaldu tulang sumsum yang menjadi kunci rahasia kuah bakso ini menjadi gurih, wangi dan tentunya spesial. Yuk, segera bergegas ke dapur dan mencoba resepnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Olahan Bakso dari Penjuru Dunia, Indonesia Ada Bakso Urat!

hayyu wardana Photo Verified Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya