Comscore Tracker

Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammy

Cocok dinikmati saat hangat maupun dingin 

Hai, gimana kabarnya hari ini? Akhir-akhir ini cuaca yang kurang bersahabat, ya. Daya tahan tubuh pun jadi mudah terganggu. Apalagi musim hujan seperti sekarang ini, pengennya nyemil terus. Daripada jajan sembarangan, mending bikin sendiri di rumah, yuk!

Kali ini, penulis akan berbagi resep dessert jadul, sagu mangga mutiara yang super creammy. Ya, bubur mutiara ini sudah ada sejak dulu hingga kini dengan berbagai macam inovasi dan varian resep. Selain pelengkap nutrisi keluarga, pastinya sagu mangga mutiara ini juga dapat menjaga imunitas tetap kuat saat musim hujan seperti sekarang ini. Sehatnya dapat, kenyangnya pun dapat. Yuk, tunggu apalagi, kepoin resep dan cara membuatnya, ya!

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammyilustrasi menyiapkan bahan (pexels.com/Ron Lach)

Sebelum mulai membuat, pastikan semua bahan sudah siap, ya!

Bahan:

  • 50 gram sagu mutiara
  • 2 buah mangga matang
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 bungkus santan instan
  • 1/4 sendok teh vanili cair
  • air secukupnya
  • kental manis secukupnya
  • gula dan garam secukupnya sesuai selera

2. Masak sagu mutiara hingga matang

Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammyilustrasi memasak sagu mutiara (pexels.com/Teona Swift)

Siapkan panci, beri air secukupnya dan nyalakan kompor, lalu tunggu hingga mendidih. Jika air sudah mendidih, masukkan 50 gram sagu mutiara.

Tambahkan 1/4 sendok teh garam, dan satu lembar daun pandan yang telah diikat simpul. Aduk, hingga rata dengan api sedang. Masak hingga sagu mutiara matang sempurna. 

Baca Juga: Resep Puding Sagu Mutiara, Dessert Terbaik untuk Camilan Sehari-hari

3. Tiriskan sagu mutiara, blender mangga hingga halus

Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammyilustrasi memblender mangga (pexels.com/Nicola Barts)

Jika sagu mutiara sudah tanak dan matang sempurna, angkat dan matikan kompor. Siapkan wadah, bilas sagu mutiara tadi dengan air es agar makin kenyal, lalu tiriskan.

Siapkan satu buah mangga matang, kamu bisa menggunakan mangga apapun sesuai selera, ya. Kupas dan potong potong mangga. Blender hingga halus, lalu sisihkan.

4. Masak kuah santan hingga matang

Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammyilustrasi memasak kuah santan (pexels.com/Alex Green)

Siapkan panci, beri 250 ml air. Masukkan jus mangga yang telah di-blender tadi. Masak dengan api kecil, dan aduk hingga rata.

Tambahkan tiga sendok makan gula pasir, satu sendok teh vanilli cair dan satu lembar daun pandan yang telah diikat simpul. Setelah itu masukkan satu bungkus santan instan. Masak hingga mendidih, sambil terus diaduk. Lanjut ke proses selanjutnya.

5. Sagu mangga mutiara siap disajikan

Resep Sagu Mangga Mutiara, Desert Jadul Super Creammyilustrasi sagu mangga mutiara (pexels.com/AMANDA LIM)

Jika kuah santan sudah mendidih, angkat dan matikan kompor. Ambil satu buah mangga, kupas dan cuci hingga bersih dengan air mengalir. Potong dadu, lalu sisihkan.

Siapkan mangkok saji, beri sagu mutiara dan potongan mangga tadi. Lalu siramkan kuah santan dan kental manis di atasnya. Sagu mangga mutiara siap disajikan.

Sagu mangga mutiara cocok banget dinikmati saat hangat maupun dingin. Kamu bisa menambahkan es batu jika ingin menikmatinya dalam keadaan dingin, ya. Perpaduan manisnya mangga, creamy-nya santan, dan kenyalnya sagu mutiara, dijamin endulita dan segar banget. Yuk, tunggu apalagi, segera praktikkan di dapurmu dan nikmati bersama keluarga tercinta di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Tips Memasak Sagu Mutiara agar Tidak Hancur, Begini Rahasianya!

hayyu wardana Photo Verified Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya