Comscore Tracker

Resep Uyah Asem Khas Banyuwangi, Kuliner Unik yang Wajib Dicoba

Kuahnya seger banget, cocok buat menu makan siang

Bagi kamu penikmat makanan berkuah, perlu banget mencoba kuliner satu ini.  Kuliner satu ini, berasal dari Banyuwangi dan sudah menjadi makanan khas penduduk lokal. Ini dia, Uyah Asem khas Banyuwangi.

Uyah asem ini merupakan menu olahan ayam dengan kuah khas blimbing wuluh yang dijamin segar banget. Tidak susah menemukan kuliner ini ketika sedang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi.

Buat kamu yang sedang ingin mencobanya, jangan khawatir. Kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Banyuwangi untuk menikmati kuliner ini. Dengan bahan yang mudah didapat, kamu bisa memasaknya sendiri dirumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Resep Uyah Asem Khas Banyuwangi, Kuliner Unik yang Wajib Dicobailustrasi menyiapkan bahan (pexels.com/Kristina Snowasp)

Sebelum mulai memasak uyah asem, pastikan semua bahan sudah tersedia, ya!

Bahan:

  • 500 gram daging ayam 
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah 
  • 10 buah cabe rawit
  • 1 sendok teh terasi
  • 5 buah blimbing wuluh
  • 2 buah ranti atau tomat ukuran sedang
  • 3 lembar daun jeruk
  • Lada bubuk secukupnya
  • Gula, garam, penyedap sesuai selera

2. Siapkan panci, rebus ayam hingga matang

Resep Uyah Asem Khas Banyuwangi, Kuliner Unik yang Wajib Dicobailustrasi menyiapkan panci (pexels.com/Gary Barnes)

Siapkan panci, beri air secukupnya, dan masak hingga mendidih. Jika air sudah mendidih, masukkan daging ayam yang telah dipotong. Masak dengan api sedang selama 10 menit.

Setelah 10 menit, matikan kompor dan angkat daging ayam yang sudah direbus. Buang air rebusan tadi, dan siapkan panci baru. Isi panci dengan air baru, dan rebus kembali ayam tadi hingga matang. Tujuannya agar mendapatkan kuah yang bening dan tidak mengental karena kaldu ayam yang keluar ketika direbus tadi. 

Baca Juga: Resep Ayam Pedas Khas Banyuwangi, Sensasi Pedasnya Bikin Nagih

3. Haluskan bumbu, dan tumis hingga harum

Resep Uyah Asem Khas Banyuwangi, Kuliner Unik yang Wajib Dicobailustrasi menghaluskan bumbu (pexels.com/Los Muertos Crew)

Haluskan lima siung bawang merah, dua siung bawang putih, tiga buah cabai merah, sepuluh buah cabai rawit dan satu sendok teh terasi. Kamu bisa menggunakan ulekan atau blender untuk menghaluskannya. Kalau sudah, sisihkan. Setelah itu ulek kasar dua buah ranti atau tomat ukuran sedang, sisihkan. 

Panaskan wajan, beri tiga sendok makan minyak goreng. Masukkan bumbu halus dan ranti yang telah diulek kasar tadi, lalu tumis hingga harum.

4. Campurkan bumbu kedalam rebusan ayam

Resep Uyah Asem Khas Banyuwangi, Kuliner Unik yang Wajib Dicobailustrasi memasukkan bumbu halus (pexels.com/Antonius Ferret)

Jika bumbu sudah matang dan mengeluarkan bau harum, angkat dan masukkan ke dalam rebusan ayam tadi. Masak dengan api sedang. 

Masukkan irisan lima buah blimbing wuluh dan daun jeruk yang sudah dirobek. Aduk sebentar, tambahkan garam, gula dan lada bubuk secukupnya sesuai selera. Aduk-aduk lagi, biarkan hingga bumbu meresap. Cek rasanya!

5. Uyah asem siap disajikan

Resep Uyah Asem Khas Banyuwangi, Kuliner Unik yang Wajib Dicobauyah asem khas Banyuwangi (instagram.com/paglakpetung)

Jika bumbu sudah meresap, kamu bisa mematikan kompor. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan sepiring nasi putih. Uyah asem khas Banyuwangi siap dinikmati dengan keluarga tercinta.

Rasa unik uyah asem yang gurih, dan segar dari blimbing wuluh, dipadu dengan pedas kuah dan nikmat daging ayamnya akan membuat lidahmu tidak ingin berhenti menikmatinya. Cocok sekali dinikmati untuk menu makan siang nanti. 

Tunggu apa lagi, yuk, segera bikin resep uyah asem khas Banyuwangi ini. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah, jika kamu sudah berhasil membuatnya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner di Banyuwangi yang Pernah Jadi Makanan Para Pejuang

hayyu wardana Photo Verified Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya