Comscore Tracker

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kos

#MasakItuGampang Gak ribet, terjangkau, dan enak

Menyebut Ramadan, sahur jadi momen yang tak boleh disepelekan. Selain memang sunnah, sahur akan menolong kita dalam melalui hari tanpa makan dan minum. Namun bagi anak kos, makan sahur bisa jadi gampang-gampang susah. Minimnya persediaan makanan bahkan peralatan memasak, jadi sedikit halangan buat anak kos untuk menyantap menu makan yang enak dan sehat.

Tapi kini gak perlu khawatir lagi, karena ada lho resep-resep sederhana yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita dan tidak membutuhkan proses lama untuk menyajikannya. Berikut di antaranya.

1. Banana toast

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosaol.com

Jika banana toast yang lain menggunakan selai kacang, pisang, madu, dan granola sebagai topping roti gandum, maka kita bisa ganti dengan olesan selai cokelat kesukaan pada roti tawar lalu beri topping potongan pisang yang manis, kacang goreng yang renyah, dan madu.

2. Avocado toast

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosseriouseats.com

Siapa yang tidak suka alpukat? Nah, kita bisa gunakan potongan buah alpukat sebagai topping roti tawar. Saat avocado toast yang lain memakai saus tahini, kita bisa menggantinya dengan susu krim vanila atau cokelat tergantung selera. Lalu taburi dengan wijen hitam dan sedikit perasan jeruk nipis buat memperkaya rasa.

3. Scrambled egg with fresh corn

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosthekitchn.com

Berangkat dari orak-arik sayuran, kita juga bisa buat orak-arik jagung. Bumbunya tak perlu jauh-jauh dari bumbu yang biasa kita pakai. Mulai dari cabai, bawang merah, garam, lada, serta tambahan susu dan keju. Goreng bersama telur dan jagung dijamin gak butuh waktu lama untuk menyajikannya.

4. Scrambled egg with avocado

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosoursmallhours.com

Beberapa menu roti panggang atau toast biasa menggunakan telur dan alpukat bersamaan sebagai topping, jadi tidak ada salahnya kita bikin orak-arik alpukat. Kita bisa tambahkan yogurt yang dicampur sedikit air ke dalam telur lalu masukkan alpukat selagi menunggu matang. Jangan lupa beri garam dan lada sebagai perasa. Bisa juga tambahkan tomat.

5. Chicken-fried potatoes

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosclutchmov.com

Budget menipis, tak masalah. Kita bisa buat kentang krispi alih-alih ayam krispi. Kini kita bahkan dipermudah dengan banyaknya tepung bumbu yang beredar di pasaran. Cukup celupkan potongan kentang ke dalam tepung bumbu yang dicairkan lalu masukkan ke dalam tepung bumbu kering dan goreng sampai matang. Sajian ini nikmat disantap bersama saus pedas atau mayonaise. Nah, jangan lupa perbanyak minum air putih kalau pilih menu ini supaya tenggorokan tidak kering selama puasa seharian akibat makan makanan berminyak.

6. Crispy eggplant

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosvegansandra.com

Sayuran lain yang juga bisa kita buat krispi adalah terung. Kali ini kita bisa coba gunakan telur sebagai celupan. Lalu masukkan ke dalam tepung bumbu yang kering dan goreng sampai berwarna kecokelatan. Sajikan bersama tomat dan mayonaise lebih nikmat.

7. Mango smoothie

Gampang dan Cepat, Ini 7 Ide Menu Sahur yang Cocok Buat Anak Kosgoodnessme.ca

Last but not least, kalau kita benar-benar diburu waktu, campurkan persediaan buah yang kamu punya. Misalnya mangga, jeruk, dan nanas kemudian blender bersama air kelapa dan coconut butter kalau ada. Maka jadilah smoothie segar buat sahur.

Nah, dengan menu-menu sederhana ini, sekarang gak ada alasan lagi buat melewatkan sahur.

Henny Alifah Photo Verified Writer Henny Alifah

almost alice

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya