Comscore Tracker

Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampang

Bisa dijadikan hidangan penutup setelah makan  

Selain bubur ayam yang berasal dari beras, bubur ketan pun sangat populer. Apalagi tekstur ketan yang legit dan manis berpadu sempurna di mulut. Bikin siapa pun ketagihan, deh.

Gak banyak yang tahu, ternyata bikin bubur ketan sangat mudah meski banyak bahan yang harus disiapkan, lho. Penasaran bagaimana cara membuat bubur ketan yang legit dan manis? Yuk, simak setiap langkah memasaknya melalui resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampangilustrasi ketan (instagram.com/liangoenawan)

Bahan utama:

  • 250 gram ketan putih
  • 5 buah nangka
  • 100 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 liter air

Bahan kuah santan:

  • 1 butir kelapa
  • 1/4 sdt garam
  • 2 lembar tepung maizena
  • 1/4 sdt vanili
  • 2 lembar daun pandan

2. Rebus ketan putih dengan gula dan daun pandan

Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampangilustrasi mengukus (Unsplash.com/Uwe Conrad)

Sebelum memasak, pastikan kamu membersihkan beras ketan terlebih dahulu. Jangan terlalu lama dan gunakan air mengalir karena kandungan dari berasnya bisa terbuang. Cucilah sewajarnya saja.

Jika sudah, masak beras ketan pada panci berukuran sedang. Campur beras ketan dengan air daun pandan, aduk terus sampai ketan mengental dan melunak. Kemudian, tambahkan gula merah yang sudah disisir dan gula putih. Aduk hingga tercampur merata dan matang.

3. Parut kelapa untuk santan

Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampangilustrasi kelapa parut (instagram.com/cik_seriputih_sejuta_petua)

Agar rasanya lebih gurih dan segar, kamu dianjurkan untuk menggunakan kelapa segar daripada dengan santan instan. Santan instan memang mudah dan cepat, tapi rasa yang dihasilkan tidak terlalu sedap.

Kamu perlu menyiapkan satu setengah butir untuk mendapatkan 750 ml santan. Sebelum memarutnya, kupas kulit kelapa agar santan yang dihasilkan berwarna putih. Jika sudah, tambahkan 750 ml air, lalu peras beberapa kali sampai sari kelapa tak tersisa lagi.

Baca Juga: 5 Puding Khas Asia Tenggara yang Lembut, Ada dari Beras Ketan

4. Masak santan dengan bahan yang disediakan

Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampangilustrasi (Pexels.com/Nicole Michalou)

Setelah menyiapkan santan, kamu bisa segera membuatnya. Pertama, campur santan dengan tepung maizena, garam, dan vanili bubuk. Sebelum api dinyalakan, lebih baik kamu mengaduknya terlebih dahulu.

Jika semua bahan sudah tercampur rata, masukkan daun pandan yang diikat. Kemudian, nyalakan api sedang, lalu aduk beberapa saat sampai santannya mengental dan mendidih.

5. Hidangkan bubur ketan dengan santan

Resep Bubur Ketan Sederhana yang Legit, Cara Bikinnya Gampangilustrasi bubur ketan (instagram.com/dagingsegar38)

Untuk memvariasikan hidangannya, kamu membutuhkan buah nangka. Sebelum dicampur dengan yang lainnya, potong buah nangka menjadi ukuran yang kecil. Selain membuat tampilan menarik, nangka menambah aroma wangi pada bubur.

Setelah semua siap, letakkan mangkuk dan tuangkan bubur ketan yang sudah matang. Kemudian, tuangkan nangka di atasnya. Kemudian, tuang saus santannya. Bubur ketan yang sederhana ini siap kamu nikmati, deh.

Bubur ketan ini bisa kamu hidangkan sebagai dessert. Hidangan penutup gak harus selalu kue atau es krim, bubur ketan ini pun sangat cocok, lho. Jangan lupa tambahkan potongan buah nangka, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Bikin Bolu Gulung Ketan Hitam, Rasanya Enak Parah!

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya