Comscore Tracker

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat 

Bisa dinikmati sambil nonton KDrama, nih!

Korea Selatan selalu jadi perbincangan di Indonesia. Hal ini ditandai dengan maraknya masyarakat menggemari semua hal yang berbau Korea. Mulai dari aktris dan aktornya, idol KPop, hingga influencer.

Michelle Park adalah salah satu influencer asal Korea Selatan. Selain jadi influencer ,ia dan suaminya mempunyai restoran Korea. Tak jarang ia membagikan resep makanan khas Korea melalui Instagramnya.

Michelle Park sempat membagikan resep galbi-jjim, semur iga sapi yang jadi makanan elite di Korea Selatan. Kamu bisa bikin di rumah untuk menu sehari-hari, lho!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat ilustrasi iga sapi (instagram.com/dagingsegar38)

Bahan utama:

  • 1 kg iga sapi
  • 2 buah kentang 
  • 1 buah wortel
  • 2 batang bawang daun
  • 750 ml  air

Bahan saus:

  • 1/2 cup gula
  • 1/2 cup mihyang atau arak masak
  • 1 cup air
  • 1 cup jin ganjang atau kecap asin Korea
  • 2 sdm bawang putih cincang
  • 1/2 sdm jahe cincang
  • 2 sdm minyak wijen Korea

2. Rendam iga sapi selama 90 menit

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat ilustrasi merendam dalam mangkuk (Pexels.com/Steve Johnson)

Sebelum direndam, kamu perlu memotong terlebih dahulu iga sapinya berbentuk persegi panjang dengan ukuran sedang. Tetapi, potongan iga sapi in bisa disesuaikan seleramu untuk ukurannya.

Setelah itu, siapkan wadah untuk merendam iga sapi. Masukan iga sapi yang sudah dipotong ke dalamnya, lalu tuang air sampai semua iga sapi terendam. Untuk waktu merendamnya, lakukan selama 90 menit sampai seharian agar darahnya terserap ke air.

3. Masak saus dari bahan yang sudah disediakan

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat ilustrasi bahan saus (Pexels.com/Jonathan Borba)

Sambil menunggu iga sapi yang direndam, sebaiknya kamu menyiapkan sausnya. Cincang bawang putih dan jahe. Kemudian, siapkan wadah untuk tempat saus, tuangkan bawang putih, jahe, gula, mihyang, kecap asin, dan minyak wijen, lalu siram air. Aduk merata.

Untuk mihyang atau arak masak, jin ganjang atau kecap asin Korea, dan minyak wijen Korea, kamu bisa membelinya di supermarket atau marketplace. Tersedia variasi dari berbagai merek yang berasal dari Korea

Baca Juga: 5 Semur Khas Jepang yang Paling Populer, Sedapnya Menggila!

4. Campurkan saus dengan daging iga

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat ilustrasi iga sapi (instagram.com/dagingsegar38)

Setelah semalaman daging iga direndam, kamu bisa membuang airnya. Bisa dipastikan setelah direndam bau amis dalam daging akan jauh berkurang, jadi sangat disarankan untuk merendamnya.

Setelah air rendaman dibuang dan daging iga ditiriskan, kamu bisa menuangkan saus yang sudah dibuat ke dalam daging. Siapkan panci berukuran sedang, tuangkan daging, lalu siram sausnya. Pastikan semua daging terendam dengan saus.

5. Masak daging iga bersama dengan saus

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat ilustrasi mengukus (Unsplash.com/Uwe Conrad)

Setelah dituangkan ke dalam panci, kamu bisa langsung memasaknya. Nyalakan api dan biarkan api dalam mode api sedang. Biarkan beberapa saat sampai daging iganya lebih empuk.

Ketika memasaknya, kamu disarankan untuk terus mengecek tekstur daging. Jika sudah empuk, kamu bisa menuangkan kentang dan wortel. Biarkan beberapa saat sampai kuahnya menyusut dan diserap oleh iga, wortel, dan kentang.

6. Galbijjim siap dihidangkan

Resep Galbijjim ala Michelle Park, Semur Iga Khas Korea yang Lezat ilustrasi galbi-jjim (Pexels.com/SenuScape)

Setelah kentang dan wortel masuk ke dalam rebusan daging. Kamu harus menambahkan air lagi, biarkan sejenak sampai kuahnya berbuih dan menyusut. Untuk banyaknya kuah bisa disesuaikan dengan seleramu.

Jika sudah matang, kamu bisa menaburkan semua daun bawang yang sudah dicincang. Tambahkan juga wijen yang sudah dibakar agar tambah nikmat. Biarkan hangat agar bisa menikmati dengan enak.

Jangan mengaku pencinta makanan Korea jika belum pernah memasak hidangan menu Korea. Dengan memasak galbijjim, kamu bisa merasakan makanan yang disantap orang Korea, nih. Siapkan untuk makan malam nanti, yuk!

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Korea Selatan Ini Ternyata Hasil Akulturasi Budaya

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya