Comscore Tracker

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihan

Cocok jadi pendamping nasi hangat  

Olahan dari kering kentang memang banyak yang suka. Memiliki tekstur yang renyah dan mudah menyerap bumbu, olahan ini cocok untuk dijadikan pelengkap menu masakan lain atau bahkan disantap langsung dengan nasi hangat.

Berikut adalah variasi dari kering kentang yang dijamin lebih lezat dibandingkan kering kentang biasa. Kering kentang ditambahkan ebi, lalu dibumbui dengan rasa pedas. Yuk langsung saja cek langkah-langkah di bawah ini

1. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihanilustrasi kentang (Pexels.com/Antara Verma)

Seperti ketika memasak menu lainnya, kering kentang ebi pedas ini pun memerlukan beberapa bahan dan bumbu untuk memasaknya. Berikut bumbu yang harus disiapkan sebelum memasak

Bahan utama:

  • 1 kg kentang
  • 100 gram bawang goreng
  • 5 sdm ebi
  • 2 sdm air kapur sirih
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu yang dihaluskan:

  • 6 siung bawang putih
  • 6 buah kemiri
  • 3 sdm bubuk cabai
  • ½ sdt garam

2. Bersihkan kentang lalu potong-potong seperti korek api

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihanilustrasi kentang (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Agar memudahkan ketika memotongnya, disarankan untuk membeli kentang yang berukuran sedang. Sebaiknya ukuran juga harus rata agar potongan yang dihasilkan pun sama panjangnya.

Ketika akan mengupas sediakan pula ember yang sudah berisi air diberi campuran garam dan air kapur sirih untuk merendam kentang yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari perubahan warna pada permukaan kentang. Setelah 10 menit, kamu bisa mencuci kentangnya menggunakan air bersih.

3. Rendam ebi menggunakan air mendidih

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihanilustrasi ebi (instagram.com/tan_fong)

Untuk mengolah ebi, kamu perlu merendamnya terlebih dahulu dalam wadah yang berisi air panas. Lamanya waktu perendaman tergantung tingkat kemekaran ebi.

Untuk merendamnya cukup siapkan wadah, lalu tuangkan air panas. Biarkan beberapa saat sampai ebinya mengembang dengan sempurna

Baca Juga: Resep Wedang Ndoro Magelang, Sukses dan Laris Berjualan Resep Herbal

4. Siap penggorengan untuk menggoreng kentang hingga kering

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihanilustrasi menumis (Pexels.com/RODNAE Productions)

Setelah kentang berhasil dipotong dan dibersihkan, biarkan kentang ditiriskan terlebih dahulu agar kadar air dalam kentangnya turun.

Untuk mempersingkat waktu, kamu dianjurkan untuk menggunakan wajan yang besar agar kentang bisa digoreng dalam waktu yang bersamaan. Tuangkan minyak yang banyak sampai setengah wajan terpenuhi minyak. 

Tunggu beberapa saat sampai minyaknya benar-benar panas. Jika sudah panas, langsung tuangkan seluruh kentang ke dalam wajan serta aduk perlahan. Kentang digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan.

5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihanilustrasi bumbu halus (instagram.com/cindtml)

Untuk menyiapkan bumbu, haluskan cabai merah, bawang putih, dan kemiri yang sudah disangrai. Kamu disarankan untuk menggunakan cobek ketika menghaluskan bumbunya. Ulek secara perlahan sampai semua bumbu halus dan menyatu.

Siapkan wajan, tuangkan dua sendok makan minyak goreng, panaskan minyak lalu tuangkan seluruh bumbu yang sudah dihaluskan tanpa terkecuali. Aduk terus sampai aromanya harum.

6. Masukan kentang dan ebi ke dalam bumbu tumis

Resep Kering Kentang Ebi Pedas, Sensasi Krenyes Bikin Ketagihanilustrasi kering kentang (instagram.com/yanti_kitcheen)

Jika bumbu yang sudah ditumis tercium harum, kamu perlu mengecilkan kompor agar bumbu tak gosong. Lalu masukan seluruh kentang yang sudah digoreng dan ebi yang sudah direndam ke dalam tumisan bumbu. Aduk sampai bumbu, ebi, dan udang menyatu dengan baik.

Setelah semuanya menyatu, itu tandanya kering kentang ebi pedas sudah siap untuk dihidangkan. Hidangan ini pun bisa untuk disimpan dalam waktu yang lama sehingga tak usah memasak lagi ketika memerlukannya.

Mudah bukan membuatnya? Menu ini tergolong dalam resep yang mudah dilakukan. Jadi, gak usah ragu untuk mencobanya.

Baca Juga: Resep Sapo Tahu Seafood ala Chef Luvita Ho, Lezat dan Mudah Dibuat

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya