Comscore Tracker

Resep Patin Cabe Ijo, Menu Sederhana yang Kaya Protein 

Harus jadi menu harianmu

Ikan patin termasuk ikan yang mengandung banyak gizi termasuk protein yang tinggi. Ikan ini sering jadi incaran masyarakat karena kandungan gizinya, terlebih lagi harganya yang murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Meskipun harganya yang murah, tekstur ikan ini sangat lembut sehingga mau dimasak dengan cara apa pun, bumbunya pasti menyerap dengan baik ke dalam lapisan terdalam daging ikannya.

Berikut adalah resep patin cabe ijo, dalam masakan ini, ikan patinnya dibakar lalu disiram dengan saus cabe ijo yang sudah ditumis. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung simak saja setiap langkahnya

1. Apa saja yang harus kamu siapkan? Catat semua bahan yang tertulis di bawah ini

Resep Patin Cabe Ijo, Menu Sederhana yang Kaya Protein ilustrasi cabai hijau (instagram.com/ningpalupi)

Setiap membuat masakan, pasti harus ada semua bahan yang akan digunakan, mulai dari bahan utama, bahan untuk bumbu, sampai pelengkap, semuanya harus komplit, kalau tidak bisa memengaruhi rasa dari masakannya. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk menu patin cabe ijo

Bahan utama:

  • 1 ekor ikan patin berukuran besar
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya 

Bahan untuk saus cabe ijo:

  • 8 buah cabai hijau
  • 6 buah tomat hijau
  • 6 butir bawang merah
  • 4 lembar daun jeruk
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm minyak
  • 1 butir bawang bombay
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya

2. Bersihkan ikan patin, lalu belah sehingga bentuknya melebar

Resep Patin Cabe Ijo, Menu Sederhana yang Kaya Protein ilustrasi ikan (Pexels.com/Markus Spiske)

Tak pernah bosan untuk mengingatkan, ketika kamu akan memasak, pastikan semua bahan segar karena kesegaran bahan sangat berpengaruh pada rasa masakanmu nanti. Jadi, untuk ikan patin ini pun pastikan kamu membeli yang segar.

Setelah ikan ada di tanganmu, sudah saatnya kamu beroperasi, mulai dari membersihkan semua bagian ikannya, jangan lupa untuk membersihkan sisik pada kulit ikan, membuat organ dalam dan insangnya. Setelah sudah dibersihkan semua bagiannya, kamu harus menyayat sisi sebelah ikan, sehingga ikan menjadi lebar.

Baca Juga: Resep Patin Woku, Olahan Ikan dengan Rasa Pedas dan Aroma Memikat

3. Lumuri ikan dengan garam dan merica, lalu bakar sampai matang

Resep Patin Cabe Ijo, Menu Sederhana yang Kaya Protein ilustrasi bakar ikan (instagram.com/i_am_linawati)

Setelah dibersihkan dan disayat, kamu harus melumuri seluruh bagian ikan dengan merica bubuk dan garam. Pastikan seluruh bagian ikan terolesi dengan rata, karena kedua bumbu itulah yang membuat ikan menjadi mempunyai rasa.

Setelah dipastikan semua bagian terolesi garam dan merica, diamkan sejenak sampai bumbunya meresap. Pada saat ini kamu bisa menyiapkan pembakaran agar panas, setelah siap panggang ikan dengan api yang sedang agar matangnya sampai ke dalam. Jangan lupa untuk membolak balikan ikan agar matang secara merata.

4. Buat saus cabe ijo sambil menunggu ikan dibakar

Resep Patin Cabe Ijo, Menu Sederhana yang Kaya Protein ilustrasi cabai hijau (instagram.com/ningpalupi)

Bersihkan semua bumbu yang akan digunakan dengan air bersih, lalu haluskan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan cabai hijau menggunakan cobek, biarkan teksturnya kasar, jangan menguleknya sampai halus.

Setelah bumbu yang ditumbuk tersedia, kamu masih harus menyiapkan bumbu lainnya, yaitu mengiris tipis tomat hijau. Jika sudah tersedia semuanya, barulah bumbu bisa ditumis.

Siapkan wajan berukuran sedang, lalu tuangkan 2 sdm minyak ke dalamnya, biarkan panas. Setelah panas, kamu bisa langsung masukkan bumbu yang diulek, tomat iris, garam, merica, dan daun jeruk agar wangi. Aduk beberapa saat sampai saus cabe ijo tercium haru.

5. Tuang saus cabe ijo di atas ikan yang sudah dibakar

Resep Patin Cabe Ijo, Menu Sederhana yang Kaya Protein ilustrasi ikan bakar cabe ijo (instagram.com/seafood.sf6)

Setelah ikan patin yang dibakar sudah matang sempurna dan saus cabe ijo juga sudah matang. Kamu bisa langsung menghidangkan keduanya karena sudah sama-sama matang.

Siapkan piring ceper yang besar, karena ikannya juga lebar. Tempatkan ikan yang sudah dibakar di atas piring, lalu tuangkan semua saus cabe ijo yang sudah kamu buat. Makan ketika masih panas dicampur dengan nasi hangat dan teh tawar hangat, mantap banget!

Sudah mengerti setiap langkahnya? Menu berbahan dasar ikan yang kaya akan protein  seperti patin cabe ijo ini sangat disarankan menjadi menu harianmu karena bisa memenuhi asupan protein harian.

Baca Juga: Resep Ikan Patin Sambal Merah, Pencinta Pedas Wajib Cobain Sih!

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya