Comscore Tracker

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggi

Dimakan selagi hangat dengan nasi, mantap rasanya!

Ikan tuna dikenal dengan berbagai kandungan gizi, diantaranya berprotein tinggi, vitamin B, vitamin B6, dan vitamin B12. Kandungan gizi yang tinggi akan sempurna bila dipadukan dengan bumbu woku khas dari Manado, Sulawesi Utara.

Tak perlu pergi jauh ke Manado, kini kamu bisa merasakan nikmatnya sup tuna woku dengan menyontek resep ini, berikut resep sup tuna woku yang nikmatnya sampai ke tulang!

1. Bahan dan bumbu yang kamu butuhkan  

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggiilustrasi ikan tuna (Pexels.com/ArtHouse Studio)

Bahan-bahan:

  • 300 gram ikan tuna
  • 1 batang wortel
  • 2 buah tomat
  • 3 batang kemangi 
  • 5 batang bawang daun
  • 2 batang seledri
  • 1 liter minyak goreng
  • 1,5 liter air bersih


Bumbu-bumbu:

  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya (sesuai selera)
  • 6 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 6 buah kemiri
  • 1 cm jahe
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk

2. Bersihkan ikan tuna, lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian 

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggiilustrasi ikan tuna (Pexels.com/Cottonbro)

Kalau kamu biasanya membeli ikan tuna masih dalam bentuk ikan utuh, untuk itu kamu perlu membersihkan ikan tuna, keluarkan semua organ yang ada di dalam ikan, termasuk insangnya.

Lalu potong-potong daging tuna menjadi beberapa bagian untuk memudahkan ketika disantap. Pertama potong bagian badan ikan menjadi dua bagian, lalu buang tulangnya. Ketika melakukan hal tersebut kamu perlu hati-hati agar dagingnya tidak ikut terangkat.

3. Rebus ikan dengan jahe, serai, dan daun jeruk  

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggiilustrasi air rebusan soto (Pexels.com/Cottonbro)

Jika kamu mempunyai jahe yang panjang ruasnya, potong terlebih dahulu menjadi 1 cm, lalu digeprek, setelah itu geprek juga 2 batang serang yang sudah disiapkan, kemudian simpulkan serainya agar mudah diletakkan di panci.

Masukkan jahe geprek, serai geprek, dan daun jeruk ke dalam panci yang sudah terisi 1,5 liter air bersih untuk merebus ikan tuna yang sebelumnya telah kamu bersihkan dan potong-potong, tunggu sampai mendidih.

Baca Juga: Resep Pancake Tuna dan Bayam, Ide Menu Sarapan yang Lezat!

4. Haluskan bumbu rempah-rempah lalu tumis sampai harum, masukkan ke dalam air rebusan ikan tuna  

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggiilustrasi bumbu (Pexels.com/Pixabay)

Sambil menunggu mendidih, kamu harus menyiapkan bumbu halus. Haluskan 6 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 6 buah kemiri, dan merica. Kamu bisa menghaluskan di mesin penghalus ataupun uleg menggunakan cobek.

Setelah halus, siapkan wajan untuk menumisnya. Tuangkan minyak secukupnya, nyalakan api, tunggu sampai hangat lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sampai wanginya tercium.

Setelah dirasa cukup matang dan air rebusan tuna sudah mendidih, masukkan bumbu tumisan, lalu aduk sampai merata agar bisa meresap dengan baik ke dalam ikan tunanya. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa dan garam agar lebih mantap.

5. Potong-potong sayuran dalam bentuk kecil, lalu masukkan ke dalam air rebusan tuna

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggiilustrasi sayuran (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Potong 1 buah wortel, 2 buah tomat, 5 batang daun bawang, dan dua batang seledri, lakukan potongan sesukamu, kalau bisa buat semenarik mungkin agar tampilan nantinya menarik.

Setelah di potong, masukan satu per satu sayuran ke dalam air rebusan tadi. Pertama masukkan wortel karena membutuhkan waktu untuk membuatnya lunak, lalu masukkan tomat, bawang daun, dan kemangi.

6. Sup ikan tuna woku siap dihidangkan 

Resep Sup Tuna Woku, Sajian Hangat Berprotein Tinggiilustrasi sup tuna woku (instagram.com/wiwie_dkf)

Setelah dirasa enak dan sayurannya matang, matikan kompor biarkan hangat terlebih dahulu agar tidak kepanasan ketika memakannya. Setelah hangat, siapkan mangkuk, sajikan sup ikan tuna woku. Agar lebih harum, tambahkan irisan seledri dan bawang goreng. Sup ikan tuna woku kamu sudah siap disantap bersama keluarga.

Mudah, kan, untuk membuat resep sup ikan tuna woku? Jadi, sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi ke Manado untuk menyantap makanan khasnya, selamat mencoba dan menikmati sup ikan tuna woku. 

Baca Juga: Resep Membuat Onigiri Tuna yang Sederhana untuk Bekal ke Kantor

Ida Umy Rasyidah Photo Verified Writer Ida Umy Rasyidah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya