5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! 

Beda antara bolu dan ogura

Ogura cake termasuk kue yang saat ini sedang naik daun di Indonesia. Teksturnya yang lembut dan ringan sangat lezat untuk disantap. Sekilas memang mirip bolu atau brownies, tapi beda ya.

Ogura ini seperti sifon yang gak seret di lidah. Nah, perlu kamu tahu bahwa kue ini termasuk cotton cake yang populer dan asli asal Malaysia. Sayangnya, untuk membuatnya nggak semudah yang kita bayangkan. Oleh karena itu, dibutuhkan tips khusus supaya ogura cake sukses membahana.  Yuk, simak triknya! 

1. Jangan meninggikan suhu oven terlalu tinggi

5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! instagram.com/seeyenbakes

Kenapa? Karena ogura cake bisa merekah atau retak. Sebaiknya taruh di rak paling bawah, jangan di bagian tengah rak oven. Jangan lupa, kecilkan suhu dari suhu yang tertera di resep karena panas oven berbeda. 

2. Perpanjang waktu panggang, gunakan telur segar, dan gunakan pasta vanila yang berkualitas bagus

5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! instagram.com/seeyenbakes

Poin kedua ini sangat penting supaya ogura cake-mu tidak berbau amis atau berbau telur yang kuat. Penyebab lain ogura cake berbau amis bisa juga karena belum matang dengan sempurna. 

3. Kocok putih telur dengan air jeruk nipis

5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! nutrititionfacts.com

Jeruk nipis digunakan untuk stabilizer  membantu kocokan putih telur lebih stabil, tidak mudah turun karena sifat asamnya. Bisa juga digantikan dengan cream of tartar atau air cuka dapur. 

Baca Juga: 7 Resep Kue Lebaran dari Sereal Granola, Unik dan Lebih Berwarna

4. Jangan masukkan gula pasir sekaligus dengan kocokan putih telur

5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! sajiansedap.grid.id

Kenapa? Supaya tidak terlalu berat dan bisa mengembang secara maksimal. Masukkan gula pasir ke dalam kocokan putih telur bertahap sebanyak 3 kali saja, ya. 

4. Gunakan tepung Jepang

5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! instagram.com/soko_lati

Untuk mendapatkan ogura cake yang berpori-pori halus dan lembut, kamu sebaiknya menggunakan tepung Jepang atau solusi lainnya adalah hentakkan loyang 3 kali sebelum masuk ke dalam oven untuk memecah gelembung-gelembung udara yang terjebak di dalam adonan. 

5. Gunakan loyang non sambungan

5 Tips Anti Gagal Bikin Ogura Cake, Lembutnya Kayak Kapas! instagram.com/ciprutjelek

Supaya mencegah kemungkinan air yang merembes dari luar. Sebab, seringkali meski loyang biasa diberi aluminium foil pun bisa merembes. Penggunaan loyang non sambungan menjadi solusi agar ogura cake gak lembek seperti bubur meski sudah dipanggang lebih dari 1 jam. 

Meskipun kelihatan tricky, semoga membantu ya. Kunci terpenting adalah perhatikan langkah-langkahnya dengan teliti. Kalau kamu sudah berhasil, pasti bikin ketagihan deh! karena tekstur ogura cake itu sangat lembut seperti kapas. 

Baca Juga: 5 Kue Kering Legendaris Ini Selalu Ada Saat Lebaran, Enaknya Pol!

Iffah Zehra Photo Community Writer Iffah Zehra

Germany - Singapore. Designer & Editing Coordinator @ppitvchannel | Instagram: @iffahzehra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You