Comscore Tracker

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusak

Begini tipsnya!

Daun salam digunakan sebagai penyedap alami yang membuat berbagai macam makanan jadi terasa lebih lezat. Tidak heran kalau kadang kamu perlu memiliki stok daun salam yang cukup banyak di dapur agar bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

Hanya saja kalau tidak disimpan dengan baik dan benar, daun salam bisa gampang rusak. Sayang kan kalau daun salam yang sudah kamu beli dalam keadaan bagus jadi tidak bisa dipakai lagi karena salah menyimpannya.

Untuk itu kamu perlu menggunakan sejumlah cara yang paling pas dalam menyimpan daun salam agar tahan lama. Berikut 5 tips menyimpan daun salam agar tahan lama dan tak gampang busuk!

1. Daun salam dikeringkan terlebih dahulu

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusakinstagram.com/bu_mar_sayur

Bila kamu membeli daun salam segar, kamu bisa segera mencuci dan meniriskannya. Setelah itu kamu bisa mengeringkannya dengan cara digantung. Daun salam kering ini nanti bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau ditaruh di lemari pendingin untuk digunakan selama beberapa minggu.

2. Dibungkus dengan aluminium foil

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusakinstagram.com/kikki_611

Kamu juga bisa membungkus daun salam yang sudah dicuci dan ditiriskan dengan aluminium foil. Pastikan tidak ada air yang masih menempel di daun salam karena kalau tidak, nanti daun salam jadi lembap dan mudah busuk.

3. Dibungkus kertas koran

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusakinstagram.com/verachen._

Daun salam yang sudah dicuci dan diangin-anginkan bisa dibungkus kertas koran. Setelah itu masukkan dalam kantong plastik, lalu simpan di lemari pendingin. Daun salam bisa dalam keadaan tetap bagus selama satu bulan lamanya.

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa Daun Salam, Bukan Hanya Sekadar Penyedap Masakan 

4. Digantung di tempat sejuk

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusakinstagram.com/rumah.reina

Kalau punya seikat daun salam, kamu bisa memberinya tali lalu menggantungnya di tempat sejuk. Daun salam yang digantung dan diangin-anginkan ini bisa tahan beberapa hari. Ketika sudah kering pun masih bisa digunakan.

5. Disimpan dalam wadah kedap udara

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusakinstagram.com/miburungdara

Untuk daun salam yang sudah dikeringkan (baik dikeringkan dengan sinar matahari alami maupun microwave), bisa disimpan dalam wadah kedap udara lalu ditaruh di tempat sejuk dengan suhu sekitar 18-24 derajat celcius. Daun salam kering yang disimpan dengan cara ini diyakini bisa tahan sampai satu tahun.

6. Dikeringkan menggunakan microwave

6 Tips Menyimpan Daun Salam Agar Tahan Lama & Tak Gampang Rusakinstagram.com/mamaramah.ecobulk

Kalau punya microwave di rumah bisa juga dimanfaatkan untuk mengeringkan daun salam. Keringkan selama beberapa detik di microwave, daun salam kering bisa tahan lebih lama dan dapat digunakan selama beberapa minggu.

Itulah 6 tips menyimpan daun salam agar tahan lama. Ada banyak cara yang bisa kita pilih untuk membuat daun salam awet dan tahan lama. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, ya.

 

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Tempe Agar Tahan Lama dan Tak Mudah Busuk

Ika Photo Verified Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya