Comscore Tracker

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Bread

Bikin sweet bread dirumah? Bisa dong! #IDNTimesFood

Roti merupakan makanan yang banyak digemari oleh orang-orang. Roti memiliki banyak jenis, salah satunya adalah roti manis atau lebih dikenal dengan nama sweet bread. Pasti kamu sendiri gak asing kan mendengar namanya?

Sweet bread merupakan roti manis dengan berbagai bentuk dan isian. Seringkali orang menyantapnya ketika sarapan, bersantai sambil minum kopi, ataupun jadi kudapan di saat family time.

Roti ini juga lumayan gampang loh membuatnya, namun kamu juga butuh kesabaran dalam prosesnya. Yuk, langsung saja kita simak resep di bawah ini!

1. Persiapkan bahan yang dibutuhkan

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Breadilustrasi mempersiapkan bahan (pexels.com/cottonbro)

Sebelum menuju proses pembuatan, alangkah baiknya kamu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan sweet bread. Berikut bahan yang kamu perlukan!

  • 150 gram tepung protein tinggi
  • 100 gram tepung protein sedang
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sendok makan yeast instan
  • ¼ sendok makan bread improver
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir telur ambil kuningnya saja
  • 125 cc air
  • ¼ sendok the garam
  • 50 gram butter atau margarin

2. Membuat adonan

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Breadilustrasi membuat adonan (pexels.com/Nicole Michalou)

Langkah pertama, campur dan aduk rata semua tepung, bread improver, susu bubuk, gula pasir, dan yeast instan di dalam mixer bowl. Setelahnya, masukkan kuning telur dan air, lalu mixer hingga setengah kalis. Oh iya, lebih baik kamu menggunakan mixer khusus adonan roti, ya!

Setelah setengah kalis, masukkan butter atau margarin dan garam, lanjut mixer hingga kalis dan elastis. Jangan lupa cek adonanmu dengan mengambil sedikit adonan lalu renggangkan. Jika adonan tidak berlubang-lubang dan tidak ada gumpalan tepung maka sudah kalis dengan baik.

3. Resting adonan

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Breadilustrasi resting adonan (pixabay.com/Skitterphoto)

Langkah berikutnya, siapkan bowl kosong dan beri sedikit tepung. Keluarkan adonan dari mixer bowl, bulatkan namun jangan terlalu ditekan. Masukkan ke dalam bowl kosong tadi dan istirahatkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan mengembang dua kali lipatnya, kamu juga bisa menutup bowl dengan kain bersih atau plastic wrap.

Setelah mengembang keluarkan adonan dan buang gasnya dengan cara sedikit diuleni. Bagi menjadi bulat-bulat kecil seberat 40 gram setiap adonannya, lalu istirahatkan kembali selama 10 menit.

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris di Jakarta, Jual Roti Enak yang Bikin Nostalgia

4. Membentuk dan mengisi adonan

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Breadilustrasi membentuk adonan (pexels.com/Vaibhav Jadhav)

Sesudah resting time ini saatnya membentuk dan mengisi adonanmu. Kamu bisa berkreasi dengan dengan bebas dalam membentuk adonan. Kamu juga bebas mengisi adonan dengan apa pun, seperti selai buah, cokelat, sosis, keju, dan lainnya.

Jangan terlalu lama dalam membentuk adonan karena dapat menyebabkan adonan overproving dan bantet jika dioven. Setelah selesai membentuk, istirahatkan selama kurang lebih 30 menit.

5. Oven 

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Breadilustrasi mengoven (pexels.com/SHVETS production)

Waktunya mengoven adonan, olesi adonan dengan kuning telur di atasnya, kamu juga bisa menambahkan biji wijen atau keju parut. Oven dengan suhu 150 derajat hingga kuning kecoklatan, kurang lebih 20-30 menit.

Setelah keluar dari oven, kamu bisa mengoleskan margarin di atasnya agar roti kamu mengkilap. Jika kamu ingin menambahkan toping lagi, tunggu adonan sedikit dingin dahulu, ya!

6. Sweet bread siap dihidangkan

Cocok Buat Temen Ngopi, Yuk Coba Bikin Sweet Breadilustrasi menghidangkan sweet bread (pexels.com/Daria Shevtsova)

Akhirnya sweet bread  kamu sudah siap disajikan dan dinikmati. Hmmm, cocok banget nih buat temen ngopi, apalagi rotinya masih hangat!

Mudah kan membuat sweet bread ? Kamu juga bisa menjadikannya sebagai ide bisnis yang menguntungkan, loh! Tunggu apalagi? Yuk ajak keluarga atau teman kamu membuat sweet bread  bareng!

Baca Juga: 5 Hidangan Unik dari Savory Bread Pudding yang Punya Cita Rasa Gurih

Ika Amelia Nugroho Photo Writer Ika Amelia Nugroho

FT UNY angkatan 2021.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya