Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ayam Kampung Jadi Empuk, Mudah dan Praktis!

Lakukan sebelum proses membumbui!

Ayam kampung memang dikenal lebih sehat. Kendati demikian, sifat alot daging ayam kampung membuat beberapa orang malas untuk mengolahnya karena menyita waktu lebih banyak.

Ternyata ada trik yang bisa dilakukan agar ayam kampungmu empuk dan gak menyita waktu serta mempermudah proses pemasakan. Apa saja?

1. Menggunakan buah nanas

5 Tips Membuat Ayam Kampung Jadi Empuk, Mudah dan Praktis!thenationpress.net

Usai ayam dicuci bersih, lumuri seluruh bagian ayam dengan nanas yang sudah diparut terlebih dahulu. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jika sudah selesai, cuci kembali ayam hingga bersih, barulah kamu bisa membumbui ayam sesuai selera.

2. Menggunakan daun pepaya

5 Tips Membuat Ayam Kampung Jadi Empuk, Mudah dan Praktis!srilankamirror.com

Teknik mengempukkan ayam dengan daun pepaya pun sama halnya dengan buah nanas.

Tumbuk daun pepaya hingga cukup untuk membaluri seluruh permukaan ayam. Dan jika sudah, jangan lupa cuci bersih seluruh permukaan ayam. Selain bikin empuk, daun pepaya juga ampuh bikin bau amis pada ayam hilang.

Baca Juga: 7 Perbedaan Ayam Kampung dan Broiler, Mana yang Terbaik?

3. Pepaya muda

5 Tips Membuat Ayam Kampung Jadi Empuk, Mudah dan Praktis!herbco.com

Selain daun pepaya, kamu juga bisa memanfaatkan pepaya muda untuk proses pengempukkan ayam. Kamu bisa melakukan teknik seperti daun pepaya, yakni diparut terlebih dahulu dan baluri ke seluruh permukaan ayam. Atau, rebus ayam dengan menambahkan pepaya muda yang telah diiris-iris terlebih dahulu.

4. Rebus ayam dengan air kelapa

5 Tips Membuat Ayam Kampung Jadi Empuk, Mudah dan Praktis!eatthis.com

Selain untuk minuman segar, air kelapa juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat ayam kampung jadi empuk. Caranya adalah ganti air rebusan ayam kampungmu dengan air kelapa hingga kamu bisa memastikan ayam tersebut bertekstur empuk.

5. Larutan garam dan gula

5 Tips Membuat Ayam Kampung Jadi Empuk, Mudah dan Praktis!iwnsvg.com

Mungkin metode ini yang paling mudah karena bahannya selalu ada di dapur. Caranya adalah larutkan garam dan gula dalam air dingin hingga cukup untuk merendam seluruh permukaan ayam. Tutup wadah perendaman dan simpan di dalam kulkas selama 2 jam. Jika sudah, tiriskan ayam dan istirahatkan selama kurang lebih 30 menit.

Metode ini pun bisa sekalian menambahkan bumbu sesuai selera. Namun jika tidak, kamu bisa mengolah ayam usai diistirahatkan.

Itulah 5 trik mengolah ayam kampung agar empuk. Namun jika kamu ingin hasil ayam kampungnya lebih empuk lagi, gunakan presto saat proses pemasakan.

Download aplikasi makan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Tips Masak Terbaik yang Harus Kamu Terapkan di Dapur, Serba Gampang

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

سم الله الرحمن الرحيم

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya