Comscore Tracker

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Penyelamat pada Makanan yang Terlalu Asin!

Nggak cuma air, ternyata ada juga sayuran lho!

Salah satu risiko menyajikan hidangan tanpa mencicipinya dengan saksama ialah rasa masakan yang bisa menjadi kacau. Apalagi di bulan Ramadan seperti ini kamu dituntut untuk bisa menghidangkan aneka makanan dengan cita rasa yang pas tanpa terlalu asin atau terlalu hambar.

Nah jika masakan teridentifikasi terlalu asin, jangan buru-buru sedih dan menyajikan seadanya. Sebab kamu masih bisa melakukan pertolongan dengan memanfaatkan lima bahan yang ada di dapur ini lho!

1. Gula

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Penyelamat pada Makanan yang Terlalu Asin!pexels.com/@mali

Salah satu bahan masakan yang sukses menjadi penolong makanan asin ialah gula. Cita rasa manis yang dihasilkan oleh gula mampu menetralkan garam yang berlebihan pada hidangan.

Tidak ada takaran khusus untuk menambahkan gula pada masakan. Sebab yang perlu kamu perhatikan adalah seberapa asin masakan tersebut. Jika kadar asinnya masih bisa ditoleransi, maka kamu hanya perlu sedikit gula untuk mengubah rasa.

2. Tomat

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Penyelamat pada Makanan yang Terlalu Asin!pexels.com/@splitshire

Buah tomat juga mempan dalam mengatasi rasa asin berlebihan pada sebuah masakan. Umumnya hidangan dengan kuah bisa diselamatkan menggunakan potongan tomat yang ada di dapur. Jangan lupa, tomat harus didiamkan beberapa saat agar asin yang ada pada masakan terserap dengan sempurna.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Mendadak Ingin Makan yang Asin-asin

3. Kentang

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Penyelamat pada Makanan yang Terlalu Asin!pexels.com/@pixabay

Selain tomat, kamu juga bisa melakukan pertolongan pertama pada masakan asin dengan mencampurkan kentang ke dalamnya. Nah, ternyata kandungan karbohidrat pada kentang bisa membuat rasa asin itu terserap. Kamu bisa memotong kentang menjadi beberapa bagian. Kemudian masukan kentang pada makanan yang sedang diolah dan diamkan beberapa saat.

4. Air

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Penyelamat pada Makanan yang Terlalu Asin!pexels.com/@stephanthem

Khusus makanan berkuah, jika berbagai upaya sudah dilakukan namun ternyata masih meninggalkan rasa asin yang kental, maka jalan lain yang bisa ditempuh adalah menambahkan jumlah air dalam masakan.

Ingat ya, jika sudah ditambahkan air jangan memasukan bahan-bahan asin lagi ke dalam hidangan!

5. Santan

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Penyelamat pada Makanan yang Terlalu Asin!pexels.com/@freestockpro

Santan pun ternyata bisa menjadi penetral dalam masakan yang terlalu asin. Akan tetapi yang perlu digarisbawahi ialah bahwa hanya makanan tertentu saja yang cocok dimasukkan santan. Jika masakan yang sedang kamu buat tidak ada hubungannya dengan santan, akan jauh lebih baik menambahkan air atau beberapa bumbu di atas saja.

Nah, itulah beberapa bahan dapur penyelamat makanan asin yang bisa kamu temukan di dapur. Ingat ya, jangan keburu panik dan jangan takut untuk terus berkreasi.

Gagal itu wajar karena yang penting kamu bisa mengambil pelajaran agar bisa mengatasi masalah serupa di masakan-masakan yang terlalu asin selanjutnya.

Baca Juga: 6 Bumbu untuk Marinasi Ayam, Biar Semakin Banyak Variasi Masakan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya