Comscore Tracker

5 Kreasi Makanan dari Rosemary dan Kentang yang Menarik untuk Dicoba

Yuk, coba buat jadi gratin! #IDNTimesFood

Rosemary menjadi salah satu bumbu masak yang memiliki aroma tajam sehingga mampu membuat sebuah makanan tampil dengan aroma lebih menarik dan menggugah selera. Daun dengan bentuk memanjang tersebut cocok dikombinasikan dengan bahan baku lainnya.

Kentang menjadi salah satu bahan baku yang cocok dikombinasikan dengan daun rosemary. Berikut ini adalah lima kreasi olahan daun rosemary bersama kentang yang wajib kalian cicipi.

Awas, jadi pada laper, lho!

1. Garlic and rosemary potato bake

5 Kreasi Makanan dari Rosemary dan Kentang yang Menarik untuk Dicobailustrasi roasted potato with garlic and rosemary (unsplash.com/camila waz)

Olahan berikut ini merupakan sajian praktis dari kentang yang dimasak dengan cara dipanggang. Cukup tambahkan rosemary dan bawang putih yang telah dihaluskan, maka hidangan pun siap untuk dimasak sampai matang.

2. Rosemary-garlic mashed potatoes

5 Kreasi Makanan dari Rosemary dan Kentang yang Menarik untuk Dicobailustrasi rosemary garlic mashed potato (unsplash.com/Anna Stampfli)

Mashed potato adalah makanan lunak berupa kentang tumbuk yang menemani beragam hidangan. Biasanya, kudapan tersebut disajikan satu piring bersama aneka olahan daging untuk memberi rasa dan tekstur sempurna.

Untuk memberikan perpaduan aroma yang nikmat, disertai rasa yang lebih gurih, kamu bisa menambahkan daun rosemary sekaligus dengan bawang putih halus ke dalam adonan utama.

Baca Juga: Sup Keh Ek, Resep Turun Temurun yang Diyakini Bisa Tingkatkan Imunitas

3. Rosemary and potato gratin

5 Kreasi Makanan dari Rosemary dan Kentang yang Menarik untuk Dicobailustrasi rosemary and potato gratin (unsplash.com/Tomoyo S)

Gratin merupakan salah satu masakan khas dari kentang yang dicampur dengan krim, lalu dimasak dalam wajan anti panas. Hidangan ini super lembut dan creamy, serta cocok untuk dinikmati sebagai makan siang.

Selain krim dan kentang, bahan lain yang perlu dipersiapkan untuk membuat makanan tersebut adalah keju, susu, dan rosemary untuk mempertajam aroma hidangan.

4. Potato and rosemary focaccia

5 Kreasi Makanan dari Rosemary dan Kentang yang Menarik untuk Dicobailustrasi potato and rosemary focaccia (unsplash.com/Iñigo De la Maza)

Focaccia merupakan salah satu flatbread atau roti pipih populer yang biasanya disajikan dalam kondisi asin. Makanan tersebut cocok dicampur menggunakan bumbu-bumbu beraroma tajam seperti rosemary.

Selain itu, penggunaan irisan kentang pun mampu membuat rasa roti focaccia jadi makin enak saat dikonsumsi.

5. Rosemary potato wedges 

5 Kreasi Makanan dari Rosemary dan Kentang yang Menarik untuk Dicobailustrasi rosemary potato wedges (unsplash.com/Dan Counsell)

Potato wedges merupakan salah satu olahan kentang yang dipotong agak besar. Proses pemasakan hidangan ini dilakukan dengan cara dipanggang. Namun, ada pula yang lebih suka untuk menggunakan metode goreng dalam membuat kudapan ini.

Dengan menambahkan rosemary terhadap potato wedges, tampilan hidangan akan lebih menarik dan tentunya rasa yang dihasilkan pun jadi lebih nikmat.

Untuk penggemar olahan kentang, menambahkan rosemary bisa jadi salah satu kiat meningkatkan nafsu makan. Tapi ingat, ya, selalu mengonsumsi apapun dalam batas wajar supaya tubuh tetap mendapat nutrisi yang sesuai. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Resep Soto Udang Khas Medan Berkuah Kental, Enak Dimakan Saat Dingin

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya