Comscore Tracker

5 Bahan Paling Unik dalam Kreasi Rujak, Ada Pisang Batu!

Bahan-bahan ini memiliki rasa segar dan crunchy

Rujak adalah makanan yang bisa bikin badan jadi segar. Itu karena isian rujak yang berupa buah-buahan hingga sayur-mayur dijadikan satu, dan dinikmati bersama saus khusus yang punya sensasi gurih sampai pedas.

Banyak sekali bahan-bahan unik yang selalu disertakan dalam olahan rujak khas Indonesia. Berikut ini ada lima bahan unik dalam kreasi rujak. Apa saja?

1. Ubi mentah

5 Bahan Paling Unik dalam Kreasi Rujak, Ada Pisang Batu!ilustrasi ubi (pexels.com/Ela Haney)

Saat matang ubi lebih sering diolah menjadi makanan serba rebus atau gorengan yang menggugah selera. Namun di Indonesia, ubi mentah juga menjadi primadona untuk disantap sebagai isian utama pembuatan rujak.

Berbeda dengan tekstur ubi matang yang direbus atau digoreng, ubi mentah cenderung crunchy sehingga bisa memberikan sensasi yang maksimal pada makanan. Hidangan ini juga kerap ditambahkan dengan komponen lain supaya rasa rujak bertambah nendang.

2. Pisang batu

5 Bahan Paling Unik dalam Kreasi Rujak, Ada Pisang Batu!ilustrasi buah pisang (pexels.com/Luis Quintero)

Indonesia punya banyak jenis pisang yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan tertentu. Kalau selama ini kamu akrab dengan pisang manis, maka jangan lupakan keberadaan pisang batu yang unik.

Pisang batu atau disebut juga sebagai pisang biji memiliki rasa yang lebih asam dari kebanyakan pisang. Menikmati buah ini akan terasa sempurna jika diolah terlebih dahulu. Umumnya, pisang batu bakal lebih gampang ditemukan dalam kreasi rujak.

Baca Juga: 8 Bumbu Rujak Buah Enak dan Praktis, Rasanya Pedas Manis

3. Mangga mengkal

5 Bahan Paling Unik dalam Kreasi Rujak, Ada Pisang Batu!ilustrasi buah mangga (pexels.com/Tamanna Rumee)

Mangga mengkal adalah buah yang dipanen sebelum dalam kondisi benar-benar matang. Biasanya daging buah akan berwarna lebih pucat dan teksturnya cenderung keras, sehingga mampu memunculkan sensasi kriuk yang menggugah selera.

Tipe buah seperti ini cukup laris manis di Indonesia karena paling pas disantap sebagai bahan utama pembuatan rujak. Rasa asam dan teksturnya yang keras adalah kombinasi sempurna ketika disantap bareng bumbu rujak yang pedas.

4. Pepaya muda

5 Bahan Paling Unik dalam Kreasi Rujak, Ada Pisang Batu!ilustrasi buah pepaya (pexels.com/Juan Diaz)

Kalau kebanyakan orang terbiasa mengonsumsi pepaya dalam kondisi matang, maka pada beberapa tradisi di Indonesia, pepaya mentah juga ada pasarnya. Dibandingkan buah matang, pepaya mentah cenderung lebih hambar.

Rasa tawar dalam pepaya ini membuat buah tersebut bisa dikreasikan menjadi aneka macam hidangan enak. Biasanya, pepaya muda bakal nikmat jika dicocol bersama saus rujak biar lebih segar, dan ada sensasi garing yang bikin kamu ketagihan untuk mencicipinya terus.

5. Jambu kristal

5 Bahan Paling Unik dalam Kreasi Rujak, Ada Pisang Batu!ilustrasi jambu kristal (pexels.com/VD Photography)

Jambu kristal adalah salah satu varian jambu biji yang banyak ditemui di Indonesia. Kalau kebanyakan orang menggunakan jambu biji untuk campuran jus, smoothie, atau dimakan langsung karena rasa dan teksturnya yang lembut, maka jambu kristal adalah kebalikannya.

Buah ini memiliki warna lebih putih, bijinya cenderung tidak terlalu tampak, dan teksturnya keras. Oleh sebab itu, jambu kristal menjadi buah yang ideal dinikmati sebagai isian rujak. Rasanya juga sedikit asam sehingga mampu memberi kesegaran maksimal pada makanan.

 

Kombinasi bahan-bahan unik di atas paling pas disantap sebagai rujak untuk menyegarkan tubuh. Belum lagi perpaduan rasa dan teksturnya yang beragam mampu membuat siapapun terpana. Kalau kamu lebih suka bahan yang mana?

Baca Juga: 5 Rujak Juhi, Rujak Betawi dengan Sotong yang Nikmat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya