Comscore Tracker

Cara Bikin Rosti, Olahan Kentang dari Swiss yang Simple

Bisa buat sarapan atau dijadikan pengganjal lapar

Kentang adalah bahan pokok yang memiliki beragam cara seru untuk diolah. Kali ini penganan tersebut akan dimasak menjadi rosti, salah satu hidangan populer ala Swiss yang memiliki bentuk serupa pancake.

Sensasi rasa gurih dan teksturnya yang garing di luar akan membuat orang-orang terpikat. Terlebih, cara membuatnya sangat sederhana. Dilansir RecipeTin Eats, begini resep membuat kentang rosti yang bisa kamu tiru di rumah!

1. Siapkan bahan-bahan

Cara Bikin Rosti, Olahan Kentang dari Swiss yang Simpleilustrasi kentang potong (pexels.com/Yuliia Bas)

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang
  • ¾ sdt garam
  • ½ sdt lada hitam bubuk
  • 1 sdm minyak samin atau mentega
  • 4 sdm minyak samin atau mentega untuk memasak

2. Parut kentang dan peras airnya

Cara Bikin Rosti, Olahan Kentang dari Swiss yang Simpleilustrasi parutan (pixabay.com/Jan Van Bizar)

Langkah pertama, siapkan satu kg kentang dan kupas kulitnya sampai bersih. Untuk mempermudah proses pengolahan dan memaksimalkan bentuknya, gunakan parutan dan parut semua kentang tersebut sampai habis.

Kentang secara alami masih mengandung air ketika sudah diparut. Maka dari itu, jangan lupa untuk memeras kentang parut dengan semaksimal mungkin sampai kering. Setelah itu, pindahkan kentang yang telah diperas ke mangkuk lain.

Baca Juga: Resep Membuat Sup Kentang, Menu Makan yang Lembut dan Sehat

3. Masukkan bumbu ke dalam mangkuk

Cara Bikin Rosti, Olahan Kentang dari Swiss yang Simpleilustrasi sebuah mangkuk (pixabay.com/Petra)

Tahap selanjutnya, masukkan mentega, garam, dan lada hitam ke dalam adonan kentang. Aduk menggunakan tangan atau bantuan dari spatula biar bumbunya benar-benar tercampur secara merata pada parutan kentang tersebut.

Idealnya, mentega yang digunakan adalah clarified butter atau minyak samin supaya rasanya lebih intens. Jika kamu ingin sensasi rosti yang lebih yummy, maka mentega juga bisa dipadukan bersama minyak supaya tambah lezat.

4. Lelehkan mentega dan masak rosti

Cara Bikin Rosti, Olahan Kentang dari Swiss yang Simpleilustrasi mentega di dalam wajan (pixabay.com/StockSnap)

Berikutnya, siapkan wajan datar dengan ukuran medium atau 26 cm. Kemudian masukkan mentega ke dalamnya, tunggu selama beberapa saat hingga bahan tersebut benar-benar meleleh di atas api dengan suhu kecil. Setelah itu, letakkan kentang di atas wajan membentuk lingkaran. Pakai bantuan spatula untuk merapikan sisinya biar rosti lebih bagus. Masak satu sisi selama kurang lebih 12 menit.

Jika rosti sudah tampak crispy dan kecokelatan, maka balik satu sisinya menggunakan bantuan spatula. Sebaiknya letakkan piring atau tutup di atas wajan, kemudian balik penggorengan tersebut hingga rosti berpindah tempat biar lebih gampang dimasak.
Setelah itu, masukkan sisa mentega atau minyak samin dan tunggu meleleh. Berikutnya masak kembali satu sisi adonan rosti selama 12 menit atau hingga cokelat keemasan dan crispy.

5. Sajikan rosti selagi hangat

Cara Bikin Rosti, Olahan Kentang dari Swiss yang Simpleilustrasi classic rosti (pixabay.com/Andreas Lischka)

Bila sudah, matikan api dan pindahkan rosti ke dalam piring. Sajikan makanan ini selagi hangat supaya sensasi rasa nikmatnya lebih kentara, apalagi kalau disantap dengan tambahan krim maupun telur.

Selain membuatnya dalam satu ukuran, kamu juga bisa memperkecil rosti sekitar 8 cm per porsi. Waktu memasaknya perlu dipersingkat jadi sekitar 5 menit saja untuk satu sisi supaya hasil makanan terasa maksimal.

Olahan kentang rosti dapat kamu rasakan dari rumah dengan mengikuti tahap pembuatannya berdasarkan resep di atas. Makanan ini cocok dinikmati sebagai pengganjal lapar karena dibuat dengan bahan-bahan dan cara yang sederhana.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kentang Khas India, Gurih dan Bikin Kenyang 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya